Jakarta - PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) sepertinya sudah kebelet meluncurkan motor sport mereka yakni Kawasaki Ninja ZX6.
Buktinya di acara peluncuran motor bebek teranyar mereka, Edge, Kawasaki sempat memamerkan motor yang berpenampilan sangat sporty ini. �Dan bisa dibilang ini soft launchingnya,� ungkap National Sales Manager KMI, Freddyanto Basuki disela peluncuran Kawasaki Edge di di Senayan, Jakarta, Sabtu (30/1/2010).
Keyakinan Kawasaki itu menurut Freddy didasarkan pada kenyataan bahwa motor sport yang didatangkan langsung dari Jepang ini memang memiliki tampang yang sangat cadas dengan performa mesin yang tangguh.
�Untuk harganya, ZX6 ini kemungkinan ada diantara 220-230 jutaan, tapi dengan catatan pajak PPnBM-nya belum naik ya,� papar Freddy.
Saat ini pajak PPnBM sudah mencapai 75 persen dari harga, tapi bila ancaman pemerintah benar-benar dijalankan, PPnBM akan kembali dinaikan hingga 200 persen dari harga kendaraan. �Ini yang bikin pusing,� tandasnya.
Ninja ZX6 sendiri merupakan motor sport eksotis milik Kawasaki yang mengusung mesin berkapasitas 599 cc. Mesin yang didukung 16 katup dengan transmisi enam percepatan itu mampu membawa lari ZX6 hingga ke kecepatan 200 km/jam dengan torsi maksimal mencapai 65,68 Nm pada putaran 10.000 rpm.
Jakarta - Bagi Suprianto, memiliki sebuah Ninja 250R, bukanlah sesuatu yang langsung bisa membuatnya bangga. Karenanya, sentuhan demi sentuhan perlu dilakukan, agar si Ninja kian memenuhi seleranya.
Baru datang bulan Juni 2009, dibawa mejeng sebentar, Suprianto pulang ke rumah dengan kegelisahan. "Saya ingin motor ini beda dari yang lain," ujar Anto, panggilannya kepada detikOto.
Ia pun lantas menyambangi bengkel Dragon Speed, untuk membongkar kaki-kaki Ninja tahun 2009 miliknya agar benar-benar terlihat kekar layaknya motor besar.
Satu set kaki-kaki milik ZX6 R 900 cc, pun dicangkok. Mulai dari velg, sampai swing arm, semua diganti. Bahkan kini kaki depan sudah bercakram ganda dengan masing-masing 4 kaliper, sehingga total untuk depan 8 kaliper!
Kaki-kaki sudah mendukung, giliran mesin turut kena sentuhan. Tidak banyak memang, hanya mengganti CDI dengan BRT remote, air filter K&N, knalpot racing, serta menaikkan spuyer.
"Saya tes pake dyno test, hasilnya lumayan, tenaga jadi 31 dk, dari standarnya cuma 24 dk," ujar Anto.
Terakhir, tinggal urusan tampilan nih. Dominasi kelir hitam yang disusupi warna oranye dan garis-garis putih sebenarnya sudah sangat mendukung tampilan ala racing buat motor dua silinder punya Kawasaki ini.
Apalagi ketika dibagian bawah fairing terdapat nick name sang pemilik yakni 'Atox' sehingga benar-benar menandakan ini adalah kendaraan yang benar-benar personal.
Data teknis:
Arm dan velg memakai ZX6R
Shock depan standard dimodifikasi menjadi double disc break.
Ban depan BT90 120-60, ban belakang Battlax 190.
Footstep standard modif untuk peninggian 5 cm.
Break depan kiri kanan 8 piston @ 4 piston brambo, break belakang 4 piston brambo, master rem Brambo.
Tankpad Haris, grip Haris, cutting stiker with persnish, wing body carbon, cover radiator, mudguard, E-Lock security Alarm System, frame slider, rantai RK Gold, knalpot R9, speedometer koso RX2 with accumetter, stop lamp led with sign L/R LED, condom tangki, stang CBR 1000, spion Koso, Head lamp HID Xenon 6000, CDI BRT, Dyno Jet Kit, Air Filter K&N, windshield MotoGP.
Jakarta - Dengan wajah yang sangat sporty, Kawasaki yakin motor bebek terbarunya, Edge, dapat menarik hati anak-anak muda dan para eksekutif muda.
Karena desain atraktif yang sporty dengan garis-garis tajam yang diusung Edge sangat menarik perhatian, terlebih motor ini pun memiliki responsibilitas dan akselerasi yang mantap.
"Anak-anak muda pasti suka dengan desain Edge, tapi tidak menutup kemungkinan yang sudah berusia matang pun akan tertarik oleh tampilan motor ini," ungkap ujar National Sales Manager PT KMI Freddyanto Basuki di sela-sela peluncuran Kawasaki Edge, di Jakarta, Sabtu (30/1/2010).
Terlebih, Edge memiliki keunikan, karena meskipun mesinnya berkapasitas 110 cc, berkat kombinasi diameter piston 53,0 mm dan panjang langkah 50,6 mm, kapasitas 2dge
pun membengkak jadi 112 cc.
Dengan kombinasi disain yang futuristik dan mesin yang handal tadi, tidak heran bila Kawasaki sangat yakin dengan performa penjualan Edge.
"Desain dan performanya mantap, karena itu Edge mampu menyajikan sesuatu yang menarik untuk mereka yang berjiwa berani," pungkasnya.