Login to Website

Login dengan Facebook

 

Post Reply
Thread Tools
  #1  
Old 28th May 2012
legendsong's Avatar
legendsong
Ceriwiser
 
Join Date: May 2012
Posts: 569
Rep Power: 14
legendsong mempunyai hidup yang Normal
Default Perbedaan,Kelemahan dan Kelebihan Teknologi Injection dan Karburator





Perbedaan serta Kelebihan dan Kerkurangan Karburator dan Injection











Pembakaran pada mesin didapat pada proses pengkabutan,yang diolah oleh karburator.Namun dewasa ini ditemukan juga teknologi baru yg disebut dengan Injection.

Pembakaran pada mesin sangat tergantung pada suplai bahan bakar dan udara.



Nah suplai bahan bakar dan udara ini berasal dari karburator atau sistem injeksi. Jadi tugas karburator atau injeksi adalah mencampurkan bahan bakar dengan udara untuk kemudian menyalurkannya kedalam ruang bakar.



Bedanya hanya pada proses penghisapan bensin ke ruang bakar. Injeksi, sudah menggunakan peranti elektronik seperti injektor, yang tugasnya menyemprotkan bensin ke ruang bakar.



Tidak seperti karburator yang masih mengandalkan hisapan yang diperoleh dari pergerakan piston pada silinder.



Menariknya lagi, sistem injeksi bisa menyeimbangkan volume bensin yang disemprotkan ke ruang bakar dengan kebutuhan mesin, sehingga didapat hasil pembakaran yang efisien.



"Pada motor injeksi, bensin yang disemprot selalu akurat karena dikontrol oleh sensor elektronik di mesin. Bahasa kerennya ECU. Seperti sensor RPM, jumlah udara masuk, posisi katup gas, hingga kondisi cuaca. Jadi jauh lebih efisien," Ujar agan Dion salah satu mekanik yang paham betul ttg teknologi injeksi.



Sedangkan karburator, bensin disedot dengan pergerakan naik-turun piston, jadi berapa volume bensin yang dikeluarkan, tergantung dari pergerakan piston tersebut.



Setingan banyaknya bensin dan udara yang menuju ruang bakar tergantung dari diameter lubang karburator, besarnya pilot & main jet, serta baut setelan angin dan bensin.



"Karburator dengan injeksi sebenarnya hanya berbeda pada cara mengalirkan bensin ke ruang bakar. Kalau karburator masih manual, sementara injeksi, elektronik yang mengaturnya," ujar agan Kadir, mekanik dari Jaya Sakti Motor.








Agan Kadir menambahkan, "Bensin tidak lagi hanya di alirkan, tapi disemprot dengan takaran yang diatur peranti elektronik tersebut" ujarnya.



Kedua mekanik tersebut bersepakat, kalau sebenarnya baik karburator maupun injeksi sama saja, bedanya hanya pada sistem penyaluran bensin ke ruang bakar. Manual atau elektronik.



Karburator masih menggunakan buka-tutup skep, sementara sistem injeksi sudah menggunakan injektor secara elektronik.




Malah, agan Dion menekankan, jauh lebih sederhana sistem injeksi, terutama sata melakukan servis. Cukup membuka saringan udara, kemudian dibersihkan. Sementara karburator, harus membongkar badan karbu untuk membersihkannya.









Kelebihan sistem injeksi, karena sudah peranti elektronik, maka volume bensin yang masuk ruang bakar sudah presisi, jadi lebih efisien dan ramah lingkungan, karena pembakaran selalu sempurna
.







Jadi, buat agan2 yang ingin menggunakan motor dengan teknologi injeksi, jangan ragu. justru dengan sistem injeksi, perawatan jadi sederhana karena semua diatur perangkat elektronik, efisien, dan ramah lingkungan.






Skema cara kerja injection











Berikut Kelebihan dan kekurangan Fuel Injection (FI) dan Karburator:








Kelebihan FI







* Dapat mengatur A/F ratio berdasarkan kebutuhan mesin dan kondisi cuaca.

* Dapat mengatur A/F berdasarkan kadar emisi yang diwajibkan sehingga emisi lebih baik.

* Ketika temperature dan tekanan udara berubah maka dia dapat menyesuaikannya.

* Injector menyuplai bahan bakar kemesin berdasarkan kebutuhan mesin sehingga penggunaan bahan bakar dapat lebih effisien sehingga dapat lebih irit.




Kelemahan FI



* Harga lebih mahal dibandingkan karburator sebab lebih banyak terdapat komponen.

* Jumlah komponen yang lebih banyak dan kompleks

* Perawatan harus menggunakan alat khusus dan teknik tertentu.




Kelebihan Karburator



* Lebih murah dibandingkan system injection tetapi apabila ditambah alat lain, maka harganya mendekati system injection.

* Jumlah komponen lebih sedikit dan tidak kompleks

* Perawatan lebih gampang dan sederhana

* Penggunaan bahan bakar kurang efisien, sehingga cenderung boros




Kelemahan Karburator




* Untuk penyetelan A/F ratio dilakukan manual dan hanya bisa sekali.

* Membutuhkan penyetelan yang tepat untuk semua kondisi tetapi tidak dapat mengatasi setiap kondisi yang dapat berbeda-beda

* Perlu adanya alat/komponen tambahan agar kerja karburator dapat menyesuaikan kondisi seperti pompa akselerasi, coasting enricher, dll







Terimakasih untuk agan2 yang sudah nyimak thread ane yg sederhana ini namun terkadang banyak orang masih rancu apa perbaedaan dari kedua system pengkabutan ini.

Semoga bermanfaat untuk pengetahuan agan2 semua,atau bahkan untuk agan yg bingung untuk memutuskan membeli kendaraan berkomponen karburator atau injection.

Kalau berkenan, ane mohon bisa di


klo mau kasih PENGHARGAAN ,ane jg gak keberatan

Maaf klo ada salah2 kata dan ulasan, CMIIW



SUMBER:

1

2



Tambahan dan komen2 dari ceriwiser lain:




[/quote]
Quote:
 






Originally Posted by ramadhanisme



asal isi bensin nya bersih ga ada partikel2 laen, ECU ama sensor2 aman ga kena banjir n nozzle ga mampet mah injeksi jalan terus kagak usah pake servis



sayang motor gw ga injeksi, andai motor gw 125cc injeksi 4 katup DOHC VVT with throttle by wire + CVT 7 speed kek jess mah perfect abis







Quote:
 






Originally Posted by 1v4n.c0d3



ane mw coba nambahin gan, kata temen ane kalo injection habis bensin (ampe mati ditengah jalan) meski diisi bensin gk bakal nyala tu motor (mesti bawa kebengkel)






[quote]






Originally Posted by ketek.gembul



++++



ane mau nambahin gan. .



kalo pake inject, bensin jangan ampe KOSONG



soalnhya ntar meskipun dah di isi lagi motor akan tetep sulit di idup in

soalnya harus ngepompa bensin nya ke ruang Bakar secara manual. .



CMIIW











Sponsored Links
Space available
Post Reply




Switch to Mobile Mode

no new posts