Ceriwis  

Go Back   Ceriwis > HOBI > Mobil & Motor

Mobil & Motor Diskusi antar pemilik mobil dan motor. Sharing tips dari mulai spareparts,kerusakan, hingga bengkel terbaik bisa didapat disini

Reply
 
Thread Tools
  #1  
Old 27th December 2016
DokterMobil2000's Avatar
DokterMobil2000 DokterMobil2000 is offline
Member
 
Join Date: Sep 2016
Location: Kelapa Gading
Posts: 81
Rep Power: 0
DokterMobil2000 mempunyai hidup yang Normal
Default Tips dan Trik Mencegah Mesin Ngempos / Tidak Bertenaga


Tips dan Trik Mencegah Mesin Ngempos / Tidak Bertenaga – Mungkin hampir setiap hari Anda mengendarai kendaraan, pastinya sudah sangat menyatu dengan apa yang Anda rasakan terhadap kondisi dari kendaraan Anda tersebut. Sehingga Anda sudah dapat merasakan bahwa ada beberapa perubahan yang terjadi pada kinerja mesin. Dimana salah satu jenis masalah yang terkadang Anda hadapi adalah kendaraan tiba-tiba saja tidak bertenaga, bahkan bisa terasa sangat berat tarikannya maupun alot.

Tenaga kendaraan lama kelamaan semakin berkurang, terutama di saat Anda menempuh perjalanan yang jauh. Jika sudah muncul masalah semacam ini, sudah dapat dipastikan bahwa ada kelainan di bagian mesin kendaraan Anda. Sebagai pengemudi Anda memang lebih baik mengetahui apa yang menjadi penyebabnya. Dengan demikian kedepannya Anda dapat mencegah dan menanggulanginya dengan lebih cepat serta tidak akan terjadi macet di jalan.

Penyebab Kendaraan Ngempos

Sebenarnya ada begitu banyak faktor penyebab mesin kendaraan Anda menjadi ngempos ataupun tidak bertenaga. Secara umum faktor penyebab tersebut adalah sebagai berikut ini:

Overheating pada mesin mobil
Mesin yang mengalami overheating akibat sistem pendinginan kendaraan yang tidak dapat bekerja secara optimal akan menyebabkan komponen yang ada di dalam mesin (komponen metal) memuai secara ekstrim. Hal ini terutama akan terjadi pada bagian piston atau silinder. Jika piston ini memuai, sudah dapat dipastikan pergesekan piston dengan bagian dinding silinder menjadi lebih besar. Tentu ini akan membuat gerakannya menjadi jauh lebih berat dan otomatis juga tenaga mesin kendaraan menjadi semakin berkurang hingga menghilang.

Pengapian yang bermasalah
Pengapian sudah jelas sangat menentukan tenaga mesin kendaraan, karena ini sangat berhubungan dengan kinerja proses pembakaran maka jika sistem pengapian kendaraan mengalami masalah bisa diartikan tenaga mesin otomatis akan menurun. Masalah yang terjadi pada sistem pengapian dapat disebabkan banyak hal. Beberapa diantaranya adalah karena kerusakan kabel busi, koil maupun busi dari kendaraan itu sendiri.

Filter udara kotor
Filter udara kendaraan memiliki peranan yang sanga besar untuk menyaring udara dari aneka jenis kotoran. Karena mesin membutuhkan asupan oksigen dari udara dalam proses pembakaran. Maka jika komponen filter udara di dalamnya sudah dipenuhi oleh kotoran baik itu debu atau yang lainnya, otomatis oksigen yang seharusnya diserap menjadi semakin sedikit karena pori-pori dari filter yang ada pada kendaraan tersebut tersumbat kotoran.

Busi kotor
Busi juga tentunya memiliki peranan yang sangat vital. Hal ini dikarenakan kualitas atau hasil akhir di sistem pembakaran dipengaruhi oleh busi. Busi yang kotor serta diselimuti oleh kerak akan sangatlah menghambat proses pembakaran yang terjadi.



Tindakan pencegahan dan antisipasi


Agar Anda terhindar dari ancaman masalah ini, maka sebelum melakukan perjalanan dengan jarak yang cukup jauh lebih baik pastikan terlebih dahulu bahwa sistem pengapian dan pendingin dalam kendaraan Anda bekerja normal.

Cara memeriksanya yaitu:
  1. Periksalah kecukupan sekaligus kualitas dari air radiator (tidak keruh, cukup atau kotor).
  2. Pastikan bahwa bodi radiator tidak dalam kondisi basah. Karena jika basah maka ada bocor atau rembesan yang harus Anda perbaiki.
  3. Pastikan bahwa sirkulasi air berjalan dengan lancar.
  4. Pastikan kinerja dari kipas pendingin atau fan dapat bekerja dengan cukup baik.
  5. Periksa kualitas serta kecukupan oli mesin apakah cukup sekaligus masih baik digunakan.
  6. Setelah memeriksa semua kondisi tersebut secara cermat. Anda dapat melakukannya secara teratur agar dapat mengetahui kondisi kendaraan Anda dan terhindar dari ngempos di perjalanan.


SPESIALIS AC & MESIN TANPA BONGKAR MESIN. AC Mobil Anda Tidak Dingin ? Mesin Kurang Bertenaga ? Bahan Bakar Anda Boros ? Ingin Melakukan Perawatan Mobil Namun Anda SIBUK DENGAN URUSAN ANDA ?. Kami Dapat Mengatasi Masalah Mobil Anda Dengan Cepat Tanpa Membongkar Mesin & Biaya Yang Sangat Efisien. Money Back Guarantee - Garansi Uang Kembali Khusus Air Cond Treatment

(021) 4584 5268 (Workshop) | Mivta : 0877 871 333 66 ( Call / SMS / Whatsapp ) - Pin BB : D146F46B | Mia : 0878 8088 4576 ( Call / SMS / Whatsapp ) - Pin BB : 54744743 | Nada : 0877 871 333 50 ( Call / SMS / Whatsapp ) - Pin BB : D12AB986 | Edwin : 0878 8702 3498 (Call/ SMS/ Whatsapp) - Pin BB : 21BB386C



SPESIALIS AC & MESIN TANPA BONGKAR MESIN.
Money Back Guarantee - Garansi Uang Kembali Khusus Air Cond Treatment
Dokter Mobil - Jalan Boulevard Raya Blok QJ3 No. 2 Kelapa Gading – Jakarta Utara
"Apapun Mobilnya, Dokter Mobil Bengkelnya" | Visit us Dokter Mobil





Last edited by DokterMobil2000; 27th December 2016 at 09:58 AM.
Reply With Quote
Reply


Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off


 


All times are GMT +7. The time now is 05:28 AM.