Ceriwis  

Go Back   Ceriwis > DISKUSI > Lounge

Lounge Berita atau artikel yang unik, aneh, dan menambah wawasan semuanya ada disini dan bisa dishare disini.

Reply
 
Thread Tools
  #1  
Old 13th April 2016
KetawaDong's Avatar
KetawaDong KetawaDong is offline
Ceriwiser
 
Join Date: Apr 2016
Posts: 373
Rep Power: 11
KetawaDong mempunyai hidup yang Normal
Default TIPS AND TRIK Membuat sebuah Tim Event (a.K.a) Event Organizer

TIPS AND TRIK

Membuat sebuah Tim Event (a.K.a) Event Organizer








Hai gaes yang pengen atau lagi coba-coba buat tim untuk event alias EO (event organizer) untuk iseng atau mungkin serius nih, bisa dicoba lah namanya sebuah acara pasti membutuhkan panitia untuk mengatur jalannya event atau acara biar sesuai dengan keinginan atau yang direncanakan, butuh persiapan yang matang dalam segala sesuatunya, karena banyak juga yang harus dipersiapkan, So ini nih sedikit tips tentang bagaimana atau apa saja yang dibutuhkan, ok cekidot :






Spoiler for 1. Menentukan Acara:
1. Menentukan acara


Betul gaes, tentuin dulu acara apa yang mo dibuat, karena kalo udah punya tim tapi ga punya ide mo buat acara apaan ya percuma aja. Haha..



Untuk mengambil ide acara, kita bisa dimulai dari sesuatu yang lagi rame, misalkan aja lagi rame acara amal, oke kita buat acara amal sekaligus bisa jadi tolak ukur keberhasilan kita, karena pembuatan acara amal itu kerjaannya gampang tapi susah, iya gampang buat acaranya tapi susah dapet sponsornya, karena klo dah dapet sponsor, tamu undangan pasti bakalan berjibun untuk hadir karena gratis. Ya begitulah kira dua orang sini.. hehe






Spoiler for 2. Nyari Panitia:
2. Nyari Panitia


Langkah selanjutnya adalah nyari anggota tim, ini bisa dibilang kita nyari teman lama yang sehati sama kita, dan nyari teman baru yang kompeten, kita harus nentuin juga posisi yang bagus sebagai penanggung jawab bagian apa si orang tadi, tapi sebelum itu semua, kita harus tau kekurangan diri kita tuh apa atau gimana, begitu udah tau baru deh nyari teman atau tim kerja yang bisa menutupi kekurangan kita, biar ntar kedepannya saling melengkapi dan masing-masing punya spesialisasi dibagiannya, btw ni cari tim apa nyari jodoh sih segitu amir nya...




Spoiler for 3. Base Camp:
3. Base Camp


Ini sepele sih, tapi bener2 dibutuhin, ya iyalah, base camp atau tempat seketariatan, klo kalian mo kumpul untuk bahas acara, klo udah ada base camp, kalian ga perlu ribet lagi nyari tempat, ga dikit-dikit buka google nyari tempat tongkrong, walaupun jaman sekarang banyak cafe yang cuma nawarin minuman segelas tapi nongkrongnya bisa setengah hari, hihihi. selain itu juga, basecamp bisa dijadikan tempat promosi kalau ada yang mau tanya2 atau mau pakai jasa EO mu, bisa tuh dialamatin ke basecamp untuk ketemuan, jadi kartu nama ada alamat kantor yang jelas, jangan lupa juga dikasih orang yang standby disana, biar klo ada apa-apa udah siap







Oke bro persiapannya itu aja, kita langsung ke TKP untuk buat acaranya, kita kasih contoh buat acara amal untuk menggalang dana korban banjir. Pertama kita ngobrol dulu sama tim kita, ada yang punya kenalan, saudara, orang tua yang tajir? Yang kerja di pemerintahan? Yang kerja di bidang komunikasi? Atau yang bisa ngasih kita support dalam berbagai segi untuk keberhasilan kita, syukur-syukur ada kan lumayan, karena sebagai EO kita harus benar-benar memanfaatkan koneksi yang kita miliki. Agendanya gini aja :


Spoiler for 1. Cari Venue:
1. Cari venue

Venue alias tempat acara, ya begitulah kira dua, kalo kalian punya banyak anggaran dana, so ga perlu khawatir lg sama tempatnya, soalnya tinggal milih sambil merem w,.. tapi jangan lupa gaes cari venue yang sesuai kebutuhan dan kriteria seperti


