Ceriwis  

Go Back   Ceriwis > DISKUSI > Lounge

Lounge Berita atau artikel yang unik, aneh, dan menambah wawasan semuanya ada disini dan bisa dishare disini.

Reply
 
Thread Tools
  #1  
Old 27th May 2012
dkijakarta's Avatar
dkijakarta dkijakarta is offline
Ceriwis Lover
 
Join Date: May 2012
Posts: 1,802
Rep Power: 16
dkijakarta mempunyai hidup yang Normal
Default Suzuki nex Responsif & Lincah

JAKARTA - Suzuki nex secara resmi mengaspal di Indonesia pada Kamis (15/12/2011) kemarin. Pada hari itu juga sejumlah awak jurnalis diberikan kesempatan untuk kencan singkat bersama skutik pengganti Suzuki Spin 125. Bagaimana performanya? Mari kita simak lebih lanjut.



Sebelum menguji nex di trek dadakan yang dipersiapkan, okezone lebih dahulu mengenakan perlengkapan keselamatan seperti helm, jaket dan sarung tangan. Setelah semua sudah terpasang, tidak serta-merta langsung menggeber skutik mungil tersebut. Saya terlebih dulu mencari posisi nyaman berkendara agar pengujian lebih maksimal.



Saat duduk diatas skutik berdimensi panjang 1.850 mm, lebar 665 mm dan tinggi 1.035 mm motor terasa nyaman untuk dikuasai. Dek yang dimiliki skutik ini juga terbilang lapang sehingga kaki dengan leluasa berpijak. Setelah mendapat posisi yang dirasa pas, mesin pun dinyalakan. Suara knalpot menderu terdengar merdu ditelinga. Ketika mesin menyala maka lampu utama juga ikut menyala hal ini karena nex telah dilengkapi fitur Automatic Headlamp On (AHO).



Tanpa basa-basi, selongsong gas pun diputar. Tarikan awal skutik anyar yang menggunakan mesin SOHC 4-Tak 113 cc berpendingin udara ini begitu responsif. Ini menunjukkan karakter yang kerap ditemui disetiap produk Suzuki. Sayang di trek dadakan ini, kami tidak dapat menguji akselerasi nex lebih jauh karena jarak yang pendek dan lintasan yang berpasir dan berkerikil.



Setelah melibas trek lurus, kini saatnya menguji kelincahan nex dengan cara berjalan zig-zag menghindari kun yang disiapkan. Dengan bobot 87 kg, skutik ini terasa ringan dan gesit. Sistem suspensi yang diadopsi nex pun cukup memuaskan. Beberapa kali kami mencoba melintasi jalan bergelombang dengan kecepatan tinggi, hasilnya suspensi ini mampu meredam getaran dengan baik.



Sistem pengereman juga terasa memuaskan. Saat melaju cukup cepat tuas rem belakang pun ditekan meski tidak ditekan secara penuh, ban langsung mengunci dan gesekan ban dengan aspal berdecit lirih. Saat menguji rem depan pun terasa demikian. Secara spontan rem mengunci ban depan.



Suzuki Nex 110 kini dibanderol Rp12.350.000 on the road dengan enam pilihan warna diantaranya hijau, putih, pink, merah, hitam dan biru dengan dua pilihan striping. Nex hadir dengan tampilan stylish dan modern. Target konsumen yang disasar adalah kaum muda yang ingin tampil gaya dan membutuhkan kendaraan lincah dan irit bahan bakar



Spesifikasi:

Mesin

Tipe: 4 langkah, 1 silinder, pendingin udara

Sistem katup: SOHC, 2 valve

Diameter langkah (mm): 51,0 x 55,2

Isi silinder (cm3): 113

Rasio kompresi: 9,4

Tenaga maksimum: 94 PS/8.800 rpm

Torsi maksimum: 8,7 Nm/6.500 rpm

Sistem bahan bakar: Karburator (BS22)

Sistem pengapian: CDI

Sistem starter: Elektrik dan engkol

Transmisi: CVT/V-Belt

Kapasitas tangki: 3,5 liter





Dimensi

Panjang: 1.850 mm

Lebar: 665 mm

Tinggi: 1.035 mm

Jarak sumbu: 1.235 mm

Jarak pijak: 135 mm

Tinggi jok: 735 mm

Berat kosong: 87 kg





Kaki-kaki

Suspensi depan: Teleskopik, per ulir, peredam oli

Suspensi belakang: Tipe lengan ayun, per ulir, peredam oli

Rem depan: Cakram

Rem belakang: Tromol

Roda depan: 70/90-14 M/C 34P

Roda belakang: 80/90-14 M/C 46P

Pelek: Casting wheel



Kelistrikan

Aki: 12V (3,0 Ah) / 10 HOUR

Lampu depan: 12V 32W/32Wx1



Reply With Quote
Reply


Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off


 


All times are GMT +7. The time now is 10:44 AM.


no new posts