Ceriwis  

Go Back   Ceriwis > DISKUSI > Business

Business Segala topik apapun tentang bisnis di bahas di dalam sini

Reply
 
Thread Tools
  #1  
Old 30th October 2013
faztrack faztrack is offline
Member
 
Join Date: May 2013
Posts: 71
Rep Power: 0
faztrack mempunyai hidup yang Normal
Default Building Reputation Management Dalam Social Media

Kesuksesan kampanye penjualan secara online sangat ditunjang oleh perencanaan dan strategi yang baik. Media online dengan berbagai karakteristik yang unik memang menjanjikan suatu pasar yang prospektif dan luas. Namun ternyata, membangun perencanaan matang dan strategi saja belumlah cukup. Mengapa ? Apapun medianya, bisnis adalah soal kepercayaan atau trust. Dan kepercayaan ini tumbuh tidak dengan sendirinya, melainkan harus ditanam dan dipupuk layaknya tumbuhan.

Salah satu yang menunjang tumbuhnya kepercayaan pelanggan pada anda, adalah reputasi. Ya, reputasi atau citra. Sehebat apapun produk anda, segencar apapun kampanye yang anda lakukan, dan sejitu apapun strategi yang anda terapkan, jika anda memiliki reputasi buruk, semua menjadi percuma. Penjualan anda akan stagnan, kampanye seakan mandeg dan strategi menjadi tumpul. Kenapa ? Target anda adalah pelanggan, jika anda memiliki reputasi buruk, secara otomatis pelanggan akan menutup pintu untuk anda.

Oleh karenanya reputation management adalah hal yang harus anda perhatikan benar-benar, khususnya dalam dunia maya. Apalagi jika kampanye anda menggunakan media social, dimana jalur komunikasi yang terjadi adalah many to many, sehingga dibutuhkan controlling yang ekstra. Berikut ini beberapa langkah sederhana yang dapat Anda ambil dalam upaya menjaga reputation management dalam kampanye di media social :

Quote:
1. Terbuka dan responsif terhadap setiap pertanyaan maupun keluhan pelanggan. Salah satu tolak ukur disini adalah kecepatan respons, semakin cepat anda merespons, maka akan menjadi poin plus bagi reputasi anda.

2. Humble, sadarilah bahwa anda tidak akan bisa memuaskan semua orang. Oleh karenanya, bersikaplah rendah hati pada orang yang tidak puas dengan pekerjaan dan jasa Anda. Tanggapilah setiap kecaman dan kritikan dengan sesopan mungkin. Emosi dan berkata kasar membalas kritikan konsumen hanya akan membuat reputasi anda semakin buruk.

3. Lengkapi profil anda dengan seluruh data kontak anda yang ter-update. Informasikan setiap perubahan kontak pada halaman anda. Hal ini menunjukkan keseriusan anda dan sekaligus akan menambah nilai kepercayaan dan mengangkat reputasi anda di mata pelanggan.

4. Gunakan bahasa yang netral, hindari pembicaraan mengenai wilayah sensitive, seperti agama, ras dan lainnya. Jangan pula menunjukkan keberpihakan anda pada sesuatu yang tidak berkaitan dengan produk yang anda kampanyekan.


SUMBER



Reply With Quote
Reply


Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off


 


All times are GMT +7. The time now is 04:20 PM.


no new posts