FAQ |
Calendar |
![]() |
|
Lounge Berita atau artikel yang unik, aneh, dan menambah wawasan semuanya ada disini dan bisa dishare disini. |
![]() |
|
Thread Tools |
#1
|
||||
|
||||
![]() <a target="_blank" href="http://ceri.ws/hL95P" onclick="_gaq.push(['_trackEvent', 'outbond', 'click', 'http://ceri.ws/hL95P']);dataLayer.push({'event': 'trackEvent','eventDetails.category': 'outbond', 'eventDetails.action': 'click', 'eventDetails.label': 'http://ceri.ws/hL95P'}); "> </b></span>![]() ![]() ![]() Quote:Kali ini saya akan berbagi ilmu tentang dampak modifikasi motor, Point yang akan saya bahas adalah : - Modifikasi yg biasanya dilakukan pada motor harian - Dampak buruknya - Solusi Dan semoga Thread saya bermanfaat, Mari kita mulai Quote:Pemasangan skotlet(bahasa bakunya saya ndak tahu) Banyak dari rider kita pasang skotlet untuk menyegarkan striping motor, maupun melindungi striping bawaan motor agar awet, Tetapi jika salah metode pemasangan, apa saja resikonya? 1. Perekatan skotlet menggunakan panas dari korek bisa membakar motor. ![]() Solusi : Disarankan memakai cutting stiker/striping custom siap tempel 3. Skotlet yg tidak berkualitas gampang pudar terpapar sinar matahari, tetap lebih awet striping & cat asli bawaan motor ![]() 2. Tampak “wagu” jika pemilihan fairing kurang tepat, contoh Megapro pake fairing Ninja.. ![]() ![]() 3. Bagi motor sport naked yg dari bawaan pabrik menggunakan radiator, pasang fairing bisa menghambat perawatan di sekitar radiator yg berdampak kotoran menumpuk di sekitar radiator, ![]() ![]() Dan akhirnya radiator kotor, malfungsi, hingga kipas radiator mati bahkan meleleh, Solusinya “Kalau pengen motor sport fairing, gak usah maksain Naked di sarungin” Quote:Original Posted By Ancis160392 ► yg paling norak mah yg naked pake fairing gan..apalagi kalo fairingnya niru motor yang jg banyak keliatan dijalanan.. kalo di lampu merah sebelah2an kaga malu apa yak?! ibaratnya mimpi beli ninja rr, tp kenyataannya kg kesampean.. ![]() kalo soal mesin sebaiknya dikonsultasikan dulu deh walaupun udh ada informasi atau lumayan mengerti..krn dampaknya kan belom tentu positif dan cuma ke 1 atau 2 parts lainnya.. ban motor kekecilan sama kegedean sama alaynya menurut ane..yg kekecilan kg ngerti safety..yg kegedean kg ngerti estetika enak dipandang..ban kegedean kalo dipasang udh kek donat gan..tapak ban yang napak ke tanah jg sedikit pasti sama kaya ban kecil..jd mau ban kekecilan / kegedean sama2 alay ![]() nice thread gan ![]() Quote:Original Posted By aoklls2lv ► pengalaman pake fairing di vixion VERY VERY NOT RECOMENDED Quote:Ban Gambot VS Ban Cacing Jika saya disuruh memilih ban gambot atau cacing.. Maka saya tidak akan pilih keduanya, saya lebih suka pakai ban bawaan sepeda motor, Mengapa?? Berikut saya berikan sedikit ulasan : 1. Ban cacing, lebih condong untuk meningkatkan peforma motor, “katanya enteng” Tetapi bahayanya, Grip ban ke permukaan aspal jadi berkurang. Senggol dikit, motor langsung “Break dance” di permukaan aspal, sama sekali tidak disarankan pakai ban cacing. ![]() Jelas pakai ban standar lebih aman.. ![]() Quote:Copot Mika Stop Lamp Ini yg sama sekali saya nggak ngerti, walaupun semasa STM saya pernah mencopot mika merah pada stoplamp belakang motor saya. Setelah dipikir-pikir