Ceriwis  

Go Back   Ceriwis > DISKUSI > Business

Business Segala topik apapun tentang bisnis di bahas di dalam sini

Reply
 
Thread Tools
  #1  
Old 20th June 2013
faztrack faztrack is offline
Member
 
Join Date: May 2013
Posts: 71
Rep Power: 0
faztrack mempunyai hidup yang Normal
Default Tiga Tips Awal Sukses Dalam Online Business

Seiring pergeseran pasar yang prospektif saat ini beralih ke dunia maya, hampir seluruh bisnis baik besar maupun menengah dan kecil yang terjun dan memanfaatkan peluang pasar dunia maya dalam perkembangan bisnisnya. Sebelum benar-benar berkecimpung dalam dunia online, ada baiknya anda memperhatikan tiga hal berikut ini :

1. Research & Planning
Riset secara mendalam dan komprehensif serta menyusun perencanaan yang spesifik dan terukur adalah sesuatu yang wajib anda lakukan sebelum terjun ke dunia online. Beberapa contoh pertanyaan untuk diaplikasikan disini, misalnya : apa objective bisnis anda, bidang online mana yang paling tepat untuk bisnis anda, apa saja yang diperlukan untuk bisnis anda, berapa banyak competitor anda, dan seterusnya. Semakin detail dan mendalam riset yang anda lakukan, menunjukkan bahwa anda semakin siap terjun ke dalamnya. Seperti semboyan NAVY Seal : semakin banyak kita berkeringat dalam latihan, maka semakin sedikit kita berdarah dalam pertempuran nantinya.

2. Listening & Monitoring
Mendengarkan konsumen, apapun yang dikeluhkan dan disampaikan adalah salahsatu kunci keberhasilan bisnis. Saat konsumen anda merasa tidak didengarkan oleh anda, maka saat itulah ia berhenti menjadi pelanggan anda. Dengan mendengarkan kita bisa mengetahui posisi, kekurangan dan kelemahan kita dalam pasar, dan ini adalah nilai yang sangat berharga untuk memulai perbaikan secara berkesinambungan. Jadi jangan pernah menutup telinga anda untuk konsumen.

Monitoring disini maksudnya adalah, dalam bisnis online, kita harus selalu up-to-date dengan isu terkini dan perkembangan pasar. Pengetahuan dan pemahaman kita akan kondisi pasar dan konsumen akan sangat berharga bagi perkembangan brand kita. Monitoring juga merupakan bagian yang wajib anda lakukan agar pengendalian citra brand dapat terus dilaksanakan, khususnya dalam lingkup media social online.

3. Join Into Social-Talk
Media sosial menyajikan jalur komunikasi percakapan yang sangat plural. Oleh karenanya, bergabung dan menjadi bagian dari percakapan tersebut adalah sangat signifikan untuk menjaga reputasi brand. Dalam membangun komunikasi dalam media social ini setidaknya ada tiga hal yang perlu anda perhatikan :
  • Prepare topik yang ingin dijadikan bahan percakapan (mirip ada perencanaan dalam editorial surat kabar). Alihkan bila terlalu jauh menyimpang dari pembahasan awal.
  • Komitmen. Senantiasa muncul dan menjaga kontinuitas serta frekuensi dalam percakapan. Jangan hanya muncul sekali-sekali lalu hilang lagi. Apalagi kalau banyak orang bertanya seputar merek maupun produk.
  • Bersikap transparan. Tunjukkanlah secara transparan apa yang Anda kerjakan di dunia offline. Apalagi umumnya pelanggan media social sudah sangat cerdas dan well-informed.

- See more at: http://gofaztrack.com/motivaksi/tiga...line-business/

Reply With Quote
Reply


Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off


 


All times are GMT +7. The time now is 01:20 AM.