  • Kapasitas peserta atau tamu undangan itu pengaruh banget sama ntar besar venue nya, dan ntar ngaruh lagi sama besarnya anggaran jadi jangan nyia nyiain tempat besar tapi acara kecil, hampa deh jadinya.
  • Letak venue juga pengaruh, klo kalian buat acara yang ga terkenal lebih baik nyari tempat dipinggir jalan besar biar keliatan and rame, tapi klo kalian punya acara yang bakal laris kaya manggil top artis, walaupun kalian di pelosok pasti juga bakalan berjibun yang dateng kaya ada bagi bagi sembako gratis gitu.. hehehe
  • Fasilitas mas bro and mba sis, namanya fasilitas itu penting sebagai penunjang kesejahteraan acara, haiah, apalah.. jelas semakin banyak fasilitas yang diberikan sama penyedia tempat, semakin ringan pula pekerjaan kita,, cihuy asik bener...




Spoiler for 2. Tentukan tanggal:
2. Tentukan tanggal

Berasa kaya mo merit aja ya nyari tanggal segala, hahaha iya lah kata nenek moyangku yang seorang pelaut.. tanggal itu bisa menentukan acara lu berhasil sukses lancar atau kaga.. sepele ya.. klo menurut gue sih ga perlu pake primbon primbon atau kejawen sampe ke dukun segala lah, nyari tanggal pake logika aja.. misal pas weekend, pas tanggal muda, pas lagi liburan nasional, pas lagi libur sekolah, pas ada aja waktu buat ngebuat event.. haha




Spoiler for 3. Gandeng Sponsor:
3. Gandeng sponsor

Seperti yang sudah dicingcongkan diatas sana tadi, saatnya kita beraksi nyari sumbangan sana sini, idih realita aja lah jaman sekarang kita ga mau namanya nombok, klo mau malah harus untung.. mo kerja bakti lu? Hehehe just kidding lah.. hahaha




Spoiler for 4. Rundown Acara dan Pembagian tugas:
4. Rundown acara dan pembagian tugas

Nih yang bikin kita pusing tujuh keliling kaya mau towaf capek vroh hahah.. ni bakal penting, karena kita yang ngatur jalannya acara mana saat kita pemanasan mana saat kita sampai di klimaks.. hihihi serem, bener vroh klo mau klimaks lu biar greget pas sama momennya, harus diatur bener-bener tuh rundown. Pembagian tugas jangan lupa juga lah biar ntar koordinasi nya dapet , dan inget ditetapin dan ditentuin siapa yang jadi penanggung jawab dan tukang perintah.. jangan sampe ntar pas acara banyak yang main perintah seenaknya padahal bukan kewenangannya,, njir serem klo denger gitu haha




Spoiler for 5. Bonus biar Varokah:
5. Doa dari kedua orang tua atau wali

Yang terakhir ini bonus mas bro and mba sis... jgn lupa minta restu sama nyokap bokap kakek nenek om tante calon mertua atau calon pacar bagi yang belum mampu cari pacar.. hihi.. kata mak gue yang lahirnya udah jauh duluan dari gue.. setelah kita berusaha jangan lupa pasrah dibarengi tuh namanya doa.. semakin banyak yang bantu kita lewat doa semakin nyantol dah tuh keinginan.. hihih





Oke pren sekilas segitu aja tips dan trik yang dibagikan semoga bermanfaat bagi anak cucu kita.. sukses untuk kalian.. saya puput.. salam crot..









sumber.
Reply With Quote
Reply


Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off


Terkait
Thread Thread Starter Forum Replies Last Post
JUAL Event Organizer|Exibition|Mice|Talent Event|Rent Equipment|Travel & Tour Pegipegi Tour & Travel 0 22nd October 2012 09:20 PM
JUAL Event Organizer|Exibition|Mice|Talent Event|Rent Equipment|Travel & Tour Gospel2x Tour & Travel 0 22nd October 2012 08:59 PM
De Quadratic (Event Organizer, Event Planer & Public Relation) BudiKainpel Service lainnya 0 15th October 2012 12:00 AM
Jasa Event Organizer, Penyewaan alat - alat event dan Pesta Rookang Service lainnya 0 14th October 2012 11:43 PM
EVENT ORGANIZER COMMUNITY semuaya yg aktif dlm sebuah event gabung eocommunity Penawaran kerjasama 0 4th October 2010 10:21 AM

 


All times are GMT +7. The time now is 09:48 AM.