dimana kerennya? Selain itu mencopot mika merah pada stoplamp membahayakan pengendara di belakang anda, ![]() Quote:Lepas Spion/Spion kaca kecil Ini juga hal konyol, karena jelas membuat anda susah untuk melihat ke arah belakang. Modifikasi kok nyusahin, ![]() ![]() Quote:Stang Jepit/Menekuk Stang/Stang Custom Pada motor sport naked biasanya dibekali dengan stang tipe Fat Bar, Hanya saja ada yg nekad pasang stang jepit, biar racy, drag style atau apalah. Padahal kalau dilihat-lihat lagi kesannya Wagu.. Bahkan motor bebek/matic pun tak luput dari Drag Style, nekad stangnya di tekuk, hingga sedikit merobek bagian belakang kepala motor, ![]() Kedua, jika ditekuk secara berlebihan, itu akan mengurangi sudut belok, biasanya akan mentok ke tangki di motor sport (fairing / naked). Membuat anda susah bermanuver, maupun menghindari kecelakaan. Ketiga, ganti stang dari ori ke custom (baplang, jepit, japstyle, cafe racer) akan membutuhkan biaya tambahan untuk mengatur ulang kabel-kabelnya, terkadang kabel kurang panjang atau apalah. Jelas ini menguras dompet anda. Quote:Peninggi Shock Membuat kuda besi anda terlihat “Nungging” ![]() Waduh,.. syerem gan.. Quote:Original Posted By DJKH ► kalo di ane peninggi shock efeknya bukan shock patah gan.. ![]() ![]() mounting shock orinya penyok gan, jadi waktu mau balik ke ori, shock orinya gk bisa masuk ke mounting shockny gan.. hrs di ketok baru bisa masuk ![]() Quote:Original Posted By QueRetard ► Nambah tinggi shock itu benar gan, ane sudah ngalamin patah shock yg sebelah kiri, untung pake motor bebek yg punya 2 shock, jadi masih ketahan sama shock kanan, Gmna nasib ane kl dlu ninggiin motor yg cuma punya single shock, ![]() Oke, cukup disini saya membahas modifikasi motor di sektor “style” kalau ada yg mau nambahin, silahkan nanti saya tarik ke pekiwan… ![]() Kali ini kita lanjut ke sektor performa. Quote:Bore Up Dapur Pacu Semakin besar kubikasi sepeda motor, semakin besar pula tenaga yg dihasilkan untuk ngebut, Tetapi hal itu lumrah saja di arena balap. Jika digunakan harian dijamin bikin tekor, ![]() 2. Kondisi manifol pasti akan ikut kotor juga karena tumukan kotoran yang tidak disaring oleh filter udara, jika manifol kotor maka semprotan bahan bakar dari injektor atau kabutan bahan bakar dari spuyer karburator akan terhambat oleh kotoran yang menempel di manifol alhasil performa motor berkurang. ![]() Masih di seputar klep, karena tumpukan kotoran di klep semakin tebal maka semakin lama tumpukan kotoran semakin tebal dan mengeras saat ada kotoran yang terlepas maka kotoran ini bisa menempel/terjepit di bibir klep alhasil kompresi jadi hilang dan motor mogok. 4. Dari klep lanjut udara di salurkan ke ruang bakar, karena udara kotor dicampurkan dengan bahan bakar maka hasil pembakaran di ruang bakar akan menghasilkan endapan atau karbon yang menempel didinding ruang bakar dan kondisi ini akan mengakibatkan kompresi jadi tinggi, motor cepat panas dan piston cepat aus. ![]() Quote:Busi Racing Baru-baru ini, busi dengan core iridium sedang digandrungi Biker tanah air, - Karena tahan panas, elektroda lebih kecil dibanding busi reguler - Membutuhkan tegangan yang lebih rendah untuk memicu pembakaran sehingga jarang terjadi kegagalan saat starter - Pembakaran lebih presisi, konsisten