PDA

View Full Version : Ini Dia Bunyi Pasal Ganti Rugi Delay Pesawat dan Bagasi Hilang!!!!


vcvc35
25th December 2011, 06:11 PM
http://t1.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcRHyr7WRuL9SI699FqEQVNwjAQ5698Y8 LJKSQZ5ruKzJGlfbtjtxg
[http://u.ceri.ws/img/35614welcomevcvc35.gif



http://u.ceri.ws/img/61084p1.jpg


Maskapai wajib memberi ganti rugi Rp 300 ribu/penumpang bila pesawat delay lebih 4 jam. Bagasi hilang juga wajib diganti maksimal Rp 4 juta. Hal itu tertuang dalam Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) 77 Tahun 2011 yang diteken pada 8 Agustus dan diperkirakan berlaku November 2011. Peraturan tentang Tanggung Jawab Pengangkut Angkutan Udara ini mengatur mengenai asuransi delay pesawat, bagasi hilang dan kecelakaan. Berikut bunyi pasal-pasal inti dari 10 Bab dan 29 Pasal yang ada:
BAB IIJenis Tanggung Jawab Pengangkut & Besaran Kerugian
Pasal 2
Pengangkut yg mengoperasikan pesawat udara wajib bertanggung jawab atas kerugian terhadap:

penumpang yang meninggal dunia, cacat tetap atau luka-luka;
hilang atau rusaknya bagasi kabin;
hilang, musnah, atau rusaknya bagasi tercatat;
hilang, musnah atau rusaknya kargo;
keterlambatan angkutan udara; dan
kerugian yang diderita oleh pihak ketiga


Pasal 3
Jumlah ganti kerugian terhadap penumpang yg meninggal dunia, cacat tetap atau luka-luka sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2 huruf a ditetapkan sebagai berikut:


penumpang yang meninggal dunia di dalam pesawat udara karena akibat kecelakaan pesawat udara atau kejadian yang semata-mata ada hubungannya dengan pengangkutan udara diberikan ganti kerugian sebesar Rp 1.250.000.000,00 (satu miliar dua ratus lima puluh juta rupiah) per penumpang.
penumpang yang meninggal dunia akibat suatu kejadian yang semata-mata ada hubungannya dengan pengangkutan udara pada saat proses meninggalkan ruang tunggu bandar udara menuju pesawat udara atau atau pada saat proses turun dari pesawat udara menuju ruang kedatangan di bandar udara tujuan dan/atau bandar udara persinggahan (transit) diberikan ganti kerugian sebesar Rp 500.000.000,00 (lima ratus juta rupiah) per penumpang.
penumpang yang mengalami cacat tetap, meliputi:

1 penumpang yang dinyatakan cacat tetap total oleh dokter dalam jangka waktu paling lambat 60 (enam puluh) hari kerja sejak terjadinya kecelakaan diberikan ganti kerugian sebesar Rp 1.250.000.000,00 (satu miliar dua ratus lima puluh juta rupiah) per penumpang; dan
2 penumpang yang dinyatakan cacat tetap sebagian oleh dokter dalam jangka waktu paling lambat 60 (enam puluh) hari kerja sejak terjadinya kecelakaan diberikan ganti kerugian sebagaimana termuat dalam lampiran yang tidak terpisahkan dari Peraturan Menteri ini.


Cacat Tetap Total sebagaimana dimaksud pada huruf c angka 1 yaitu kehilangan penglihatan total dari 2 (dua) mata yang tidak dapat disembuhkan, atau terputusnya 2 (dua) tangan atau 2 (dua) kaki atau satu tangan dan satu kaki pada atau di atas pergelangan tangan atau kaki, atau kehilangan penglihatan total dari 1 (satu) mata yang tidak dapat disembuhkan & terputusnya 1 (satu) tangan atau kaki pada atau di atas pergelangan tangan atau kaki.
penumpang yang mengalami luka-luka dan harus menjalani perawatan di rumah sakit, klinik atau balai pengobatan sebagai pasien rawat inap dan/atau rawat jalan, akan diberikan ganti kerugian sebesar biaya perawatan yg nyata paling banyak Rp 200.000.000,00 (dua ratus juta rupiah) per penumpang.






