Ceriwis  

Go Back   Ceriwis > DISKUSI > Lounge

Lounge Berita atau artikel yang unik, aneh, dan menambah wawasan semuanya ada disini dan bisa dishare disini.

Reply
 
Thread Tools
  #1  
Old 27th May 2012
tahugejrot's Avatar
tahugejrot tahugejrot is offline
Ceriwis Lover
 
Join Date: May 2012
Posts: 1,997
Rep Power: 14
tahugejrot mempunyai hidup yang Normal
Default Main Catur yuk ! (Bahas Catur lebih dalam , mulai dari cara main sampai taktik)

sebelumnya maaf gan kalo ane gan



nih langsung aja gan !



cekcidot







_




[/spoiler]
Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for dasar-dasar catur:




Sebelumnya saya ingin memberikan gambaran tentang catur (khusus yg sangat beginner)….ada orang bilang catur itu olah raga…benar!!...mereka ikut dalam kejuaraan catur untuk memperebutkan gelar juara yg memeras kalori sama dengan orang yg berlari …Ada juga orang yg bilang catur adalah seni…benar juga!!..ada sebahagian orang yang senang melihat kombinasi yang indah, setiap kali main catur mereka selalu berusaha membuat lawannya mat dengan posisi yang sengaja diciptakannya sedemikian rupa…atau istilah catur nya mati indah ( hehe…masa mati ada yang indah )..dan mereka akan senang apa bila bisa menciptakan langkah-langkah kyk itu..…Ada juga orang bilang catur itu science of logical thinking ( apa sih bhs indonya??)..ini pun benar !! coz catur bisa ngasah daya nalar dan kreatifitas yg tinggi...!!



Sebelum kita bahas tentang permainan ini (bagi yg blom tau dasar 2 nya)... Saya berikan dulu bahasa catur, yg bisa dibilang Notasi...Ni kyk yg di bawah :



PAPAN CATUR



Papan catur terdiri dari 64 petak yang sama besarnya, dengan warna petak berganti-ganti hitam-putih-hitam-putih. Cara meletakan papan catur seperti gambar diatas, dan menurut ketentuan F.I.D.E ( Federation Internationale Des Echecs = Peraturan Federasi Catur Internasional ) petak putih terletak sebelah kanan pemain ( petak h1 dan a8, sedangkan petak hitam terletak disebelah kiri pemain ( petak a1 dan h8 ), yang saya maksudkan disini ialah petak sudut…. Saya pernah lihat kejuaran tingkat kecamatan ,mereka mengadakan kejuaraan catur…papan caturnya dibikin dari triplek…eh..saya lihat letak papan caturnya asal-asal aja…ada petak hitam sebelah kanan dan ada juga petak putih..ya amburadur dong….nah moga anda nggak melakukan kesalahan yang sama.



LAJUR = sederetan petak-petak dengan warna selang-seling yang membujur dari hadapan kita kearah lawan petak A,B,C sampai H ( lihat gambar ), contoh petak a1.a2.a3.a4.a5.a6.a7 dan a8 ( ini dinamakan lajur A )



BARIS =sederetan petak-petak sama seperti lajur tetapi membelintang dari kiri ke kanan ,yaitu baris 1,2,3 sampai 8 ( lihat gambar ), contoh petak a3,b3,c3,d3,e3,f3,g3 dan h3 ( ini dinamakan baris 1 )



DIAGONAL = sederetan petak-petak yang sama warnanya ,contohnya petak a1,b2,c3,d4,e5,f6,g7 dan h8



NAMA-NAMA PETAK DI PAPAN CATUR..lihat aja gambar diatas ada petak a1,a2,a3 dsb..e1,e2,e3 dsb ( setiap petak terdiri dari kombinasi huruf dan angka )







NAMA BUAH CATUR



K = King = Raja = R ( 1 buah ) terletak ditengah (kalo 2 buah lama beud menang nya)

Q = Queen = Menteri = M ( 1buah ) terletak ditengah dekan dengan Raja (kalo lbih dr 1 pastinya gampang maenin nya)

