Ceriwis  

Go Back   Ceriwis > HOBI > Mobil & Motor > Motor

Motor Wadah berkumpulnya pecinta, hobby, pemilik Motor.

Reply
 
Thread Tools
  #1  
Old 20th October 2012
KabelBusi's Avatar
KabelBusi KabelBusi is offline
Ceriwiser
 
Join Date: Oct 2012
Posts: 956
Rep Power: 14
KabelBusi mempunyai hidup yang Normal
Default Tips Merawat Motor

Cek Kondisi Oli



Oli mesin ini sangat penting peranannya untuk melumas komponen-komponen mesin, seperti stang seher, seher, dan ring seher, kruk as dan noken as atau stang klep. Jika keberadaan minyak pelumas sudah berwarna kehitam-hitaman atau kelenturan daya lumasnya berkurang, maka sebaiknya diganti. Ganti oli secara berkala dan gunakan sesuai dengan rekomendasi pabrikan.



Cek Kondisi Aki



Jangan biarkan air accu melewati batas maksimum dan minimum yang akibatnya bisa mempercepat kerusakan pada sel-sel accu. Tambahkan aki pada pagi hari.



Jangan biarkan baterai atau accu yang sudah mulai melemah, segeralah menggantinya, bukan hal baik jika anda tetap memaksa menggunakannya. Jika tetap dipaksakan kedua kutub positif dan negatif akan mengeluarkan korosi (serbuk putih) yang akan menjalar ke bagian kabel-kabel utama yang menghubungkan arus listrik ke saluran lampu, dinamo, atau bagian-bagian lainnya.



Jika memang motor anda mengalami hal tersebut, arus listrik yang dihantarkan baterai atau accu tidak sempurna akan menyebabkan kerusakan pada komponen dinamo, kontak mesin maupun switch lampu. Satu hal yang perlu diperhatikan jika accu sudah lemah atau tidak mampu di starter dan distarter, jangan memaksa mendorong sepeda motor untuk menghidupkannya sebab hanya akan merusak gigi transmisi.



Periksa Rantai dan Gir



Jangan biarkan rantai terlalu kendor, atau terlalu kencang. Terlalu kendor bisa membuat rantai copot dari girnya, sementara terlalu kencang bisa mengakibatkan putus rantai. Cek juga kondisi gir, jika sudah tajam segera ganti karena jika tidak rantai bisa tiba-tiba putus. Bahaya kan, kalo lagi ngebut tiba-tiba putus rantai?



Periksa Kabel Koil dan Busi



Perhatikan keberadaan kabel koil yang menghubungkan arus listrik ke busi. Cepat ganti kabel yang kelihatannya sudah cukup umur dan banyak terlihat keretakan dan pengerasan pada kabel. Jangan lupa perhatikan keberadaan busi karena busi sangat vital untuk kelancaran sebuah mesin kendaraan.



Perhatikan Selang Bensin



Selang bensin ke karburator juga merupakanm komponen yang layak diperhatikan. Jangan membiarkan kondisi selang bensin mengeras atau terjadi retakan-retakan, karena bagian dalam selang bisa jadi sudah tidak elastis dan mengakibatkan serbuk kotoran yang berasal dari selang terbawa ke karburator. Pada akhirnya akan terjadi penyumbatan suplai bensin dari tanki ke karburator sehingga mengganggu sistem pembakaran.



Panaskan Mesin paling lama 2 Menit




Panaskan mesin sebelum motor dijalankan, tak perlu lama-lama cukup 1-2 menit agar sirkulasi oli bisa melumasi seluruh bagian dalam mesin yang bergerak. Jangan terlalu lama memanaskan karena akan membuat pipa knalpot menguning selain itu Anda pasti tak mau buang-buang bensin khan?.



Periksa tekanan angin ban



Jangan terlalu keras dan juga jangan kurang karena bisa berakibat kembang ban motor rusak.



Gunakan Selalu Sparepart Asli




Lebih baik mahal sedikit, tapi puas dan tahan lama daripada memakai yang tidak asli, meski murah tapi tapi daya tahan kurang.



So tidak sulit bukan, asal anda rajin merawat motor dengan benar pasti motor kesayangan Anda senatiasa tampil prima.







Nambahin,,.....

Jangan lupa rajin-rajin nyuci dan moles.... biar tetep kinclong n enak dilihat......

Kan enak pake motor mesinnya terawat n bodynya bersih....







Ga nolak ijo-ijonya






[/spoiler]
Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for sumber:






habibie_u2



super moderator www.otomotifnet.com/otoforum

member of Otomotif Grup, Kompas Gramedia Grup














[/quote][quote]






Originally Posted by rounin



gue tambahin...





jangan lupa cek baut bodi secara berkala! bro mungkin gak nyadar kalo baut bodi tuh suka gampang kendor.. entah itu bautnya slek or gimana, buat mastiinnya ya cek aja secara berkala (kalo gue sih biasanya abis nyuci)

inget! kalo ngencengin bautnya jangan terlalu kenceng banget, entar yang ada dudukan bautnya retak..









numpang ngasih tips yah :




[spoiler=open this] for KUMPULAN TIPS UTK MOBIL ANDA:






Numpang Jualan

Stiker Mobil / Motor Rare Stuff



Beberapa Tips Berguna Utk Mobil Anda

tips merawat wiper



tips menghadapi overheat



tips merawat power steering



copotan center



tips ganti velg



tips memilih velg bekas



10 tips merawat ban mobil anda



tips memilih ban bekas



tips membeli mobil bekas dengan cerdas



tips merawat ac mobil



tips agar terhindar dari montir nakal



tips bila terjadi kecelakaan



Tips Utk Motor

tips merawat motor













Reply With Quote
Reply


Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off


 


All times are GMT +7. The time now is 03:17 AM.


no new posts