http://u.ceri.ws/img/49611p2.jpg



Pasal 5


Jumlah ganti kerugian terhadap penumpang yg mengalami kehilangan, musnah atau rusaknya bagasi tercatat sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2 huruf c ditetapkan sebagai berikut:

kehilangan bagasi tercatat atau isi bagasi tercatat atau bagasi tercatat musnah diberikan ganti kerugian sebesar Rp 200.000,00 (dua ratus ribu rupiah) per kg dan paling banyak Rp 4.000.000,00 (empat juta rupiah) per penumpang; dan
kerusakan bagasi tercatat, diberikan ganti kerugian sesuai jenisnya bentuk, ukuran & merk bagasi tercatat.


Bagasi tercatat dianggap hilang sebagaimana dimaksud pada ayat (1), apabila tidak diketemukan dalam waktu 14 (empat belas) hari kalender sejak tanggal dan jam kedatangan penumpang di bandar udara tujuan.
Pengangkut wajib memberikan uang tunggu kepada penumpang atas bagasi tercatat yang belum ditemukan & belum dapat dinyatakan hilang sebagaimana dimaksud pada ayat (2) sebesar Rp 200.000,00 per hari paling lama untuk 3 (tiga) hari kalender.




http://u.ceri.ws/img/45910p3.jpg


Pasal 7


Jumlah ganti kerugian terhadap kargo yang dikirim hilang, musnah atau rusak sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2 huruf d ditetapkan sebagai berikut:

terhadap hilang atau musnah, pengangkut wajib memberikan ganti kerugian kepada pengirim sebesar Rp 100.000,00 per kg.
terhadap rusak sebagian atau seluruh sisi kargo atau kargo, pengangkut wajib memberikan ganti kerugian kepada pengirim sebesar Rp 50.000,00 (lima puluh ribu rupiah) per kg.
apabila pada saat menyerahkan kepada pengangkut, pengirim menyatakan nilai kargo dalam surat muatan udara (airway bill), ganti kerugian yang wajib dibayarkan oleh pengangkut kepada pengirim sebesar nilai kargo yg dinyatakan dalam surat muatan udara.


Kargo dianggap hilang setelah 14 hari kalender terhitung sejak seharusnya tiba di tempat tujuan.





Pasal 9
Keterlambatan angkutan udara sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2 huruf e terdiri dari:

keterlambatan penerbangan (flight delayed);
tidak terangkutnya penumpang dengan alasan kapasitas pesawat udara (denied boarding passenger); dan
pembatalan penerbangan (cancelation of flight)


Pasal 10

umlah ganti kerugian u/ penumpang atas keterlambatan penerbangan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 9 huruf a ditetapkan sebagai berikut:

keterlambatan lebih dari 4 (empat) jam diberikan ganti rugi sebesar Rp 300.000,00 (tiga ratus ribu rupiah) per penumpang;
diberikan ganti kerugian sebesar 50% (lima puluh persen) dari ketentuan huruf a apabila pengangkut menawarkan tempat tujuan lain yang terdekat dengan tujuan penerbangan akhir penumpang (re-routing), dan pengangkut wajib menyediakan tiket penerbangan lanjutan atau menyediakan transportasi lain sampai ke tempat tujuan apabila tidak ada moda transportasi selain angkutan udara;
dalam hal dialihkan kepada penerbangan berikutnya atau penerbangan milik Badan Usaha Niaga Berjadwal lain, penumpang dibebaskan dari biaya tambahan, termasuk peningkatan kelas pelayanan (up grading class) atau apabila terjadi penurunan kelas atau sub kelas pelayanan, maka terhadap penumpang wajib diberikan sisa uang kelebihan dari tiket yg dibeli.