serta efisien (more efficient combustion) - Meningkatkan respon gas - Meningkatkan keiritan (tergantung gaya berkendara) - Lebih awet (tergantung desain). Dari beberapa penelitian busi Iridium lebih awet hingga 10 kali lipat dibanding busi standart - Dipercaya meningkatkan tenaga mesin sekitar 1-3% (ora signifikan lho kangbro) - Meningkatkan kualitas emisi gas buang (lebih ramah lingkungan) Nah…..jian indah tenan kan kelebihan Iridium. Tidak heran banderol busi ini lumayan mahal yakni bisa diatas 100ribuan. Tapi pertanyaannya bagaimana jika busi ini digunakan untuk motor standart harian??. Berbahayakah??…. ![]() Tenaga mesin meningkat? belum tentu. Test dyno? belum perlu, buka saja busi lihat warnanya bandingkan saat masih knalpot STD dengan knalpot Racing, baik karburator maupun injeksi sama koq, warna busi coklat muda/bersih itu tandanya mesin bertenaga, pembakaran baik. Yah bisa dibilang hanya dengan ganti knalpot Racing tidak akan menambah power motor secara signifikan, Yang jelas bertambah besar adalah suara knalpotnya. Itupun di jalanan ga bisa tenang harus pinter-pinter main kucing-kucingan dengan pak polisi. ![]() Yang harus diperhatikan! 1. jangan sembarangan membeli knalpot racing, yg tidak jelas spesifikasinya yang paling bijak (dan harga terjangkau) adalah lakukan pemesanan di bengkel knalpot terpercaya, yg memiliki beragam ukuran dan konstruksi yg sesuai dengan karakter mesin, standart atau tune up, bahkan kita bisa mendesain sendiri konstruksinya, atau opsi lain jika agan2 punya doku lebih, beli knalpot yg high end (branded ternama) yang menjamin kualitas. 2. lakukan prosedur sewajarnya saat mengendarai motor, lakukan start awal normal-normal saja, jika rpm mesin sudah tinggi silahkan menggeber dan memainkan rpm karena pada kondisi ini sirkuasi oli sudah sempurna. 3. sesuaikan ukuran, misalnyadiameter out silinder disamakan dengan diameter leher ujung angsa, agar tidak terjadi pemampatan gas buang yg berlebihan, karena jika diameter ujung leher angsa lebih kecil, bisa memicu peningkatan suhu mesin berlebihan. 4. lakukan penyetelan ulang karburator, ataupun injector (untuk yg ber injeksi) setelah penggantian knalpot, dengan kondisi ini jangan setel suplay bahan bakar pada settingan kering , lebih bagus pada settingan basah untuk menghindari suhu mesin meningkat secara berlebihan. 5.Perhatikan kondisi dan warna busi. jika busi berwarna putih bersih, berarti settingan terlalu kering, atau sebaliknya busi ke hitaman, settingan terlalu basah…., idealnya adalah kecoklatan/ merah bata berarti settingan sudah tepat. 6.ganti oli secara teratur, bila perlu lakukan penggantian lebih cepat dari jadwalnya, mengingat suhu mesin yg meningkat ,untuk menghindari menurunnya kualitas pelumasan karena pemakaian mesin pada kondisi panas yg terlalu lama. <span style="display:block; text-align:center;">Ampe Ga Muat gan buat tulisan ane... ![]() sambungan trit ane ada dibawah ye.. ![]() <a target="_blank" href="http://ceri.ws/hL95P" onclick="_gaq.push(['_trackEvent', 'outbond', 'click', 'http://ceri.ws/hL95P']);dataLayer.push({'event': 'trackEvent','eventDetails.category': 'outbond', 'eventDetails.action': 'click', 'eventDetails.label': 'http://ceri.ws/hL95P'}); "> ![]() Anjrit Ane Di Berondong melon ![]() |
![]() |
|
|