FAQ |
Calendar |
![]() |
|
Motor Wadah berkumpulnya pecinta, hobby, pemilik Motor. |
![]() |
|
Thread Tools |
#1
|
||||
|
||||
![]()
Misi gan, ane mau berbagi sedikit informasi mengenai karburator... ------------------------------------- Mohon ![]() ------------------------------------- Bukti NO REPOST gan... [/spoiler][spoiler=open this] for : ![]() Uploaded with ImageShack.us [/quote] Quote:
Para clubon, saya akan sharing bagaimana cara setting karburator, beberapa orang kadang berpikir menyetel karburator adalah pekerjaan yang sangat gampang. Ganti jet-nya setingkat atau dua tingkat, meniru setelan karburator orang lain yang sudah ketemu dan BOMM!! Mesin motor melaju kencang. Hmmm� mungkin iya pada mesin standard ataupun mengalami modifikasi ringan. Tapi masalahnya jika untuk balap, tidak terdengar semudah itu. Karena ada banyak variasi dari setingan idle jet, needle jet, posisi clip, main jet, power jet, level bahan-bakar (set up pelampung), dan lain-lain dan sebagainya. Menurut perhitungan statistika, ada sekitar 13,860,000 kombinasi jeting dalam sebuah karburator. Jika mau bermain karburator setidaknya siapkan mental, waktu dan tenaga untuk menyelaraskan semua kinerjanya. Disini saya akan membantu dengan sedikit pengetahuan dasar yang saya miliki untuk penyetelan karburator untuk mempermudah teman clubon dalam menemukan fine tuning, dan bisa diaplikasi untuk mensetting ulang karburator yang mesinnya ud pernah dimodif. KARBURATOR VENTURI Coba perhatikanlah karburator, ternyata kamu akan menyadari karburator hanyalah sebuah lubang besar dari satu tempat ke tempat lain, nah itu yang dinamakan venturi. Udara masuk ke dalam mesin melalui lubang ini (venturi). Sebagaimana kecepatan udara memasuki karburator meningkat, tekanannya justru menurun, yang kemudian menimbulkan kevakuman di area venturi. Kevakuman ini bergerak seiring bukaan skep (throttle), dan menghisap bahan-bakar melalui jet yang berbeda-beda pada sistem karburator. Udara dengan bahan-bakar akan bercampur di area venturi. Dimana posisi jet ditempatkan dan pengeluarannya pada venturi menghasilkan kontrol terhadap respon bukaan gas. Sistem langsam ( pilot jet, dan setelan skrup udara) mengontrol hingga bukaan skep 25 %. Di Jarum skep, posisi clip dan nozzle karburator mengontrol dari 15 % bukaan gas hingga 80 %. Main jet mengontrol bukaan gas penuh atau berefek mulai dari bukaan gas 60 % keatas. Namun ada hal yang harus diingat dalam menyetel karburator, kesemua bagian adalah interconnected (terhubung satu dengan lain) sehingga penggantian sebuah part ini akan mempengaruhi kinerja sistem lainnya. Bekerja hati-hati, dan teliti adalah kuncinya. Terlebih organ-organ karbu kecil-kecil jadi Anda harus tetap teliti. CARB TUNING SET UP KARBURATOR, berikut : Untuk bukaan gas dari kondisi tertutup hingga seperempat bukaan skep Ganti pilot jet / idle jet untuk mengatur campuran Setel ulang skrup udara untuk penyempurnaan aturan ( 1 � hingga 2 putaran keluar dari posisi menutup penuh) Dari posisi seperempat bukaan hingga sepertiga bukaan gas Setel posisi klip jarum skep Ganti tipe jarum skep Dari posisi sepertiga bukaan gas hingga bukaan penuh Ganti ukuran main jet untuk menyetel campuran udara bahan-bakar Ganti ukuran power jet (jika ada) untuk menyempurnakan campuran udara-bahan bakar Bukaan gas separuh hingga bukaan gas penuh Lakukan penyetelan campuran udara/bahan-bakar dengan penggantian mainjet, jarum skep, atau seting posisi klip jarum skep Lakukan pengecekan (baca) hasil pembakaran untuk melihat apakah setelan sudah tepat atau belum Jika Anda menemukan beberapa persoalan seting karburator, berikut: Permasalahan : Saat stasioner keluar asap hitam dari knalpot. Kondisi setelan : Terlalu basah Metoda koreksi : � Putar keluar skrup setelan udara untuk memperbanyak campuran udara masuk � Ganti pilot jet ke nomor lebih kecil � Ganti jarum skep dengan model yang lebih gemuk Permasalahan : Saat stasioner RPM tidak stabil. Mesin berlari tersendat. Kondisi setelan : Campuran terlalu miskin Metoda koreksi : � Putar setelan skrup udara searah jarum jam (menutup) untuk memperkaya campuran. � Ganti ukuran pilot jet ke angka yang lebih besar � Ganti jarum skep ke diameter lebih kecil atau bentuk lebih runcing untuk memperkaya campuran bahan-bakar. Permasalahan : Ketika berakselari motor tersendat-sendat Kondisi setelan : Basah Metoda koreksi : Kecilkan ukuran mainjet Permasalahan : Ketika motor dijalankan akselerasi lemah Kondisi setelan : Kering Metoda koreksi : Ganti dengan ukuran mainjet lebih besar Permasalahan : Gas bukaan penuh, Kecepatan bertambah sangat pelan, mesin terasa datar, dan busi tampak basah kehitaman Kondisi setelan : Terlalu Kaya Metoda Koreksi : � Setel campuran dengan menggunakan main jet lebih kecil, terus check kondisi kepala busi hingga warna terkoreksi Permasalahan : Pada posisi seperempat bukaan gas mesin ngambang dan RPM tidak dapat teriak. Kondisi setelan : Kering Metoda koreksi : � Pakai dimensi jarum skep lebih kurus untuk memperkaya campuran bahan-bakar � Putar skrep setelan udara searah jarum jam untuk memperkaya campuran Sumber Terkait:
|
![]() |
|
|