|
Go to Page... |
Post Reply |
Tweet | Thread Tools |
#1
|
||||
|
||||
![]() ![]() tu bukti ane kl g repost, tp kl pun repost ane minta maaf.... JANGAN LUPA JUGA MEMBERIKAN RATE ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ane mau share ttg teori kecil kecelakaan pesawat terbang gan, terutama bagi agan2 yang sering sekali berpergian memanfaatkan moda transportasi jenis ini. memang utk negara kita sendiri yang notabene negara kepulauan yang sangat luas, pesawat tentunya menjadi alternatif transportasi yang sangat sesuai di gunakan di negara kita ini. tetapi seperti yang kita ketahui juga bahwa track record pesawat kita lumayan TIDAK BAIK, bahkan sempat mndapat sanksi utk tidak boleh terbang di negara eropa. mengenai kecelakaaan sendiri memang bnyak faktor ya, ane sendiri kurang bgtu tau mengenai masalahnya. sperti contoh, TURBULENSI Turbulensi Turbulensi adalah sebuah keadaan yang ditandai ketidakstabilan (disorder) dan keacakan (randomness) pergerakan di setiap skalanya. Turbulensi menarik komponen-komponen yang dipengaruhinya ke arah tertentu dan kemudian melepasnya secara tiba-tiba. Timbullah guncangan. Penyebab: 1. Suhu � Pemanasan dari matahari menyebabkan masa udara panas naik dan sebaliknya masa udara dingin turun, turbulensi jenis ini sering disebut dengan �turbulensi thermis� 2. Jet stream � Pergerakan yang sangat cepat arus udara pada level ketinggian yang tinggi, dan mempengaruhi udara disekitarnya. 3. Pegunungan � Massa udara yang melewati pegunungan dan mengakibatkan turbulensi pada saat pesawat terbang diatasnya pada sisi yang lain. Turbulensi jenis ini sering disebut dengan �turbulensi mekanis� 4. Wake turbulence � Turbulensi yang terjadi dekat dengan permukaan yang dilewati pesawat atau helikopter maaf gambarnya g ada, ane mau donlot lemot banget... BIRD ATTACK (ternyta bahakan brung pun, di takuti pesawat karena ternyta klau tu burung sampek masuk ke baling2 bisa menyebabkan tu pesawat meledak) [/spoiler] Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for Serangan Burung:
Sabtu, 17 Januari 2009 | 10:46 WIB TEMPO Interaktif, New York : Kasus kecelakaan pesawat akibat ditabrak sekelompok burung yang dialami US Airways Kamis lalu waktu setempat, bukan yang pertama kalinya terjadi. Beberapa kejadian kecelakaan pesawat akibat serangan burung di Amerika Serikat: 1989 Boeing 737 milik USAir yang baru saja lepas landas nyungsep ke East River. Dua penumpang meninggal. 1992 USAir Fokker F-28 jatuh setelah lepas landas dari bandar udara LaGuardia, New York. Dua penumpang tewas. 1994 USAir mengalami kecelakaan di Pittsburgh. 132 penumpang tewas. 2004 USAir diserang burung sehingga menyebabkan pesawat Boeing 737 itu tiba-tiba membelok tajam di landasan pacu di bandar udara Pittsburgh, Amerika Serikat. Tak ada seorangpun yang terluka. 2009 Airbus 320 milik US Airways yang baru beberapa menit lepas landas dari bandar udara LaGuardia, New York Kamis pukul 15.26 waktu setempat menuju North Carolina, terpaksa mendarat darurat di Sungai Hudson, New York. Awak dan 155 penumpang pesawat selamat. sumber http://www.tempointeraktif.com/hg/am...155650,id.html Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for gambar:
![]() Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for update gambar bird attack:
![]() bahkan body pesawat yang berabahan dasar metal (logam) pun bisa penyok gara2 menabrak seekor burung. ![]() ne lagi gan, tu pas di tengah nose pesawat.. ![]() HARD LANDING Salah satu kemungkinan yang ada adalah terjadi windshear atau angin yang berubah arah dan kecepatan dalam waktu yang singkat. Angin yang berubah mendorong pesawat ke bawah dengan kecepatan dan kekuatan yang lebih besar dari kemampuan pesawat. Hal ini terjadi jika sebuah awan hujan yang terkenal dengan nama Cb (Cumulonimbus) terbentuk di dekat bandara dan mempengaruhi angin lokal yang ada disekitar bandara. Di ketinggian awan ini harus dihindari karena mengandung badai/thunderstorm yang sangat kuat. Dalam dunia penerbangan thunderstorm ini diberi peringkat (kategori) dari 1 sampai 5. Peringkat 5 thunderstorm adalah badai yang paling kuat yang secara normal tidak bisa dilalui oleh sebuah pesawat. Di negara maju penerbang selalu mendapat laporan peringkat thunderstorm dari badan meteorology setempat untuk menghindari bahaya yang mungkin terjadi. Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for hardlanding:
