Ceriwis  

Go Back   Ceriwis > DISKUSI > Lounge

Lounge Berita atau artikel yang unik, aneh, dan menambah wawasan semuanya ada disini dan bisa dishare disini.

Reply
 
Thread Tools
  #1  
Old 27th May 2012
rumahmenteng's Avatar
rumahmenteng rumahmenteng is offline
Senior Ceriwiser
 
Join Date: May 2012
Posts: 5,900
Rep Power: 21
rumahmenteng mempunyai hidup yang Normal
Default lokomotif indonesia

di RATE





gan ane nulis thread ini karena ane mau majuin lagi perkeretaan indonesia yang carut marut kayak sekarang ini,, mudah-mudahan agan agan sepaham sama ane

ini sedikit berita tentang locomotif gan,,




[/quote]
Quote:





Lokomotif adalah bagian dari rangkaian kereta api di mana terdapat mesin untuk menggerakkan kereta api. Biasanya lokomotif terletak paling depan dari rangkaian kereta api. Operator dari lokomotif disebut masinis. Masinis menjalankan kereta api berdasarkan perintah dari pusat pengendali perjalanan kereta api melalui sinyal yang terletak di pinggir jalur rel.





Quote:





Jenis lokomotif berdasarkan mesin



Berdasarkan mesinnya, lokomotif terbagi menjadi



1. Lokomotif uap. Merupakan cikal bakal mesin kereta api. Uap yang dihasilkan dari pemanasan air yang terletak di ketel uap digunakan untuk menggerakkan torak atau turbin dan selanjutkan disalurkan ke roda. Bahan bakarnya bisanya dari kayu bakar atau batu bara.

2. Lokomotif diesel mekanis. Menggunakan mesin diesel sebagai sumber tenaga yang kemudian ditransfer ke roda melalui transmisi mekanis. Lokomotif ini biasanya bertenaga kecil dan sangat jarang karena keterbatasan kemampuan dari transmisi mekanis untuk dapat mentransfer daya.



Kereta Rel Diesel Elektrik hasil modifikasi Industri Kereta Api INKA dari KRL BN-HOLEC



1. Lokomotif diesel elektrik. Merupakan lokomotif yang paling banyak populasinya. Mesin diesel dipakai untuk memutar generator agar mendapatkan energi listrik. Listrik tersebut dipakai untuk menggerakkan motor listrik besar yang langsung menggerakkan roda.

2. Lokomotif diesel hidrolik. Lokomotif ini menggunakan tenaga mesin diesel untuk memompa oli dan selanjutnya disalurkan ke perangkat hidrolik untuk menggerakkan roda. Lokomotif ini tidak sepopuler lokomotif diesel elektrik karena perawatan dan kemungkinan terjadi problem besar.

3. Lokomotif listrik. Lokomotif ini nomor dua paling populer setelah lokomotif diesel elektrik. Prinsip kerjanya hampir sama dengan lokomotif diesel elektrik, tapi tidak menghasilkan listrik sendiri. Listriknya diperoleh dari kabel transmisi di atas jalur kereta api. Jangkauan lokomotif ini terbatas hanya pada jalur yang tersedia jaringan transmisi listrik penyuplai tenaga.





Quote:





Jenis lokomotif berdasarkan roda



Jenis lokomotif berdasarkan konfigurasi sumbu/ as roda lokomotif[1]:



* 1. kode B artinya lokomotif dengan 2 roda penggerak atau Bo-Bo



Misal Lokomotif Uap Tahun 1898: Seri B Bristol



* 2. kode C artinya lokomotif dengan 3 roda penggerak atau Co-Co



Misal Lokomotif Uap Tahun 1905: Seri C Birmingham



* 3. kode BB artinya lokomotif bergandar 2 2 jadi dengan roda penggerakada 4 as roda atau memiliki 8 roda



Misal Lokomotif Uap Tahun 1920: Seri BB Manchester



* 4. kode CC artinya lokomotif bergandar 3 3 jadi total penggeraknya ada 6 as roda atau memiliki 12 roda .



Misal Lokomotif Uap Tahun 1930: Seri CC Manchester



* 5. kode D artinya lokomotif bergandar 4 loko jenis ini biasanya hanya memiliki gandar tunggal sehingga total penggeraknya ada 4 as roda dengan jumlah roda 8.



Misal Lokomotif Uap Tahun 1954: Seri D54 Krupp Liepzig






Quote:





45 Tahun Mengabdi� BB 301 : Lokomotif Diesel Express Pertama di Indonesia



PT. Kereta Api (persero) bekerjasama dengan Indonesian Railway Preservation Society (IRPS) mengenang pengabdian dan masa kejayaan lokomotif seri BB 301, yang sudah 45 tahun bersama melayani seluruh lapisan pencintanya dan pengguna jasa kereta api negeri ini pada Jumat (12/3).



Usia boleh tua namun tak berarti renta. Saat ini total lokomotif seri BB yang dimiliki PT. KA di Daop 2 Bandung berjumlah 5 unit, dengan nomor seri 30124 yang melayani KA lokal Ciroyom-Cianjur, seri BB 30117, 30143 dan 30131.



Mengingat kembali sekilas cerita tentang lokomotif seri BB 301. Awal tahun �60an Perusahaan Negara Kereta Api (PNKA) memesan 45 lokomotif dari pabrik lokomotif uap Krupp di Essen, Jerman (Barat). Setelah beberapa bulan perancangan dan produksi, lokomotif pertama keluar dari pabrik Krupp di Essen tahun 1964. Lokomotif ini merupakan bagian dari tipe lokomotif diesel Hidrolik terkenal Krupp yaitu M 1500 BB. Oleh Indonesia, lokomotif ini diberi pengkelasan BB 301.



