Ceriwis  

Go Back   Ceriwis > DISKUSI > Lounge

Lounge Berita atau artikel yang unik, aneh, dan menambah wawasan semuanya ada disini dan bisa dishare disini.

Reply
 
Thread Tools
  #1  
Old 4th September 2010
donnychibonk's Avatar
donnychibonk donnychibonk is offline
Moderator
 
Join Date: Aug 2010
Location: Nama Sebuah Tempat
Posts: 2,110
Rep Power: 25
donnychibonk is blesseddonnychibonk is blesseddonnychibonk is blesseddonnychibonk is blesseddonnychibonk is blesseddonnychibonk is blesseddonnychibonk is blesseddonnychibonk is blesseddonnychibonk is blesseddonnychibonk is blesseddonnychibonk is blessed
Exclamation Kenapa Pilot Selalu duduk Disebelah Kanan ?

Kapten penerbang selalu duduk di kiri dan First Officer duduk di kanan
Pada pesawat terbang, pilot/penerbang selalu duduk di sebelah kiri. Banyak juga pesawat yang dilengkapi dengan dual control. Yaitu, ada dua buah kendali di kursi kiri dan kanan, sehingga sebenarnya pesawat bisa dikendalikan dari kiri ataupun kanan. Kalau begitu kenapa tidak bebas saja bukan? Terserah penerbang mau terbang dari kiri atau pun kanan. Sebaliknya, penerbang helikopter biasanya menerbangkan helikopternya dari sisi sebelah kanan. Begitu pula dengan pesawat besar, kapten penerbang selalu duduk di kiri dan First Officer duduk di kanan.
Spoiler for cekidot:




Sebenarnya tidak ada yang tahu pasti sejak kapan tradisi ini di jalankan, tapi ada beberapa teori atau cerita yang mungkin menyebabkan seorang penerbang pesawat “harus” duduk di kiri dan penerbang helikopter duduk di kanan.

Tabrakan pesawat sipil pertama di dunia

Setelah perang dunia pertama, banyak sekali pesawat dan penerbang yang menganggur. Karena itu negara-negara maju yang banyak memiliki pesawat dan penerbang militer mencoba untuk mengubah pesawat-pesawat angkut militernya menjadi pesawat sipil.

Di antara pesawat-pesawat yang dikonversi tersebut adalah sebuah pesawat de Havilland DH 18A milik Departemen Udara Inggris yang di operasikan oleh Daimler Hire Limited dan sebuah Farman “Goliath” F60 milik sebuah perusahaan Perancis Compagnie des Grands Express A�riens.

Kedua pesawat itu menerbangkan rute Paris - Croydon di Inggris.

De Havilland DH18A:


4 hari setelah Daimler Hire Limited memulai operasinya, pada tanggal 7 April 1922, pesawat De Havilland DH 18A dengan registrasi G-EAWO menerbangkan surat pos, dari Croydon di daerah London ke Le Bourget di Paris. Di dalam pesawat hanya ada penerbang Letnan R.E. Duke dan asistennya Hesterman (bertugas seperti pramugara).

Sedangkan di hari yang sama, pesawat Farman F60 dengan no registrasi F-GEAD, memulai penerbangannya ke Croydon dan Le Bourget Paris. Pesawat ini berisi penerbang M. Mire dan seorang mekanik serta tiga orang penumpang, sepasang orang amerika Christopher Bruce Yule dan Nyonya Yule yang baru saja menikah dan seorang Perancis Monsieur Bouriez.

Farman Goliath:


Kedua pesawat itu terbang di ketinggian sekitar 500 kaki (150 meter) dari permukaan tanah, dalam keadaan gerimis dan kabut. Pada masa itu penerbangan dilakukan dengan cara VFR (Visual Flight Rules), di mana penerbang melihat keluar untuk navigasinya. Dengan kinerja pesawat dan cuaca yang terjadi saat itu, penerbang harus menerbangkan pesawatnya cukup rendah untuk bisa melihat daratan dan rute yang diterbangkan.

Pada jarak sekitar 70 km di sebelah utara kota Paris, kedua pesawat bertemu di titik yang sama, dan kedua penerbang tidak mampu menghindar satu sama lain. Terjadilah tabrakan di udara yang pertama di dunia yang melibatkan dua pesawat sipil.

Kedua pesawat tersebut bertabrakan karena mengambil rute yang sama dan navigasinya bergantung pada tanda-tanda di daratan (landmark), seperti menyusuri sungai, jalan, rel kereta, pantai, dan bukit/gunung, dan juga bangunan sebagai sebagai check point. Rute udara yang umum akan mengambil landmark yang sama.

Dua tahun kemudian ada sebuah NOTAM (Notice to Airmen) yaitu pengumuman pada penerbang yang mengharuskan penerbang untuk terbang di sebelah kanan sebuah rute sejauh 300 meter.

Jadi misalnya sebuah rute adalah mengikuti sebuah rel kereta, maka rel keretanya harus berada di kiri sejauh 300 meter atau dengan kata lain pesawatnya harus diterbangkan 300 meter di sebelah kanan rel kereta.

Begitu pula pesawat yang datang dari arah berlawanan akan terbang 300 meter ke sisi kiri rel kereta. Dengan peraturan ini, jika ada dua pesawat yang datang berlawanan arah, maka akan terpisah sejauh 600 meter.

Port side untuk keluar-masuk penumpang ada di sebelah kiri

Port side untuk keluar-masuk penumpang ada di sebelah kiri
Untuk bisa melihat landmark ini dengan baik, maka penerbang harus duduk di sisi kiri. Itulah sebabnya penerbang pesawat komersial duduk di sisi sebelah kiri.