B = Bishop = Gajah = G ( 2 buah ) terletak disisi Menteri dan disisi Raja

N = Knights = Kuda = K ( 2 buah ) terletak disisi Benteng

R = Rook = Benteng = B ( 2 buah ) terletak di petak pinggir

P = Pawn = Bidak ( 8 buah ) lihat gambar



CARA LANGKAH MASING-MASING BUAH CATUR



Aduh …gimana cara menerangkannya ya..ngak ada papan peraga sih…saya coba aja terangkan dengan kata-kata..mudah-mudahan bro sekalian bisa mengerti..



Raja jalannya satu-satu langkah, kemana aja boleh kiri/kanan/atas/miring..ingat hanya satu langkah (nilai = infinite)



Menteri jalannya seperti X ( kali ) dan + ( tambah ) atas/bawah/kiri/kanan/miring kanan atas/miring kiri atas/miring kanan bawah/miring kiri bawah, boleh dekat dan jauh…yang nggak boleh meloncati buah lain (nilai = 9)



Benteng jalannya seperti + ( tambah ) atas/bawah/kiri/kanan, boleh dekat dan jauh…ngak boleh meloncati buah lain (nilai = 5)



Gajah jalannya seperti x ( kali ) miring kanan atas/miring kiri atas/miring kanan bawah/miring kiri bawah, boleh jauh dan dekat..ngak boleh melompati buah lain (nilai = 3)



Kuda jalannya seperti huruf L, bigini cara menjalankannya = maju dua petak lalu belok kiri atau kanan satu petak = mundur dua petak lalu belok kiri atau kanan satu petak = kekiri dua petak lalu keatas atau kebawah satu petak = kekanan dua petak lalu keatas atau kebawah satu petak….cara gampangnya ingat aja huruf L…dan kuda boleh melompat buah lainnya, contohnya kuda yang petak awalnya di b1 bisa dilangkahkan kepetak a3 atau c3 (nilai = 3)



Bidak jalannya lurus kedepan satu petak dan ngak boleh mundur, khusus untuk Bidak yang belum pernah jalan boleh melangkah dua petak kedepan ( tergantung keinginan kita, ingin dijalan kan satu langkah atau dua langkah kedepan )tetapi untuk selanjutnya hanya satu petak aja ke depan….bidak yg belum pernah jalan artinya dia masih berada pada posisi awal ( lihat aja gambar diatas tu..Bidak belum lagi jalan ) (nilai = 1)



Nilai yg saya maksud tuh nilai tukar... Misal : klo Menteri (9 point) anda dimakan lawan, tp anda dapat 2 benteng sebagai gantinya (masing 2 nilainya 5)... Mungkin anda masi tetep unggul dlm permainan...Gitu lo..iss:



CARA MAKAN : Raja, Menteri ,Benteng, Gajah dan Kuda cara makannya sama dengan langkahnya….nah sekarang cara makan ( pukul )buah lawan , letakkan buah kita dipetak tempat buah lawan “duduk” dan buah lawan tersebut keluarkan dari papan…gampang khan !!

o iya...Khusus untuk Bidak cara makannya beda sama jalannya, kalau jalannya satu petak kedepan dan makannya miring kekiri atau kekanan satu petak tetapi tetap maju ya…contohnya Bidak di petak d2 jalannya ke petak d3 atau d4, tetapi kalau mau makan bidak dipetak d2 dijalankan ke petak c3 atau petak e3



Oke deh ! moga bro sekalian mengerti dengan uraian diatas..klo anda belum ngerti..ulang terus bacanya sampai anda paham…














Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for langkah istmewa bidak:




LANGKAH ISTIMEWA



kita telah mempelajari cara melangkah atau memukul setiap buah catur. Terapi semua itu baru mengaaangkut langkah yang umum. Masih ada beberapa lalngkah istimewa yang juga penting diketahui. Terutama yang berhubungan dengan bidak dan Raja.



