Ceriwis  

Go Back   Ceriwis > DISKUSI > Lounge

Lounge Berita atau artikel yang unik, aneh, dan menambah wawasan semuanya ada disini dan bisa dishare disini.

Reply
 
Thread Tools
  #1  
Old 27th May 2012
golputaja's Avatar
golputaja golputaja is offline
Ceriwis Addicted
 
Join Date: May 2012
Posts: 3,992
Rep Power: 19
golputaja mempunyai hidup yang Normal
Default Ciri-ciri umum website jual beli fiktif

Share Info untuk teman-teman yang tengah melihat informasi dengan 'GAYA' jual beli seperti website ini!

BERHATI- HATILAH!!! terhadap setiap bentuk penipuan online yang menawarkan harga jual produk 180 derajat lebih murah daripada produk sejenis dengan type yang sama meskipun itu adalah barang black market sekalipun. Setiap pemain black market juga mempunyai aturan permainan tersendiri dalam pendistribusian produknya tetapi masih masuk akal dalam segi harga meskipun lebih murah dibandingkan dengan harga pasar normal, yang sudah tentu bahkan nyaris pasti ia tidak akan memberikan garansi kerusakan hingga 1Tahun. Untuk brand yang sering sekali dipakai adalah merk-merk yang sangat ternama dan rata-rata sudah terintegerasi dengan teknologi terbaru dengan harga yang masih sangat tinggi dipasaran, contoh brand yang sering dipakai yaitu SonyVaio Laptop, Toshiba, Blackberry, Apple Macbook, Iphone, Ipad, Nokia.


**Informasi ini dibuat berdasarkan pengalaman pribadi dan orang- orang yang saya kenal yang telah dirugikan secara finansial karena penipuan transaksi online yang fiktif.



Berikut adalah ciri-ciri umum penjualan online fiktif:

1. Harganya terlalu murah bahkan nyaris tidak masuk akal.

CONTOH: harga Laptop SonyVaio 19jt mnjadi hanya 7jt/ seperti harga yang tertera diwebsite tersebut.

SOLUSI: cek harga barang tersebut diwebsite distributor perangkat yang akan anda beli atau cek harganya di google, lalu bandingkan berapa persentase perbedaan harganya?

LOGIKA: sekalipun barang itu ilegal/BM tentunya dengan spesifikasi Teknologi terbaru harganya tidak akan sangat jatuh, fikirkan berapa modal yang dikeluarkan perusahaan untuk membuat perangkat tersebut jika harga yang ditawarkan sangat murah? yang ada, kita hanya menjadi berfikir buruk terhadap perusahaan pembuat produk tersebut, apalagi brand yang tentuny sdh ternama dan trkenal akan prduknya yang handal..yang ternyata produknya tersebut dibuat dengan harga yg begitu rendah, yang ujung-ujungnya kita di hadapkan dengan pendapat dagang "Ada Harga, Ada Kualitas!"



2. No.rekening pengiriman tidak ditampilkan dengan alasan demi keamanan atau takut disalah gunakan orang lain. Atau menyalahkan walupun secara tidak langsung rekening bersama yg didirikan forum terbesar online indonesia, rekber kaskus.

SOLUSI: jika anda sdah terlanjur mengirimkan data atau akan hendak membeli, lalu mndapatkan rekening penerima.. coba cek ke VALIDAN/ KEASLIAN rekening tersebut, dengan menghubungi pihak Bank tertuju, cek apakah nama, alamat, data lainnya sudah cocok dengan apa yang di informasikan calon penerima dana.



3. Memberikan iming-iming Garansi yang tidak masuk akal, jika anda membaca iklan jual beli pada website khusus jual beli maupun website personal penjual barang, yang menwarkan garansi 1tahun baik dengan alasan garansi diberikan dari distributor maupun garansi yang diberikan secara personal 'katanya..!', padahal jelas-jelas itu adalah barang black market.

SOLUSI: coba telaah kembali, jika anda tidak percaya? coba hubungi pihak penjualnya dan coba anda tanyakan bagaimana cara saya untuk mengklaim garansi tersebut? pasti dia akan menjawab "kami yang akan mendatangi anda..!" apakah benar begitu.??? logika sederhanaNya saja, si penjual tidak mau mempublikasikan identitasnya bahkan saat kita berkomunikasi dngannya via sms/tlpon, dan mereka tdk akan membrikan peta lokasinya dimana? bahkan juga mereka tidak mau melayani COD, jadi bagaimana mungkin ketika kita akan klaim garansi mereka akan mendatangi kita, padahal kita beli dengan harga yg sangt murah..coba bandingkan jika kita membeli ditempat resmi yg tentuny dgn harga yg sangt mahal, apahkah kita akan mendapat perlakuan istimewa sperti itu..???



4. Tidak melayani COD (Cash On Delivery), lagi-lagi.. ini hanyalah alasan mereka para penjual online fiktif. Alasan umumnya adalah mereka tidak mau melakukan transaksi COD dengan alasan keamanan, dan biasanya mereka mencoba meyakinkan anda bahwa mereka pernah mempunyai pengalaman tertangkap pihak berwajib dikarenakan dijebak ketika melakukan transaksi secara COD.

SOLUSI: tanyakan dahulu metode klaim garansinya seperti apa? jika jawaban yang dikemukakan penjual seperti point3 diatas, bertanyalah balik, "bagaimana mungkin tidak bisa COD, sedangkan ketika klaim garansi.. anda yang datang mengambil barang..?", jika ia adalah pedagang online yang valid, pasti ia akan memberikan alamat pengiriman barang jika klaim harus dikirim melalui paket pengiriman atau kita yang datang langsung ke TKP, tetapi itu terjadi jika anda diberikan alamat yang benar dan jelas, dan bukan alamat palsu yang ditenarkan ayu ting-ting.