http://u.ceri.ws/img/5014p4.jpg


LAMPIRAN

http://u.ceri.ws/img/3459p6.jpg


http://u.ceri.ws/img/71758p5.jpg




CONTRIBUTION FROM vcvc35
http://u.ceri.ws/img/50791kungpow_chicken2.jpg
CHICKENS STRIKE BACK

vcvc35
25th December 2011, 06:14 PM
http://www.asalunik.com/2011/12/ini-dia-bunyi-pasal-ganti-rugi-delay.html?utm_source=twitterfeed&utm_medium=twitter

di rate 5 ya ndan :rate5
biar ceriwiser yang lain tau:D:D
:ceriwislove:

CONTRIBUTION FROM vcvc35
http://u.ceri.ws/img/50791kungpow_chicken2.jpg
CHICKENS STRIKE BACK

dionless
25th December 2011, 06:24 PM
ijin bukmark ndan
:rate5 :2good:

vcvc35
25th December 2011, 06:27 PM
ijin bukmark ndan
:rate5 :2good:
tengkyu ndan..:shake:

wima9454
25th December 2011, 07:02 PM
Bermutu bgt ndan:2good:

vcvc35
25th December 2011, 07:20 PM
Bermutu bgt ndan:2good:
makasih ndan..:shake:
:gomen:

veery
25th December 2011, 09:06 PM
nice inpoh ndan:loveindonesia
ijin bukmak ndan:ceriwislove:

vcvc35
25th December 2011, 09:27 PM
nice inpoh ndan:loveindonesia
ijin bukmak ndan:ceriwislove:
makasih ndan..:shake:

silahkan ndan..:ceriwislove:

DWH
27th December 2011, 12:03 AM
Yg paling sering delay lama tuh Lion air,paling kesel ane klo udh naik lion, tp terpaksa naik karna tiketnya murah....:loveindonesia:loveindonesia

funnyhammie
27th December 2011, 07:16 AM
wew... info bagus untuk pesawat yang sering delay.

Unregisters
27th December 2011, 07:42 AM
Nice info ndan .. :2good:

Indonesia sepertinya belum melek hukum nihh :sengsara:

Btw ane Suka PP jambi - Bandung Pesawat nya blm pernah ONTIME .. Selalu DELAY .. :cd:

FIFA
27th December 2011, 09:27 AM
itu asuransi gitu ndan maksudnya ?

ChandraDewi
27th December 2011, 12:41 PM
wah ganti ruginya cuma maks 4jt...
padahal yg di dalem bagasi total ratusan juga gimana tuh...
masa bagasi harus di asuransiin juga nih...

KJS
27th December 2011, 12:45 PM
Sebelum nya dah pernah ane baca ni ndan :)
tp just share aja ndan uat yg lum tau :mantap:

yoowiz
27th December 2011, 09:26 PM
lumayan buat info nie..:D

vcvc35
27th December 2011, 09:58 PM
Nice info ndan .. :2good:

Indonesia sepertinya belum melek hukum nihh :sengsara:

Btw ane Suka PP jambi - Bandung Pesawat nya blm pernah ONTIME .. Selalu DELAY .. :cd:

waduh..:kaget:

gaada pertanggung jawabannya tuh ndan..?:shutup:

Kaptenjfleece
28th December 2011, 04:30 PM
Maskapai wajib memberi ganti rugi Rp 300 ribu/penumpang bila pesawat delay lebih 4 jam.

kasian amat yaa digantinya cuma 300rb... bgmn kalau ada orang yg bisnisnya bernilai ratusan juta, trus batal karena pesawat delay ??

malang sekali nasibnya...
ahihihi
:ngakak:

qbearizki
1st January 2012, 03:15 PM
nah ini baru inpoh yang ajib ndan ..

urangaring
1st January 2012, 04:30 PM
info penting nih ndan.. terutama buat yang sering pake pesawat terbang..
:2good:

mols13
2nd January 2012, 02:17 PM
tapi pada kenyataannya, cuma diganti mie instan doang.. :cd:

BearImoetz
3rd January 2012, 06:41 AM
Bah, ganti rugi cuma segitu, rugi bener udah bayar bagasi lenih mahal ganti rugi ga cukup buat nutup biaya bagasi