1) Memukul “en passant”



Salah satu keistimewaan langkah bidak ialah memukkul “en passant” ( baca : ang pasang) atau memukul “sambil lalu”.



Ketentuaannya demikian : bila satu bidak melangkah dua petak sekaligus ke depan dan melewati lawan, maka bidak lawan dapat memukul bidak itu seolah-olah bidak tadi hanya dimajukan selangkah saja. Lihat contoh di bawah :





jika pion hitam melangkah ke titik X, maka pion putih yg berada dalam posisi demikian bisa memakan pion hitam dan berpindah ke titik ep

Demikian ketentuan mengenai pukulan “en passant”.



2) promosi bidak



Kita sudah mengenal cara bidak melangkah, yaitu lurus ke depan. Kalau memukul buah lawan maka jalannya menyerong ke kiri atau ke kanan, seperti huruf V. bidak tidak boleh mundur. Bagaimana jika bidak itu sampai pada baris terakhir perjalannannya?



Bidak yang sudah mencapai baris terakhir harus naik pangkat. Atau dengan istilah catur yang populer : Promosi. Bidak itu tidak boleh tetap menjadi bidak. Dia harus segera diganti dengan salah satu perwira seperti Menteri, Benteng, Gajah atau Kuda yang sama warna dengan bidak itu (pastinya mau jd Mentri lah yg powerful). Bidak tidak boleh menjadi Raja. Raja setiap pemain hanya ada satu sejak awal sampai akhir. saya rasa uda

pada tau deh aturan yg satu ini ...










Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for tujuan permainan catur:




Tujuan permainan catur ialah menangkap Raja lawan. Raja lawan tidak boleh dipukul atau dimakan. Raja hanya boleh diserang atau dikepung sehingga tidak bisa lari atau diselamatkan lagi.



Bila Raja itu sudah tidak dapat menghindar dari ancaman, maka berarti Raja itu sudah tertangkap. Pihak yang mengkap Raja itu keluar sebagai pemenang.



Syah atau Sekak



Kalau Raja diserang oleh buah lawan, maka dikatakan Raja itu kena syah atau sekak. Serangan terhadap Raja harus segera ditangkis. Ada tiga cara untuk menangkis sekak itu.



1. Memukul atau memakan buah lawan yang melakukan sekak itu dengan buah sendiri.

2. Melarikan Raja dari arah serangan buah lawan.

3. Menutup arah serangan buah lawan dengan buah sendiri. .



Nah klo skak nya uda ga ada obat nya lg (raja nya uda ga bisa kemana mana), nama nya skak nih contoh gambarnya :












[spoiler=open this] for Rokade:
















Rokade (Castling) adalah menggerakkan dua buah biji catur sekaligus yaitu raja dan benteng dimana dalam melakukan rokade hanya diizinkan sekali saja



Mekanisme rokade cukup sederhana, yaitu:

1. Gerakkan raja ke arah benteng

2. Gerakkan benteng raja dari sebelah kanan raja ke sebelah kiri raja. Gerakan ini ditandai dengan 0-0…….Sedangkan rokade dari sayap mentri ditandai dengan 0-0-0



Pemain tidak dapat melakukan rokade apabila

1. Raja dalam keadaan diancam skak

2. Raja sudah melakukan gerakan sebelumnya

3. Benteng yang akan di-Rokade sudah melakukan gerak sebelumnya

4. Buah catur lawan mengancam petak yang akan ditempati Raja dalam Rokade (petak c1 atau g1 untuk putih, c8 dan g8 untuk hitam)

5. Buah catur lawan mengancam petak d1 atau f1 yang akan dilewati Raja pada waktu Rokade (untuk hitam d8 dan f8)

6. Buah catur lawan berada pada petak antara Raja dan Benteng yang akan di-Rokade-kan

7. Buah catur kawan sendiri berada antara Raja dan Benteng yang akan di-Rokade-kan









Reply With Quote
Reply


Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off


 


All times are GMT +7. The time now is 09:51 AM.