kalo vespa mogok mungkin sudah tidak asing lagi bagi para rider vespa
tapi kalo yang masih baru newbie alias baru pertama kali menunggangi vespa, mungkin agan agan akan kebingungan jika terjadi kemogokan
penyebab yang sering membuat vespa mogok
[/spoiler]
Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for penyebab:
1. Ban belakang bocor/pecah
2. Bensin habis (kalo gak mogok GOKIL namanya )
3. Spuyer buntu
4. Kabel pada coil lepas
5. Busi basah
6. Tergenangnya bensin pada ruang bakar (hampir sama kayak no. 5)
kurang lebih seperti itu gan.
terus kalo mogok harus ngapain?
oke, ane kasih caranya.
mesin tidak mau menyala saat distart
Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for cara:
coba miringkan vespa agan ke kanan. tunggu beberapa detik, biarkan bensin mengalir ke daerah mesin.
kalo udah, coba di trap (stater). kalo udah hidup itu pertanda SUKSES
tapi kalo masih belum hidup juga, kasus biasanya dikarenakan kasus seperti no. 5 dan 6.
coba buka busi vespa anda, keringkan busi dengan serbet, lalu trap vespa anda dalam keadaan tanpa busi hingga muncratan bensin habis. setelah itu pasang lagi busi, lalu hidupkan mesin. kalo masih belum hidup juga, itu pertanda vespa anda merindukan aroma bengkel
mesin tiba-tiba mati ditengah perjalanan
Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for cara:
ini bisa jadi dikarenakan kasus no. 1, 2, 3, dan 4
kalo ban bocor, ya tinggal pasang ban serepnya. kalo gak bawa ban serep? ya berarti anda harus mensejahterakan tukang tambal ban
kalo disebabkan karena spuyer buntu, buka bagian karburator, lepas spuyernya, coba tiup spuyer dan sogok lubang-lubang pada supuyer dengan ijuk atau lidi kecil. kalo gak ada kedua alat penyogok itu, gunakan kabel kopling atau kabel rem.
ini gambar komponennya bagi yang belum tau
Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for spuyer:
[spoiler=open this] for coil:
kurang lebih seperti itu gan, kalo ada masukan-masukan lain, silahkan komen post ini
kalo berkenan boleh juga tuh nya biar seger habis betulin VESPA
ato kalo nggak bantu aja
selamat mencoba
KOMENG DARI AGAN AGAN
[/quote]
Quote:
Originally Posted by butcherman
ane tambahin...
klw spuyer ama kabel koil dah ok,,,,
buat yg masi platina:
-cek kerapatan platina
-cek bunga api busi
klw bunga api keluar dr samping(keramik busi),ganti dengan yg baru
klw putaran bawah ok tapi diatas "brebet" (kek yg mo mati) tambahin kondesor gan..
buat ya uda C'doi (cdi gan hehehehe)
goyang2 kabel mikronya gan (box hitam g nempel di mesin)
klw masi nga idup cari bengkel terdekat....atw tlp temen ente.
klw(banyak klw nya neh ...) dah cape2 ke bengkel trus mogoknya karna masalah sepele,selamat anda tlah membuat sejarah dengan VESPA agan,,
gitu gan sekilas inpoh dr ane
Quote:
Originally Posted by butcherman
sama gan nga beda jauh...cuman klw susah idup diliat kerapatan "ring seher" soalnya berfungsi untuk ngisep bensin...
bwat om TS sorry ye ane curcol di sini hehhehhehe
Quote:
Originally Posted by butcherman
spi ada 2 macem, gan spi magnet ama spi kopling
tugasnya neh gan
spi kopling: biar nga ada bunyi "tok..tok..tok"dimesin dan menjaga agar rumah
kopling diem ditempat
spi magnet: untuk menjaga agar pengapian tepat pada sasaran.
cara mengetahui spi magnet patah agan buka busi,masukan obeng di dudukan busi di mesin,putar magnet,magnet platina ada yg bolongnya kan gan..diliat gan si bolong ama platina harus sejajar(keliatan platinannya) klw melenceng uda di pastiin "patah gan"
solusinya diakalin di ganjel pake seng bekas minuman ringan didudukan spi(setelah di buka magnet) atw beli yg baru gan dah banyak sekarang,,,,
spi patah karena dudukan spi di "kruk as" uda aus ama usia gan..
semoga membantu....
[quote]
Originally Posted by ashinura
enggak usah takut mogok gan., kalo di daerah agan banyak anak vespa pasti ditolongin tuh.., (solidaritas scooterist)