BB 301 adalah varian kedua dari seri M 1500 BB. Lokomotif ini disusupi oleh mesin Mercedes-Matbach 12V655 yang mampu menghasilkan 1500 horse power. Lokomotif ini merupakan salah satu lokomotif besar paling ringan di Indonesia, karena itu bisa melewati jalur-jalur bertekanan gandar rendah dengan kecepatan jelajah.



Dimasa perkembangannya, lokomotif-lokomotif gesit tersebut dipakai untuk menarik kereta api bendera di Pulau Jawa seperti �Bintang Sendja� atau �Bandung Ekspress�. Kesuksesan lokomotif BB 301, membuat PNKA memesan kembali lokomotif BB 301 dari Krupp di tahun 1970. Sepuluh tahun kemudian, PJKA (dan Perumka) mengupgrade 45 BB 301 pertama ke standard BB 304.



Masa kejayaan BB 301 terjadi antara 1964 hingga 1995. Pada periode ini, lokomotif tersebut dipakai untuk menarik KA Ekspress cepat. Setiap kali KA ekspress diperkenalkan, BB 301 akan dipilih untuk menarik KA tersebt. Hampir semua iklan tentang kereta-kereta tersebut menampilkan BB 301, yang kemudian lokomotif yang berbobot 52 ton itu menjadi ikon perkeretaapian Indonesia.



Untuk memperingati 45 tahun lokomotif BB 301, maka dilaksanakan kegiatan pencucian lokomotif di Dipo Lokomotif Bandung yang dimulai pukul 08.30 hingga 10.00 wib. Turut hadir dalam acara tersebut VP Public Relations Adi Suryatmini, VP Technical Engineering Hendy Hendratno Adji, Ketua IRPS Aditya bersama rekan-rekan IRPS lainnya.

Kami berharap dengan kepedulian dari Komunitas Pecinta KA (IRPS) dapat membantu agar masyarakat selalu mengenang sejarah perjalanan perkeretaapian di Indonesia.(humaska)




[/spoiler]
Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for bb301:

















Spoiler for open this:
[quote]





sejarah locomotif indonesia



Lokomotif dengan penggerak mesin uap sudah mulai dipakai untuk menarik rangkaian kereta atau gerbong sejak dibukanya jalur jalan rel yang pertama di Indonesia, yaitu di Smarang antara Kemijen ke Tanggung pada tahun 1867 sepanjang 26 km.Lokomotif yang digunakan adalah lokomotif uap seri B1, yaitu lokomotif yang mempunyai 2 gandar roda penggerak dan 1 gandar roda pengantar (idle)dan mempunyai tender bergandar 3.

Selanjutnya berbagai jenis lokomotif uap yg didatangkan dari Eropa terutama dari Jerman, Belanda, juga dari Amerika, beroperasi di berbagai perusahaan kereta api baik perusahaan swasta seperti NIS (Nederlandsch Indische Spoorwegen) atau perusahaan pemerintah yaitu SS (Staats Spoorwegen). lokomotif-lokomotif tersebut mempunyai daya sampai 1850 PK, misalnya lokomotif uap terbear di Indonesia yaitu lokomotif tipe Mallet. seri DD 52.

Lokomotif dengan tenaga listrik juga mulai diperkenalkan sejak dibangun jaringan listrik antara Jakarta-Bogor tahun 1925.Lokomotif yang dipergunakan adalah lokomotif listrik dengan susunan roda 1B+B1 denga daya 1570 PK buatan AEG (Allgemaine Electricitats Gesellschaft) Jerman.Sedangkan tipe yang lain adalah 1 A-AA-A1 dengan daya 1500 PK, buatan Brown Boveri &Co, Swiss.

Pada tahun 1950-1951 pemerintah mengadakan modernisasi armada lokomotif DKA saat itu dengan mendatangkan 100 lokomotif uap modern buatan Krupp (Jerman) yaitu seri D 52 dengan daya 1600 PK dan 27 lokomotif diesel buatan GE-ALCO (Amerika Serikat).Lokomotif diesel pertama Indonesia ini mulai berdatangan dan beroperasi pada tahun 1953 dan oleh DKA diberi nomer seri CC 200.Lokomotif dengan bobot 96 ton ini berkekuatan 1600 HP dan dirancang untuk bisa melalui semua jalur utama pulau jawa.

Pada tahun-tahun berikutnya pemerintah tidak memesan lokomotif uap lagi dan mendatangkan lokomotif diesel seri BB 200 buatan General motors (Amerika Serikat) pada tahun 1957 dan pada tahun 1959 didatangkan lokomotif BB 300 dari Krupp (Jerman)

Sedangkan di Sumatra, khususnya untuk lintas jalan rel bergigi di Sumatera Barat terakhir dibeli lokomotif uap pada tahun 1966 yaitu type E 10.Baru pada tahun 1976 mulai dibeli lokomotif diesel seri bb 204 dari Swiss untuk menggantikan lok uap.

Baru sekitar tahun 1980 armada lokomotif uap sudah tidak beroperasi lagi, kecuali lokomotif bergigi di museum KA Ambarawa.Sampai dengan tahun 2008 lokomotif terakhir yang dibeli oleh PT.Kereta Api (persero) adalah lokomotif CC 204 buatan PT.GE Lokindo untuk lintas Jawa dan lokomotif CC 202 dari EMD General Motor Kanada






Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for locomotif:













Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for locomotif:













Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for locomotif:













Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for locomotif:













[spoiler=open this] for locomotif:
















ane ngambil locomotif karena ane tahu aindonesia adalah salah satu negara yang pernah memakai locomotif sebagai alat transportasi



sumber1

sumber2

sumber3

GNR - locomitif



Reply With Quote
Reply


Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off


 


All times are GMT +7. The time now is 03:10 PM.


no new posts