![]() ane hanya sering mengamati ketika ada pesawat jatoh, pertama kali ane nyadar ini waktu ane liat di filmnya nocholas cage "knowing" dmana saat adegan pesawat jatoh ternyta badan pesawat patah menjadi 2 bagian. dmana hampir selalu patah di titik tersebut. Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for ne gan gambarnya:
![]() ![]() ![]() ![]() ![]() hampir semua patah di bagian tengah, yaitu sayap. karena sayaplah titik pusat beban pesawat, dmana kita ketahui sayap adalah tempat bahan bakar pesawat itu sendri. jadi ketika pesawat mngalami crash bagian yang mudah patah adalah bagian yang mendapat beban. dosen ane pernah bilang, menurut teori (HANYA TEORI) t4 paling aman di pesawat sewaktu kecelakaan adalah di bagian belakang. kerena jika di depan, sewaktu terjadi kecelakaan akan menghantam sasaran terlebih dahulu, kemudian bagian tengah patah dan bisa saja bahan bakar yg masi tersisa menjadi terbakar. setelah itu paling belakang. walaupun memang bagian belakang sendiri tempat paling tidak nyaman, selain bising juga kadang bnyak getaran. karena bagian belakang sendiri biasanya bagian knalpot (exhaust pipe) dan juga kargo. CMIIW semoga kedepan transportasi kita bisa lebih baik, kejadian2 yang dahulu bisa di perbaiki gan... ![]() (kl mau share pic juga gpp gan, ntar ane taruh depan) silahkan di rate *****, di kasi melon ![]() tp jangan di bata...!!! ![]() Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for KOMENG BERMUTU DARI AGAN ceriwiser:
[/quote]
Quote:
Originally Posted by supercangcorang ![]() gan, ane sbg orang penerbangan mo ikut mengkoreksi.. terbukti untuk moda transportasi paling safe saat ini adalah melalui jalur udara.. karna apa? 1. teknologinya paling canggih dibanding moda transpotasi lainnya.. 2. memiliki standarisasi kelas internasional (semua prosedur dalam penerbangan dunia itu sama) 3. keterdukungan prasarana yg mumpuni dibanding moda lain.. agan2 bisa search di google, angka kematian pada moda transportasi darat di indonesia itu mencapai 88 orang/hari..artinya di indonesia setiap harinya ada 88 orang meninggal karna accident di darat..sedangkan dalam 1 tahun kebelakang, hanya terdapat 11 orang meninggal karna kecelakaan pesawat..agan bisa bandingkan sendiri.. sky is a vast place, but there is no room for ERROR ![]() agan sperti ini yang paling ane tunggu bisa share lebih lanjut gan, uda ane jawab juga pertenyaan ente... tambahan dari ceriwiser, tks gan moga2 nambah pengetahuan...
Quote:
[spoiler=open this] for gambar:
![]() sumber jadi bukan cuma teori aja gan..teori juga diambil berdsarkan pengumpulan data.. itulah alesannya juga kenapa blackbox (kotak hitam) ditaro dibelakang pesawat klo bisa pajang di pejwan ya gan..buat nambah informasi
Quote:
Originally Posted by omjeleck ![]() Menurut ayah ane yg kerja di penerbangan, "Hard Landing" bukan merupakan faktor penyebab kecelakaan pesawat.... Dalam dunia penerbangan itu dikenal dua metode pendaratan yaitu "Soft Landing" n "Hard Landing". Soft Landing itu pendaratan di waktu keadaan (cuaca) normal n kondisi landasan bener2 dalam keadaan bersih.... Sedangkan "Hard Landing" dilakukan apabila cuaca sedang hujan deras atau landasan dlam kondisi tergenang air, kenapa "Hard Landing"??? karena apabila dalam kondisi tersebut pilot memutuskan utk "soft landing" maka dipastikan pesawat akan tergelincir, oleh sebab itu pilot akan melakukan "Hard Landing" yaitu langsung menghujam landasan ketika landing, hal itu dilakukan utk memecahkan genangan air yg ada di landasan jadi roda bs menapak di landasan dengan sempurna.... Jadi klo pas agan naik pesawat dalam keadaan hujan deras, trus pas landingnya jd agak keras, agan2 harus maklum ya krna itu demi keselamatan agan2 juga...CMIIW Originally Posted by nissanDiesel ![]() sebagai pembaca yang baik... ane mau tambahin ah... Stall Gerakan jatuh bebas pesawat karena kurangnya daya dorong kedepan. bisa disebabkan karena mesin mati atau kurang tenaga mesin... CMIIW... soalnya ane klo maen game Flight Simulator, kapal yg ane mainin stall terus... ![]() buat agan yang ngasi ane ![]() (ane lum tau caranya liat sapa yg ngasi melon gan... maaf :P) buat yang rate ![]() Terkait:
|
Sponsored Links | |
Space available |
Post Reply |
|