
20th October 2012
|
 |
Ceriwis Pro
|
|
Join Date: Oct 2012
Posts: 2,027
Rep Power: 15
|
|
[UPDATE] KONDISI jalan PANTURA dan TITIK-TITIK yg HARUS DIWASPADAI
"BE a SMART & SAFETY DEFENSIVE DRIVER GANs !!!"

update
[/quote]
Quote:
Originally Posted by nos.ky

Jalur selatan Bandung - Surabaya
Minggu 4 Juli 2010
Perlu diwaspadai:
1. Banjar, ada pelebaran jalan...
2. Majenang, jalan bumpy dan setidaknya ada 2 titik perbaikan jalan yang mengharuskan buka tutup lajur, macet.
3. Bypass Purworejo, lubang jahanam plus bumpy.
4. Wates, perbaikan jalan. Buka tutup lajur juga.
5. Caruban, bumpy (ini dari jaman dulu)
Selain itu, semua lancar... Jalanan mulus.
Note: perhatikan jam berangkat,
nagrek buka tutup lajur, malam itu saya hitung macet sekitar 4 km, dengan waktu terbuang 1 jam.
Prambanan Jogja, sumber macet 2 arah, apalagi dimusim liburan begini.[right] [/RIGHT
|
Quote:
Originally Posted by Moerdjangkoeng

laporan dulu ah...
rute jakarta - oslo - paiton - denpasar
jakarta - oslo :
berangkat ba'da subuh menuju oslo nekat lewat pantura walo udah tau kondisinya betul-betul luarrrrr binasa 
titik sumber macetnya :
- tol cikampek mulai dari KM29 sampe outramp cikarang dipastikan jadi sumber macet karena ada pelebaran jalan
- jelang patrol macet kurang lebih 5 km karena perubahan jalur yang tadinya 2-2 jadi 1-1, kalo kondisi kaki-kaki mobil bagus & berani nyelip bisa lewat jalan dipinggir sawah (ada penduduk yang ngasih tau bisa lewat situ trus kembali ke jalan utama yang masih macet kira-kira 1 km sebelum pergantian jalur)
- jelang tol palimanan ada 2 opsi... keluar kanci lewat jalan biasa menuju brebes atau setelah gate tol kanci ambil lurus melalui tol bakrie (ane sendiri yang ngasih nama karena ada spanduk build by bakrie construction ) dan keluar sebelum brebes (kira-kira 6 - 8 km sebelum kota brebes)
- peralihan jalan terus ada sampe keluar pekalongan km 15, kondisi jalan terparah waktu melewati dalam kota Tegal
- keluar pekalongan km15 sampe semarang - oslo kondisi jalan normal tapi lmayan terhambat karena banyak truk yang overload.
- dari jakarta berangkat jam 4.45 & tiba di oslo jam 19.25, gaya nyetir rada santai... pastikan booking hotel dulu kalo mau lewat pantura & berhenti istirahat di solo atau semarang terutama waktu bulan puasa.
- di solo hotel tempat langganan nginep namanya Hotel Baron Indah, cukup reccomend dari akses jalan, harga kamar & fasilitas sebanding.
oslo - paiton :
kalo mau terus liburan ke bali bisa pertimbangkan rute yang ane lewatin, problem rutenya antara lain.
- lepas dari karanganyar sampe nganjuk jalanan lumayan bumpy, sekali lagi perhatikan dan pastikan betul kondisi kaki-kaki mobil sehat. tapi kalo berangkat menuju arah surabaya dibawah jam 8 kondisi jalan relatif sepi & mobil bisa digeber sampe 110 kpj kalo berani.
- ke arah timur ada 2 pilihan rute melewati Madiun atau langsung menuju Caruban, kalo mau sambil berwisata silahkan mampir ke musium kereta api di Madiun atau langsung bablas ke arah Caruban tanpa melalui Madiun.
- setelah melalui Caruban menuju timur (surabaya atau bali misalnya) ada 2 pilihan melewati Mojokerto-Sidoarjo atau lewat Mojosari langsung ke Gempol.
perlu diperhatikan kondisi Sidoarjo - Gempol macet parah, saran ane lebih baik bablas Mojosari sampe mentok di simpang 3 Gempol (dekat pasar) lalu ambil arah jalan menuju malang, selanjutnya bisa nanya penduduk sekitar soal jalan tikus yang langsung menuju jalan raya Pasuruan (jelang bunderan simpang 5 keluar tol surabaya) atau ikutin cara ane.
tanya GPS organik alias tukang ojek trus nodong minta tolong kasih tau jalan tikus tercepat menuju jalan raya pasuruan (jadi pemandu), biasanya "sang" GPS minta 15.000 - 20.000 (ane langsung nambahin jadi 30 ribu karena rute yang dikasih tau sama si "GPS" cuma makan waktu kurang-lebih 8 menit sampe di jalan raya Pasuruan)
- di jalan raya Pasuruan hingga kota Pasuruan kondisinya sangat mulus bahkan mobil bisa digeber sampe 120 kpj (kalo supirnya punya nyali adu kebut sama bis AKAP)
- selepas pasuruan KM 24 kondisi jalan mulai amburadul sampe selepas kota Probolinggo (KM21) juga musti hati-hati sama bis & truk tonton yang overload & kecepatannya under 60 kpj susah disalip karena di jalan yang sama dari arah sebaliknya selalu ramai.
- karena truk yang lelet akhirnya mandek di Paiton buat istirahat, hotel yang bisa ane rekomendasi (karena nginepnya disitu ) cuma Paiton Resort Hotel yang posisinya ada di sebelah kiri jalan menjelang PLTU Paiton. harga kamarnya sedang tapi kondisinya bagus & bersih.
- waktu yang ane pake berangkat dari oslo jam 8.30 pagi dari hotel Baron Indah sampe ke Paiton Resort Hotel jam 19.23
Paiton - Denpasar :
selepas dari hotel dianjurkan berangkat sebelum jam 9.30 pagi supaya nggak tertahan lama menjelang pelabuhan ketapang.
- berangkat dari paiton resort jam 8.35 langsung menuju pelabuhan ketapang, melalui rute pinggir pantai. jalannya mulus sampe selepas kota situbondo (kecepatan maks. yang dicapai 115 kpj)
hati-hati ketika melewati jalur sepanjang pantai karena udara pagi lumayan sejuk juga kondisi jalan yang halus bisa bikin orang terlena.
- selepas situbondo menuju ketapang jalannya "bumpy" & "berjerawat" tapi bisa sedikit lega ketika lewat area taman nasional baluran.
mayoritas kondisi jalan mulus juga banyak tikungan tajam, karakter jalan mirip seperti jalan raya subang-bandung & ciawi puncak-pass. ditemui juga jalan yang bergelombang + sedikit rusak di area taman nasional Baluran ini.
- lepas dari area baluran sampe ketapang jalannya kebali jelek + ada beberapa ruas jalan yang dihentikan karena ada perbaikan jalan sampe 2 km jelang pelabuhan ketapang
- nyebrang ke bali jangan lupa STNK, SIM & KTP yang diperiksa sebelum masuk dan sesudah keluar dari pelabuhan ketapang & gilimanuk.
- jelang Negara arah denpasar kembali musti hati-hati karena jalur sempit, kombinasi tikungan tajam, rusak parsial + sepeda motor & truk yang overload susah disalip.
- jelang denpasar jalannya lumayan mumet karena adanya sistem jalan 1 arah sama persis kaya kondisi bandung tiap hari sabtu - minggu.
dah segitu aja.... foto menyusul.
|
Quote:
Originally Posted by fajarpecintabis

