Ceriwis  

Go Back   Ceriwis > DISKUSI > Lounge

Lounge Berita atau artikel yang unik, aneh, dan menambah wawasan semuanya ada disini dan bisa dishare disini.

Reply
 
Thread Tools
  #1  
Old 27th May 2012
lumpiabasah's Avatar
lumpiabasah lumpiabasah is offline
Senior Ceriwiser
 
Join Date: May 2012
Posts: 5,728
Rep Power: 0
lumpiabasah is a New Born
Default Di Indonesia Cuma Ada Satu gan..

[/quote]
Quote:





nih gan.. setau ane cuma satu satunya jembatan yang bisa kayak gini di Indonesia

and kalo masih ade kita bisa share bareng disini... dan langsung aja cekidot gan





Jembatan Ampera adalah sebuah jembatan di kota Palembang, Provinsi Sumatera Selatan, Indonesia.

Jembatan Ampera, yang telah menjadi semacam lambang kota, terletak di tengah-tengah kota Palembang,

menghubungkan daerah Seberang Ulu dan Seberang Ilir yang dipisahkan oleh Sungai Musi. Jembatan ini bisa disebut �Golden Gate� nya Indonesia



Struktur Jembatan Ampera :

Panjang : 1.117 m (bagian tengah 71,90 m)

Lebar : 22 m

Tinggi : 11.5 m dari permukaan air

Tinggi Menara : 63 m dari permukaan tanah

Jarak antara menara : 75 m

Berat : 944 ton






Quote:





nah, itu baru struktur bangunan jembatannya aja gan, sejarahnya Pembangunan jembatan ini dimulai pada bulan April 1962, setelah mendapat persetujuan dari Presiden Soekarno. Biaya pembangunannya diambil dari dana pampasan perang Jepang. Bukan hanya biaya, jembatan inipun menggunakan tenaga ahli dari negara tersebut. Dengan kata lain Semua di tanggung oleh pemerintah jepang dari kontraktor dan pekerja.



Pada awalnya, jembatan ini, dinamai Jembatan Bung Karno. Menurut sejarawan Djohan Hanafiah, pemberian nama tersebut sebagai bentuk penghargaan kepada Presiden RI pertama itu. Bung Karno secara sungguh-sungguh memperjuangkan keinginan warga Palembang, untuk memiliki sebuah jembatan di atas Sungai Musi.



Peresmian pemakaian jembatan dilakukan pada tahun 1965, tepatnya pada tanggal 30 september 1965 oleh Letnan Jenderal Ahmad Yani (pada sore harinya beliau ditangkap dan menjadi korban G30S/PKI). Peresmian ini sekaligus mengukuhkan nama Bung Karno sebagai nama jembatan.



Pada masa itu, jembatan ini adalah jembatan terpanjang di Asia tenggara. Setelah terjadi pergolakan politik pada tahun 1966, ketika gerakan anti-Soekarno sangat kuat, nama jembatan itu pun diubah menjadi Jembatan Ampera (Amanat Penderitaan Rakyat). Tetapi masyarakat palembang lebih suka memanggil jembatan ini dengan sebutan �Proyek Musi�.



Sekitar tahun 2002, ada wacana untuk mengembalikan nama Bung Karno sebagai nama Jembatan Ampera ini. Tapi usulan ini tidak mendapat dukungan dari pemerintah dan sebagian masyarakat.





Quote:





Keistimewaan Jembatan Ampera





Jembatan Ampera dibandingkan dengan jembatan-jembatan yang ada di Indonesia mempunyai keistimewaan, yaitu :



Pada awalnya, bagian tengah badan jembatan ini bisa diangkat ke atas agar tiang kapal yang lewat dibawahnya tidak tersangkut badan jembatan. Bagian tengah jembatan dapat diangkat dengan peralatan mekanis, dua bandul pemberat masing-masing sekitar 500 ton di dua menaranya. Kecepatan pengangkatannya sekitar 10 meter per menit dengan total waktu yang diperlukan untuk mengangkat penuh jembatan selama 30 menit.



Pada saat bagian tengah jembatan diangkat, kapal dengan ukuran lebar 60 meter dan dengan tinggi maksimum 44,50 meter, bisa lewat mengarungi Sungai Musi. Bila bagian tengah jembatan ini tidak diangkat, tinggi kapal maksimum yang bisa lewat di bawah Jembatan Ampera hanya sembilan meter dari permukaan air sungai.



Sejak tahun 1970, aktivitas turun naik bagian tengah jembatan ini sudah tidak dilakukan lagi. Alasannya, waktu yang digunakan untuk mengangkat jembatan ini dianggap mengganggu arus lalu lintas di atasnya. Alasan lain karena sudah tidak ada kapal besar yang bisa berlayar di Sungai Musi. Pendangkalan yang semakin parah menjadi penyebab Sungai Musi tidak bisa dilayari kapal berukuran besar. Sampai saat ini, Sungai Musi memang terus mengalami pendangkalan dan

Pada tahun 1990, kedua bandul pemberat di menara jembatan ini diturunkan untuk menghindari jatuhnya kedua beban pemberat ini.


[/spoiler]
Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for 1:













Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for 2:













Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for 3:













Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for 4:













Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for 5:




maaf gan, gambarnya jadul semua...





Spoiler for open this:








Spoiler for open this:
Quote:





Jembatan Ampera saat ini




Quote:
Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for 1:













Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for 2:













Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for 3:













Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for 4:













[spoiler=open this] for 5:
















[quote]





dan bagi yang berminat tolong bagi -nya dong gan...

tapi kalo gak juga gak papa.. asal jangan









Reply With Quote
Reply


Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off


 


All times are GMT +7. The time now is 04:23 PM.


no new posts