Ceriwis  

Go Back   Ceriwis > Jual Beli > Automotive > Kendaraan Roda Empat ( Mobil ) > Merk lainnya

Reply
 
Thread Tools
  #1  
Old 17th October 2013
Rosa1856's Avatar
Rosa1856 Rosa1856 is offline
Ceriwis Pro
 
Join Date: Oct 2013
Posts: 2,881
Rep Power: 15
Rosa1856 mempunyai hidup yang Normal
Default Waspada Membeli Mobil ( BMW ) Bekas Umur diatas 5 tahun , Mewah , Murah , Sih...TAPI



Sekitar sebulan ini gw hunting mobil BMW 2nd, targetnya seri 5 tahun '92-'96 (E34 Mesin M50B20). Pada pandangan pertama, BMW Seri 5 ini sangat menggiurkan, tongkrongan mobil mewah yang sangat kental, fitur lengkap, dan interior yang nyaman dan yang paling penting yaitu harga pasarannya pun cukup rendah, 30 jutaan untuk tahun 92-an dan 50 jutaan untuk tahun 95. Harga pasaran bekasnya lebih murah dari kijang!



Hunting pun dimulai. Berhubung saya di Bandung, iklan mobil saya dapat dari iklan di koran P.R (Pikiran-rakyat). Iklan pertama yang saya datangi adalah BMW 520i tahun 93, warna merah maroon. Pas liat barangnya, eksterior, interior tampaknya masih OK, untuk mobil seharga 37,5jt rupiah.



Gw jadi nyesel "Wah kenapa gak dari dulu yah ganti BMW, cuma 37,5 jt....seharga pasaran mobil kijang super '91 saya. Tapi kan BMW lebih nyaman dan gengsi PASTINYA"



Tapi tunggu dulu...pas liat kolongnya , kok ada oli netes dari blok mesin. Baru inget kalau BMW 520i M50 ini 6 inline 6 (silinder segaris) , tapi mobil yang saya liat ini kok getaran ketika langsam, halusnya tidak jauh dengan mesin 4 silinder....Padahal mesin 6 silinder ketika langsam harusnya sangat halus nyaris tidak bergetar.



"Hmmm jadi mikir-mikir lagi nih...."



Oli menetes dari blok mesin bagian atas (silinder head) pertanda minimal packing silinder headnya sudah rusak...



Getaran kasar ketika langsam salah satunya bisa disebabkan karena kompresi antara silinder sudah tidak seragam, ada yang sudah lemah. Istilah langsam(RPM 800) bergetar hebat buat Mesin Inline 6 itu mesinnya terlihat goyang karena getaran. Tandanya udah ada yang nggak normal, soalnya inline 6 normalnya pas langsam nyaris tak bergetar....



Dan saya liat ujung saluran kenalpot saya colek dengan tangan cukup banyak sisa karbon yang menempel di tangan saya, untuk mobil karburator mungkin masih normal, tapi buat ukuran mesin teknologi Injeksi ini pertanda ada yang nggak beres di sistemnya.



Wew...pertanda harus turun mesin itu sih. Liat di forum-forum otomotif, turun mesin BMW untuk mesin tipe ini biaya berkisar 5-20 juta tergantung kerusakan. Wah mau ngirit beli mobil murah bisa jadi boros buat biaya service....Batal deh beli mobil mewah 2nd yang dulu harga barunya USD 40.000(440 juta rupiah), males ah ngebener-benerin cari yang lain aja ah yang udah bagus. Yah kalau lagi beruntung biaya ngebenerin cuma beberapa juta, tapi kalau lagi buntung sampe kena belasan juta rupiah males juga.



Nah Berhubung di Bandung yang jual mobil 2nd BMW seri 5 jarang , jadilah kemudian gw hunting BMW Seri 3 juga. Kondisi Seri 3 ternyata lebih parah, harga pasaran BMW seri 3 untuk tahun yang sama lebih tinggi untuk tahun 1992 sekitar 45 jutaan, tahun 95 60 jutaan, tahun 98 75 jutaan. Lebih parah kenapa? harga jual tinggi tidak menjamin kondisi barang bagus, hari ini saya mendatangi penjual yang hendak menjual mobil Seri 3 320i nya dengan harga 62 juta, TAPI, dengan kondisi oli menetes dan langsam bergetar parah untuk ukuran mesin inline 6. Lebih baik beli 520i yang 37,5 jt dong, rusaknya sama tapi murah he he....Ada juga sih yang mesinnya bagus 320i '95, tapi kemahalan ah, bodinya udah banyak goresan sana-sini, ada totol totol kayak ketumpahan cat segala, mintanya 65 juta, saya tawar 50 juta tidak dikasih, yah terserah yang jual aja lah, kalau harga segitu sih gw nggak mau beli.



Pasti seneng kan kalau bisa beli mobil 2nd dengan harga relatif murah tapi KM rendah atau masih sangat rendah. Tapi kalau nggak bukti otentik ada Service Record dari bengkel resmi, KM rendah itu cuma rekaman angka yang tidak berarti. KM tinggi sebenarnya tidak masalah, tapi itu berarti butuh tambahan biaya untuk servis.



Survey dari kondisi mobil, gambaran kasar keadaan mobil berdasarkan KM kira-kira:



50-100ribu= Mobil masih bagus banget, interior hampir ada cacat. Mesin masih halus nyaris tak bergetar.



100-200ribu=Interior masih bagus tapi kalau diperjhatikan lebih detail terlihat bekas aus dipake di sana-sini. Mesin mulai bergetar kasar dan biasanya butuh service besar.



Biar yakin aslinya udah berapa KM gampang sih, musti keluar duit emang, general checkup aja di Bengkel Resmi BMW, nanti ketahuan kondisi mobil sebenarnya kayak apa. Relatif murah kok cuma 500 ribu tapi kita bisa tahu persis BMW yang akan kita beli BMW atau besi tua yang ada logo BMW alias "Bahan".



Sampai saat ini masih hunting, belum nemu yang pas di hati dan juga pas di kantong soalnya he he.....



Moral of the story : Membeli mobil bekas menyenangkan, terutama mobil mewah yang dulu harga barunya tidak terjangkau oleh gw. TAPI jangan sekedar tergiur oleh tongkrongannya yang mewah soalnya kalau salah pilih bisa-bisa lebih biaya servis mendekati atau lebih mahal dari harga mobilnya sendiri. Terutama kalau Beli BMW jangan cari yang murah, tapi cari yang bagus syukur-syukur dapet murah he he....



Update:



Katalog harga spare parts ori BMW : http://bmwfans.info/parts/catalog/



Toko online yang jual spare parts KW BMW: http://www.pelicanparts.com/bmw/index.htm



Perbandingan BBM : http://www.fueleconomy.gov/feg/findacar.htm


Reply With Quote
Reply


Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off


 


All times are GMT +7. The time now is 12:25 PM.


no new posts