Kalo kayak gtu, mau gak mau, jalan pantura udah kayak gtu kali. Rusak. Banyak Perbaikan sana sini. Pas aspal baru, 1-3 bulan aja udah ditambalin lagi. Gak enak ngeliatnya. Ini nih jalan yg udah diaspal baru tpi sdh ditambalin lagi.
- SPBU Darussalam 3 - sebelum jembatan Cibalangga (udah Dipisah pake Pemisah Jalan)
- Setelah Cibalangga - Aspalan tahun 2004 (pokoknya sebelum Ciasem)
- Jalan Raya Sukro - Lohbener (Baru dilapisi lagi 1-3 tahun, udah ditambal lagi)
- Kertasemaya - Arjiwinangun (Katanya sih udah diperbaiki lagi, padahal masih baru lo. 3-5 Tahun pengaspalannya.)
- Setelah ada perbaikan di Tegal. Jalan yg udah di kasih 4 lajur. Padahal baru setahun tuh. Udah Retak dan ditambalin lagi
- Jalan Pemalang - Wiradesa (sama kayak sebelumnya Diaspal tahun 2007-2008 lah. Udah retak juga tuh)
Makanya gw pikir-pikir, jalur nasional koq kayak gini, gitu. Apa Overload ama Truk Gede, Dranisasi yg mampet (Ane liat kagak ada got sepanjang jalur itu), karena kekuatan pemuaian lemah (biasanya suhu jalur Pantura sering sundul terus ke atas, palagi siang), jalannya gak dilapisi kapur dulu baru dibeton, apa pemerintah ngatasinya kurang memuaskan? Itu yang pikirin sekarang.

Halo KASKUS-ER sekalian, Thread ini adalah kelanjutan dari
didalam Thread ini nantinya akan diberikan INFORMASI-INFORMASI yang diberikan oleh ceriwisser mengenai kondisi JALAN PANTURA dan TITIK-TITIK RAWAN yang harus diwaspadai, dan apabila tidak ada hal yang mengganggu diusahakan agar Thread ini dapat TS update secara berkala jadi dimohon ceriwisser juga turut berkontribusi dalam memberikan informasi2 terbaru secara PERIODIK..
Di Thread ini memang difokuskan untuk jalur pantura, akan tetapi tidak menutup kemungkinan apabila ada informasi2 tentang jalur2 lainnya seperti : jalur lintas barat/timur Sumatra, Jalur Selatan Jawa, dll tinggal nanti tinggal dibuat cluster2 khusus agar informasi menjadi lebih mudah dibaca.
-semoga thread ini bermanfaat-
cth :
|
[quote]
FORMAT PEMBERIAN INFORMASI
Tanggal = 17 April 2010
Wilayah (Kota/Kabupaten/Daerah) = JALAN TOL PLUMBON - KANCI (Kerusakan sepanjang 7 km)
Jenis Kerusakan = JALAN BERLUBANG besar
Titik2 Rawan = Kerusakan terparah terdapat di ruas Plumbon-Tegalkarang Km 214-207. Kondisi yang sama terjadi di ruas Ciperna-Plumbon di Km 220 dan Km 217-216. Lubang jalan berdiameter 50 cm dengan dalam 15 cm. Di pintu keluar Tegalkarang, jalan dipenuhi lubang berdiameter sekitar 30 cm.
Jalan Alternatif =
- Masuk pintu tol selanjutnya..jangan masuk dari PLUMBON, masuk PINTU TOL yg ada dibawah jembatan layang (gw ga tau nama daerahnya maaf yaa)
- Lewat cirebon kota aja, ga usah masuk tol
*terima kasih apabila ceriwisser memberikan saran dan kritik, dan informasi terbaru dalam bentuk apapun demi kemajuan thread ini.
|