Ceriwis

Health Mencegah lebih baik dari mengobati. Cari tahu dan tanya jawab tentang kesehatan, medis, dan info dokter disini

Mau Pasang Banner/Iklan? Klik disini Bahaya Kurang Tidur - Ceriwis - Komunitas dan Forum Jual Beli
  #1  
Old 18th September
GadoGado's Avatar
GadoGado GadoGado is offline
Ceriwis Geek
 
Join Date: Sep 2010
Posts: 13,232
Rep Power: 27
GadoGado memiliki kawan yg banyakGadoGado memiliki kawan yg banyakGadoGado memiliki kawan yg banyak
Default Bahaya Kurang Tidur


Setiap orang memang memiliki waktu tidur yang berbeda-beda karena beberapa faktor, misal usia. Secara umum, anak bayi membutuhkan rata-rata 16 jam tidur per harinya, remaja butuh sekitar 9 jam per hari, sementara kebanyakan orang dewasa membutuhkan sekitar 7-8 jam tidur per hari, meski beberapa orang hanya butuh sekitar 5 jam atau bahkan 10 jam per harinya. Sedangkan wanita yang sedang mengandung 3 bulan umumnya butuh beberapa jam lebih lama dari biasanya.

Salah satu tanda paling mudah untuk mendeteksi apakah Anda kekurangan tidur atau tidak, adalah ketika Anda merasa kelelahan dan mengantuk di siang hari, apalagi ketika melakukan aktivitas membosankan.

Ketika kekurangan tidur terakumulasi berhari-hari, maka Anda akan berutang sekian banyak jam tidur untuk tubuh Anda. Utang tersebut mirip seperti menarik uang pinjaman melebihi saldo rekening Anda. Pada akhirnya, tubuh akan meminta "bayaran" untuk utang tersebut lewat cara lain. Di antaranya lewat berkurangnya kemampuan kita untuk menilai sesuatu dan bereaksi, serta berkurangnya beberapa fungsi tubuh lain. Selain itu juga kehilangan kemampuan untuk mengingat, depresi, berkurangnya sistem imun tubuh, dan peningkatan persepsi rasa sakit.

Banyak studi menyatakan bahwa kekurangan tidur adalah kondisi yang berbahaya. Lewat penelitian tersebut, diketahui, bahwa orang yang kekurangan tidur memiliki kondisi yang lebih parah dari orang yang sedang mabuk. Karena pada penelitian tersebut, ditemukan bahwa ketika diminta mengemudikan mobil simulator, orang yang kekurangan waktu tidur tak bisa mengkoordinasikan mata dan tangannya. Tak heran orang yang berkendara dalam keadaan mengantuk di jalan tol sering mengalami kecelakaan. Saat mengantuk seperti ini, kafein pun tak akan mampu mengatasinya.

Ketika Anda mulai merasa kesulitan menjaga mata untuk fokus, tak bisa berhenti menguap, dan saat mengemudi tidak bisa mengingat sudah melewati apa saja, maka sudah dipastikan Anda butuh istirahat. Untuk Anda yang berencana bepergian akhir tahun ini, jangan lupa persiapkan kondisi tubuh, khususnya untuk beristirahat yang cukup sebelum memulai perjalanan.

Source:Kompas

Kalo mohon di per.
kalo Terberkati Ditunggu nya

Sponsored Links.
Loading...
Sponsored Links.
-
Sponsored Links
Reply

Thread Tools

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off



All times are GMT +7. The time now is 07:18 PM.

 

About Us

"Ceriwis Forum is a place to find information in various categories. Be inspired, Be social, Join the Community!"

 

Pasang Iklan

Mau Pasang Iklan? Klik tombol di bawah ini.

Download on App store    Download on Google play
Copyright © 2018