[Cendol Inside] Apa Rahasia SAMSUNG Hingga Bisa Sehebat Sekarang?
Pendahuluan Dulu Gan
Pertama2, agan tau ga apa artinya "SAMSUNG"? Samsung adalah bahasa Korea yg artinya "Three Stars". Kata "Three" merepresentasikan sesuatu yg besar (big), banyak (numerous), dan kuat sekali (powerful). "Stars" berarti kekekalan (eternity).
Inilah sejarah gambar logo Samsung sejak pertama berdiri sampai skrg.
[/spoiler]
Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for Samsung's Logo:
1938 - 1950
1969 - 1979
1980 - 1992
Inilah logo Three Stars itu, untuk Samsung Groups
1980 - 1992, untuk Samsung Electronics
1993 - now
Seperti yang agan2 ketahui, Samsung saat ini telah menjelma menjadi produsen (super) smartphone dan tablet PC yg cukup disegani di dunia; ga hanya di Asia, namun juga di Eropa dan bahkan di tanah kelahiran Apple, U.S. sana, Samsung mendapat perhatian yg luar biasa. Padahal dulu Samsung "hanya" produsen peralatan elektronik seperti kulkas, TV, dan AC. Geliatnya di bidang helepon pegang (oopps) ga terlalu sukses. Bahkan dulu kayaknya kita agak-agak malu kalo pake hengpon-hengpon dengan tulisan "SAMSUNG" di atasnya, karena masih kalah pamor dibanding sang mantan Nyonya Besar, NOKIA.
Bagi agan2 yg lahir di jaman modern dan penasaran sama hengpon Samsung versi jadul, silakan lihat2
Spoiler for open this:
saya ini
Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for Samsung Jadul:
Ini Market Sharenya Gan
Pernyataan saya tadi ga main2 lho. Ada buktinya. Market share Samsung naik sekitar 300% hanya dalam waktu 1 tahun. Ini bukan kenaikan yg luar biasa, tapi sangat luar biasa! Mau tau perbandingannya dengan para kompetitornya? Silakan buka
Spoiler for open this:
ane lagi
Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for Samsung's Market Share 2010 - 2011:
Tabel tersebut merupakan hasil survey dari IDC (International Data Corporation) tentang perkembangan pasar smartphone di dunia saat ini.
Oya, buat yg bingung cara bacanya, ini saya kasih tau.
2Qxx menyatakan Quarter kedua di tahun xx. Quarter adalah satuan per tiga bulan, jadi quarter kedua menyatakan tiga bulanan yg kedua.
Dari tabel tersebut, bisa dilihat bahwa Apple tetap mendominasi pasar smartphone di 2Q11 sebesar 19.1%, disusul Samsung sebesar 16.2%. Loh kok cuma 16.2%?? Tunggu dulu. Mari kita lihat quarter kedua tahun 2010 lalu. Apple masih "cupu" dengan hanya bertengger di posisi ke-3 setelah NOKIA dan RIM, sementara Samsung yg masih "balita" hanya puas mengantongi 5.6%. Market share sekecil ini membuatnya berada di posisi terakhir jika dibandingkan dg keempat saingannya yg lain.
Lalu, mari kita beralih ke kolom terakhir: perbandingan market share quarter kedua tahun lalu dan tahun ini. Ada apa?? Yap. Ada angka 380.6% di situ. Mari lihat ke kolom pertama, milik siapakah angka sebesar ini? Samsung. Samsung mampu memperoleh kenaikan market share yg luar biasa bersama dg Apple dan HTC. RIM? Hanya tinggal menunggu waktu untuk mengalami nasib yg sama dg Nokia. Beberapa tahun lagi RIM akan mengakhiri penipuan besar2annya ini, karena Samsung dan Apple akan siap membuktikan bahwa semarpon2 RIM hanyalah ponsel biasa yg selevel dengan Nexian dkk, namun dijual dg harga selangit. Istilahnya, premium dijual dg harga pertamax plus
Ini RAHASIAnya Gan
Lalu, muncul pertanyaan di benak saya (dan tentunya di benak banyak orang): apa sih yg bikin Samsung sehebat ini? Pake dukun kah? Hoki kah? Ternyata bukan keduanya, agan2 sekalian. Majalah Harvard Business Review bulan ini, di artikelnya yg berjudul The Paradox of Samsung's Rise, menyatakan bahwa suksesnya Samsung ini terletak di falsafah hidup di dalamnya.
Samsung rupa2nya memadukan budaya Barat dan Timur (Jepang). Budaya Barat dengan innovation (inovasi), dan budaya Jepang dengan kaizen (continuous improvement/perbaikan berkesinambungan). Budaya Barat yang terfokus pada suatu produk, dipadukan dengan budaya Jepang yg suka melakukan diversifikasi produk. Jadi, sambil Samsung berfokus pada perbaikan proses bisnis berkesinambungan (Kaizen), ia juga berfokus pada inovasi. Hasilnya? Bisa kita lihat contohnya di event2 peluncuran Galaxy Tab tahun lalu dan Galaxy S2 tahun ini.
Jadi begini gan kira2 prosesnya:
[spoiler=open this] for Kaizen+Innovation:
Kaizen - Continuous Improvement
Innovation
Apa itu KAIZEN gan?
Kaizen (改善) merupakan sebuah kata dari bahasa Jepang yg artinya improvement, atau change for the better. Filosofi ini banyak digunakan sbg praktik continuous improvement of processes di industri manufaktur, teknik, game development, dan manajemen bisnis. Ketika digunakan dalam konteks bisnis dan diaplikasikan pada ketenagakerjaan, kaizen merujuk pada aktivitas yg secara berkesinambungan meng-improve seluruh fungsi, dan melibatkan seluruh pekerja, dari level CEO sampe antek2nya yg paling bawah.
Aktivitas Kaizen memiliki siklus lho gan. Apa aja? Ini dia.
1. Melakukan standarisasi (standardize) sebuah operasi dan aktivitas.
2. Menilai (measure) operasi yg distandardisasi tadi.
3. Mengukur (gauge) penilaian (measurement) dengan permintaan (requirement).
4. Berinovasi (innovate) untuk memenuhi permintaan dan meningkatkan produktivitas.
5. Melakukan standarisasi terhadap operasi2 baru yg ter-improve.
6. Melanjutkan siklus terus menerus (ad infinitum).
Siklus tersebut disebut jg siklus Shewhart, yg bisa jg dimodelkan dg model PDCA (plan-do-check-act) sbb.
Bercermin dari pengalaman Samsung, apakah bangsa Indonesia mampu menerapkan prinsip Kaizen dan innovation? Apakah bangsa Indonesia mampu bangkit seperti Samsung yg bisa bangkit bahkan melengserkan raksasa smartphone, Nokia? Jawabannya ada di dalam diri kita masing2. Tanyakanlah pada diri kalian sendiri.
ADA SAYEMBARA LAGI NIH GAN!!
Eits, jangan buru2 kabur dulu gan... Karena ada hadiah melon dari saya.
Tiga (3) komen bermutu akan mendapatkan masing2 1 melon dari saya. Komen2 agan akan saya saring hingga Minggu, 18 Sep 2011, pukul 18.00. Pemenang akan diumumkan di thread ini pada hari yg sama, pukul 19:00. So, tunggu apa lagi, cepetan komen gannnn... tapi yg bermutu yah