Ceriwis  

Go Back   Ceriwis > HOBI > Other Discussion > Save Our Planet

Save Our Planet Forum diskusi tentang penyelamatan lingkungan hidup, tips, dan ide untuk GO Green

Reply
 
Thread Tools
  #1  
Old 5th April 2011
fairypotter's Avatar
fairypotter fairypotter is offline
Ceriwiser
 
Join Date: Nov 2010
Location: Hogwarts|PIC#11
Posts: 618
Rep Power: 49
fairypotter is Ceriwis Prophetfairypotter is Ceriwis Prophetfairypotter is Ceriwis Prophetfairypotter is Ceriwis Prophetfairypotter is Ceriwis Prophetfairypotter is Ceriwis Prophetfairypotter is Ceriwis Prophetfairypotter is Ceriwis Prophetfairypotter is Ceriwis Prophetfairypotter is Ceriwis Prophetfairypotter is Ceriwis Prophet
Default Di Tangan Ilmuwan Louisiana Tech University, Sepatu Hasilkan Listrik



Quote:
Tampaknya di masa depan semua perlengkapan yang menempel dan dikenakan manusia bisa menghasilkan energi listrik yang digunakan untuk menjalankan perangkat elektronik bergerak.

Mulai dari kain hingga karet, yang pada intinya memanfaatkan energi kinetik yang dihasilkan seseorang ketika beraktivitas.

Beberapa waktu lalu, daftar panjang inovasi teknologi energi bertambah lagi. Asisten profesor di departemen elektronika Louisiana Tech University berhasil mengembangkan generator mini yang memanen energi kinetik dari kaki seseorang ketika berjalan.

Hasil inovasi sang profesor, Dr. Ville Kaajakari, juga dimuat di MEMS Investor Journal, sebuah publikasi independen yang menyediakan informasi teknologi MEMS bagi investor. MEMS yang berarti Micro-Electro-Mechanical Systems, merupakan perangkat kecil yang menggabungkanchip komputer dengan komponen mikro lainnya, seperti sensor, gear, aktuator, cermin dan sebagainya.

Teknologi inovatif yang dikembangkan Dr. Kaajakari berdasar pada rangkaian pengatur tegangan yang secara efisien mengubah arus piezoelektrik menjadi tegangan yang bisa digunakan untuk mengisi ulang baterai atau untuk menyuplai energi listrik langsung ke perangkat elektronik.

Dr. Kaajakari menggunakan transduser polimer murah dengan memberikan lapisan logam di permukaannya. Berbeda dari transduser keramik konvensional, polimer lebih lunak dan kuat. Dengan karakter tersebut polimer memang lebih sesuai untuk menggantikan material penyerap hentakan di bagian tumit.

Rencananya Dr. Kaajakari bersama timnya berencana untuk meningkatkan daya yang dihasilkan polimer tersebut hingga bisa digunakan untuk perangkat portabel seperti handphone, MP3 player dan sebagainya. Sebagai informasi, hingga kini teknologi seperti ini masih belum cukup bagi aplikasi dengan kebutuhan daya yang lebih besar.


Reply With Quote
Reply


Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off


 


All times are GMT +7. The time now is 01:20 AM.