Ada beberapa teori lain yang beralasan tentang posisi duduk ini, yaitu, arah rotasi baling-baling menyebabkan pesawat punya tendensi untuk berbelok ke kiri, sehingga belok kiri akan lebih mudah bagi penerbang. Karena itu juga mungkin standard pattern, atau bentuk baku dari arah mendarat adalah ke kiri (Left hand traffic).

Pesawat yang bertemu berhadapan juga harus berbelok ke kanan untuk menghindari tabrakan. Dengan berbelok ke kanan ini, kedua penerbang yang duduk di kiri akan melihat pesawat lain dengan lebih jelas.

alasan lain:
Alasan lain tentang duduk di kiri ini adalah port side (bagian pintu keluar/masuk penumpang) pesawat terbang dirancang di sebelah kiri sama dengan kapal laut. Sehingga pada waktu embarkasi, penerbang atau kapten dapat melihat proses embarkasi atau menyalakan mesin di sebelah kiri tanpa khawatir masih ada penumpang yang berada di sekitar pintu pesawat.




Helikopter



Bagaimana dengan helikopter? Penerbang helikopter biasanya terbang dari sebelah kanan. Cerita yang paling terkenal adalah tentang Sikorsky, salah seorang pembuat helikopter pertama di dunia yang dibuat secara komersial.

Setelah membuat dan menerbangkan helikopternya, Sikorsky melatih instruktur pabrik untuk menerbangkan helikopter. Sikorsky akan duduk di kiri dan instruktur akan duduk di kanan. Setelah itu para instruktur ini juga akan melatih instruktur penerbang militer dengan cara instruktur pabrik duduk di kanan dan calon instruktur militer duduk di kiri.

Kemudian hal yang sama berulang, instruktur militer akan melatih penerbang militer dengan cara instrukturnya duduk di kiri dan penerbang militer akan duduk di kanan.

Karena itu semua penerbang militer yang menerbangkan helikopter Sikorsky akan duduk di kanan.



Quote:
jangan lupa MELON nya yah ndan...


Reply With Quote
  #2  
Old 4th September 2010
dionless's Avatar
dionless dionless is offline
Moderator
 
Join Date: Jun 2010
Location: ~WOUM~
Posts: 7,075
Rep Power: 60
dionless is Ceriwis Prophetdionless is Ceriwis Prophetdionless is Ceriwis Prophetdionless is Ceriwis Prophetdionless is Ceriwis Prophetdionless is Ceriwis Prophetdionless is Ceriwis Prophetdionless is Ceriwis Prophetdionless is Ceriwis Prophetdionless is Ceriwis Prophetdionless is Ceriwis Prophet
Default

Baru tau ane kalo pilot sebelah duduk nya kanan

Thnks ndan nice info
Reply With Quote
  #3  
Old 4th September 2010
gembel2's Avatar
gembel2 gembel2 is offline
Member Aktif
 
Join Date: Jun 2010
Posts: 121
Rep Power: 0
gembel2 mempunyai hidup yang Normal
Default

mungkin wasiat dari nenek moyang ndan.
Reply With Quote
  #4  
Old 4th September 2010
echizen's Avatar
echizen echizen is offline
Ceriwis Lover
 
Join Date: Apr 2010
Posts: 1,727
Rep Power: 26
echizen is blessedechizen is blessedechizen is blessedechizen is blessedechizen is blessedechizen is blessedechizen is blessedechizen is blessedechizen is blessedechizen is blessedechizen is blessed
Default

kalo ditengah gimana???
Reply With Quote
  #5  
Old 4th September 2010
sempaklah sempaklah is offline
Member
 
Join Date: Jun 2010
Posts: 77
Rep Power: 0
sempaklah mempunyai hidup yang Normal
Default

ane baru tau tuh harus duduk sebelah kanan
Reply With Quote
  #6  
Old 4th September 2010
theghel's Avatar
theghel theghel is offline
Ceriwis Pro
 
Join Date: Jul 2010
Location: TM#45|PIC#043|
Posts: 2,510
Rep Power: 40
theghel is Ceriwis Gurutheghel is Ceriwis Gurutheghel is Ceriwis Gurutheghel is Ceriwis Gurutheghel is Ceriwis Gurutheghel is Ceriwis Gurutheghel is Ceriwis Gurutheghel is Ceriwis Gurutheghel is Ceriwis Gurutheghel is Ceriwis Gurutheghel is Ceriwis Guru
Default

mungkin biar enak liat kernetnya ndan..hehehe
Reply With Quote
  #7  
Old 4th September 2010
donnychibonk's Avatar
donnychibonk donnychibonk is offline
Moderator
 
Join Date: Aug 2010
Location: Nama Sebuah Tempat
Posts: 2,110
Rep Power: 25
donnychibonk is blesseddonnychibonk is blesseddonnychibonk is blesseddonnychibonk is blesseddonnychibonk is blesseddonnychibonk is blesseddonnychibonk is blesseddonnychibonk is blesseddonnychibonk is blesseddonnychibonk is blesseddonnychibonk is blessed
Default

Quote:
Originally Posted by dionless View Post
Baru tau ane kalo pilot sebelah duduk nya kanan

Thnks ndan nice info
sama2 ndan.....
Quote:
Originally Posted by gembel 2 View Post
mungkin wasiat dari nenek moyang ndan.
mungkin juga ndan....
Quote:
Originally Posted by echizen View Post
kalo ditengah gimana???
tu sih pramugarinya ndan....
Quote:
Originally Posted by sempaklah View Post
ane baru tau tuh harus duduk sebelah kanan
ane juga ndan........
Quote:
Originally Posted by theghel View Post
mungkin biar enak liat kernetnya ndan..hehehe
bisa aja mendan....
Reply With Quote
Reply


Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off


 


All times are GMT +7. The time now is 01:09 PM.


no new posts