tahu kah agan agan sekalian tentang kereta maglev? yuk kita lihat sama sama gan
Quote:
nih ane kasih beberapa pic nya
Quote:
Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for maglev:
Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for maglev:
Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for maglev:
Spoiler for open this:
Quote:
saat ini banyak bermunculan kereta supercepat. Contohnya tgv di prancis, amtrak acela express di usa, ice di jerman, dan shinkansen di jepang. Mereka semua adalah pemegang rekor kereta supercepat di negara masing-masing. Kecepatannya berkisar 300 km/jam. Dan mereka semua berjalan menggunakan roda di atas rel kereta biasa.
Quote:
kali ini kita akan membahas kereta maglev, kereta cepat jenis lainnya. Namun kereta ini punya karateristik cukup unik, yakni kereta ini berjalan di atas rel dan tanpa roda!
Quote:
kata maglev merupakan singkatan dari kata magnetic levitation, yang artinya " daya mengambang magnetis". Kereta ini memamkai daya magnet pada bagian bawah kereta dan daya magnet pada bagian rel khusus sehingga kereta dapat mengambang beberapa puluh milimeter di atas rel. Jalur rel khusus yang digunakan kereta maglev bernama guideway.
Quote:
pada awalnya kereta maglev tidak dirancang sebagai kereta supercepat, namun hanya dipakai di dalam kota saja. Dan kecepatannya pun hanya 60 km/jam. Namun dalam perkembangnya, kereta ini justru mampu menembus dengan kecepatan 400 km/jam!
Quote:
berikut dua cara kerja kereta maglev
Quote:
ada dua cara kerja kereta maglev ini, yang biasa membuat mengambang yang pertama adalah ems (electromagnetic supension). Menggunakan tenaga magnet listrik biasa dari rel, agar kereta dapat terangkat 10 milimeter. Namun, cara ini tidak stabil. Akibatnya, jarak mengambang harus selalu dikontrol. Ketika daya megnet berkurang, kereta bisa turun dan menabrak rel. Cara ini pertama kali dikembangkan di jerman.
Quote:
Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for cara kerja yang pertama:
Spoiler for open this:
Quote:
cara yang kedua adalah eds (electrondynamic supension). Menggunakan tenaga magnet superkonduktor. Tenaga ini mampu mengangkat kereta sejauh 100 hingga 150 milimeter. Cara ini jauh lebij stabil ketimbang cara yang pertama. Daya angkat yang dihasilkan tidak hanya melalui guideway saja, tetapi juga dari kereta itu sendiri. Magnet superkonduktor ini harus selalu didinginkan dengan alat pendingin pada kereta maglev agar tidak mudah rusak.
Quote:
Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for cara kerja yang ke dua:
Spoiler for open this:
Quote:
bagaimana kereta maglev berjalan?
Quote:
dalam keadaan berhenti, kereta maglev tidak mengambang di atas rel. Saat akan berangkat, magnet superkonduktor dinyalakan dan kereta mulai mengambang di atas rel sejauh 100 milimeter.
Quote:
kemudian, magnet superkonduktor itu mengatur posisi kereta maglev agar tepat di tengah jalur guideway supaya saat nantinya berjalan, kereta maglev tidak menyerempet lintasan. Setelah menemukan posisi yang tepat, komputer akan mengunci posisi tersebut dan menstabilkan magnet superkonduktor agar posisi kereta tidak berubah.
Quote:
setelah semua siap, maka magnet superkonduktor pada kereta dan magnet pada bagian dinding rel akan menciptakan daya saling menarik dan mendorong secara berulang-ulang sehingga nantinya daya tersebut akan menggerakkan kereta maglev untuk memulai perjalanannya.
Quote:
Quote:
[spoiler=open this] for berikut cara nya:
Quote:
teknologi ramah lingkungan
Quote:
teknologi kereta maglev terus dikembangkan. Sebab, sangat banyak manfaatnya. Selain dapat melaju dengan cepat, kereta maglev sangat mudah direm, sehingga tingkat keamanan lebih baik daripada kereta biasa. Dengan berjalan mengambang, penumpang akan merasa nyaman karena tidak ada getaran seikitpun. Selain itu kereta maglev tidak menimbulkan suara bising dan tidak menimbulkan asap hasil pembakaran.