5. Informasi produk yang telah di iklankan biasanya tidak akan bertahan lama usianya, baik website personalnya apalgi informasi yang di iklankan melalui website khusus jual beli.

SOLUSI: coba anda cek kembali 2-5hari kemudian setelah anda melihat iklan tersebut, biasanya untuk iklan pada website khusus jual beli tersebut akan dihapus oleh si pengiklan/penjual, dan nomor handphone yang dipublikasikan sudah tidak aktif lagi.



6. Mencoba meyakinkan anda dengan review struk paket pengiriman bergambar yang dipublikasikan pada halaman website mereka, dan memberikan list/daftar orang-orang yang telah melakukan order dengan oknum tersebut padahal itu hanyalah fiktif dan kamuflase.

SOLUSI: jika mereka mencatumkan id resi pada masing-masing pengorder coba cek no.resinya pada website resmi jasa pengiriman tersebut, misal JNE,FedEx,TIKI dll... apakah benar ada? ataukah hanya kamuflase. Sekali lagi! konsentrasi, ketelitian dan kewaspadaan anda dituntut untuk lebih tinggi demi terangnya informasi, sehingga anda akan diingatkan dengn pepatah "Teliti Sebelum Membeli.."



Dan berikut ini adalah cara anda untuk mengantisipasi dan belajar menelaah supaya anda tidak menjadi korban oknum penipu yang memakai modus jual beli online :



Dilihat Dari Sisi Pembeli :

1. YANG PALING UTAMA adalah Tetap tenang dan jangan terlalu bernafsu hingga kehilangan akal sehat dan kemudian berfikir ini adalah kesempatan dan berkata dalam hati "Kapan Lagi punya barang branded baru, fullset aksesoris dengan harga kaki lima+dapet Garansi 1tahun lagi..!".

SOLUSI: kendalikan diri anda ketika membaca iklan2 sejenis, karena yang pertama diserang adalah psikolgis anda dgn membrikan ketertarikan yang sangat kuat ketika anda membaca konten artikelnya serta menanamkan sugesti 'AKU HARUS BELI' dg cepat krna takut kehabisan stok dikrenakn banyak peminat, PADAHAL.. memang tidak ada stoknya sma sekali.



Dilihat Dari Sisi Penjual :

1. Ketika anda tertarik dan mencoba untuk menghubungi penjual melalui sms untuk bertransaksi, si penjual tidak akan segan-segan menelepon balik anda demi meyakinkan anda bahwa produk atau barang yang dijualnya adalah benar.

2. Pada umumnya penjual terkesan memaksa anda untuk segera melakukan transaksi dengan menghubungi anda terus melalui tlepon maupun sms dgn alasan stok tinggal sedikit dan kami tidak bisa menahan barang yang anda sukai lebih lama lagi karena banyak peminat, dan menanyakan kepastian transaksi anda?

3. Oknum tidak segan-segan terkesan membantu anda jika anda berminat terhadap barang yang akan anda order, tetapi finansial anda tidak mencukupi, untuk mengorder barang tersebut dengan cepat (waktu yg sama ktika anda mnghubunginya). Biasanya oknum tersebut mencoba menunjukkan sifat sosial yang tinggi dengan memberikan anda kelonggaran waktu dengan cara mentransfer dana DP sekitar 30%-50% dari harga barang padahal anda baru pertama kali bertransaksi dan bukan reseller/agen resminya, dan mengatakan barang akan langsung dikirim setelah DP sudah ditransferkan sesuai nominal yang disepakati walaupun anda mentransfernya tengah malam dengan alasan menggunakan jasa pengiriman 24jam..?????

4. Anda tidak akan segan-segan diberikan kelonggran waktu untuk membayar uang sisa DPnya dalam jangka waktu sampai 1minggu/akhir bulan, jika anda beralasan bahwa, "Uang saya saat ini tidak cukup untuk membayar secara cash, bagaimana setelah gaji saya turun minggu depan atau bisakah saya membayar sisanya akhir bulan setelah saya mendapatkan uang kiriman dari kakak/orangtua saya..?". Apakah anda akn menerima begitu saja dengan logika yang baik? Mungkin memang benar! tapi apakah suatu produk yang dijual dengan harga yang sangat murah, baru, bersegel dan bergaransi dapat dibayar dengan mencicil? sedangkan jika dilihat dari sifat jual beli apalagi yang sudah menggunakan media komunikasi massal seperti website, yang tentunya ratusan,ribuan bahkan smpai jutaan orang mungkin membaca dan melihatnya kemudian tertarik shingga menimbulkan minat untuk membeli dengan stok barang yang begitu minim, maka akan semakin mnciptakan peluang yg smakin kecil bagi peminat yang akan bertransaksi dengan cara kredit/mencicil. Begitulah system ekonomi jual beli pada umumnya, "Banyak Peminat, Harga Murah Berkualitas, Stok Terbatas, Otomatis Barang Menjadi Idola' dan Biasanya Pihak Penjual lebih Memprioritaskan Pada User Yang Akan Membayar Secara Cash.." lain lagi ceritanya jika anda ingin membeli kendaraan bermotor.




[/quote][quote]





LANJUT KEBAWAH..!!









Reply With Quote
Reply


Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off


 


All times are GMT +7. The time now is 08:33 PM.


no new posts