Ceriwis  

Go Back   Ceriwis > HOBI > Mobil & Motor

Mobil & Motor Diskusi antar pemilik mobil dan motor. Sharing tips dari mulai spareparts,kerusakan, hingga bengkel terbaik bisa didapat disini

Reply
 
Thread Tools
  #1  
Old 29th December 2015
Gusnan's Avatar
Gusnan Gusnan is offline
Moderator
 
Join Date: Jun 2013
Posts: 27,623
Rep Power: 49
Gusnan memiliki kawan yg banyakGusnan memiliki kawan yg banyakGusnan memiliki kawan yg banyak
Default Wajib Tahu, Empat Kelemahan Motor Skuter Matik





Makin sering motor dipakai, makin pendek umurnya.



Ilustrasi. (Dokumentasi AHM)








- Dewasa ini, skuter matik merupakan sepeda motor yang kerap digandrungi masyarakat di Tanah Air. Alasannya, tentu karena penggunaannya yang mudah, tinggal puntir gas dan rem.


Namun demikian bukan berarti motor jenis matik sempurna, karena juga memiliki sejumlah kelemahan. Hal ini karena bentuknya dan cara kerja sebuah skutik. Meski sudah diuji kelayakan sebelum dipasarkan, namun tetap saja semua komponen pasti punya masa pemakaian.

Makin sering motor dipakai, makin pendek umurnya. Apalagi jika malas atau lupa melakukan perawatan, dijamin skutik bakalan langsung ngambek. Setidaknya, ada empat komponen pada skutik yang rawan alias rentan mengalami masalah musiman. Apa saja? Berikut seperti dilansir WeloveHonda, Senin 28 Desember 2015.

Pertama, adalah drive belt. Onderdil ini salah satu ”kelemahan” skutik. Karena tugasnya menghubungkan mesin dengan penggerak roda, sabuk khusus ini harus selalu dicek dengan jarak kilometer tertentu. Jika putus, tentu sangat merepotkan pemiliknya.

Kedua, ban. Karena diameter lebih kecil dibandingkan motor bebek atau sport, ban akan berputar lebih banyak dan aus alias kebotakan akan lebih cepat.

Ketiga, rem. Banyak biker skutik biasanya lebih sering menggunakan rem. Tak sedikit pula biker yang sering tarik ruas rem meski skutik tengah berjalan. Kebiasaan-kebiasaan inilah yang membuat kampas rem jadi cepat habis.

Keempat, kopling. Prinsip kerja skutik pada dasarnya mirip dengan jenis motor lain. Tapi karakteristik kopling di skutik berbeda dengan banyaknya bagian yang berputar. Mulai mangkuk kopling, roller, per, dan sebagainya. Jika Anda tak rajin melakukan perawatan secara berkala, tentu saja masalah besar termasuk dana yang besar akan menanti Anda.

Reply With Quote
Reply


Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off


 


All times are GMT +7. The time now is 08:17 AM.


no new posts