lumpiabasah
27th May 2012, 10:14 PM
[/quote]
nih gan.. setau ane cuma satu satunya jembatan yang bisa kayak gini di Indonesia
and kalo masih ade kita bisa share bareng disini... dan langsung aja cekidot gan
Jembatan Ampera adalah sebuah jembatan di kota Palembang, Provinsi Sumatera Selatan, Indonesia.
Jembatan Ampera, yang telah menjadi semacam lambang kota, terletak di tengah-tengah kota Palembang,
menghubungkan daerah Seberang Ulu dan Seberang Ilir yang dipisahkan oleh Sungai Musi. Jembatan ini bisa disebut �Golden Gate� nya Indonesia
Struktur Jembatan Ampera :
Panjang : 1.117 m (bagian tengah 71,90 m)
Lebar : 22 m
Tinggi : 11.5 m dari permukaan air
Tinggi Menara : 63 m dari permukaan tanah
Jarak antara menara : 75 m
Berat : 944 ton
nah, itu baru struktur bangunan jembatannya aja gan, sejarahnya Pembangunan jembatan ini dimulai pada bulan April 1962, setelah mendapat persetujuan dari Presiden Soekarno. Biaya pembangunannya diambil dari dana pampasan perang Jepang. Bukan hanya biaya, jembatan inipun menggunakan tenaga ahli dari negara tersebut. Dengan kata lain Semua di tanggung oleh pemerintah jepang dari kontraktor dan pekerja.
Pada awalnya, jembatan ini, dinamai Jembatan Bung Karno. Menurut sejarawan Djohan Hanafiah, pemberian nama tersebut sebagai bentuk penghargaan kepada Presiden RI pertama itu. Bung Karno secara sungguh-sungguh memperjuangkan keinginan warga Palembang, untuk memiliki sebuah jembatan di atas Sungai Musi.
Peresmian pemakaian jembatan dilakukan pada tahun 1965, tepatnya pada tanggal 30 september 1965 oleh Letnan Jenderal Ahmad Yani (pada sore harinya beliau ditangkap dan menjadi korban G30S/PKI). Peresmian ini sekaligus mengukuhkan nama Bung Karno sebagai nama jembatan.
Pada masa itu, jembatan ini adalah jembatan terpanjang di Asia tenggara. Setelah terjadi pergolakan politik pada tahun 1966, ketika gerakan anti-Soekarno sangat kuat, nama jembatan itu pun diubah menjadi Jembatan Ampera (Amanat Penderitaan Rakyat). Tetapi masyarakat palembang lebih suka memanggil jembatan ini dengan sebutan �Proyek Musi�.
Sekitar tahun 2002, ada wacana untuk mengembalikan nama Bung Karno sebagai nama Jembatan Ampera ini. Tapi usulan ini tidak mendapat dukungan dari pemerintah dan sebagian masyarakat.
Keistimewaan Jembatan Ampera
Jembatan Ampera dibandingkan dengan jembatan-jembatan yang ada di Indonesia mempunyai keistimewaan, yaitu :
Pada awalnya, bagian tengah badan jembatan ini bisa diangkat ke atas agar tiang kapal yang lewat dibawahnya tidak tersangkut badan jembatan. Bagian tengah jembatan dapat diangkat dengan peralatan mekanis, dua bandul pemberat masing-masing sekitar 500 ton di dua menaranya. Kecepatan pengangkatannya sekitar 10 meter per menit dengan total waktu yang diperlukan untuk mengangkat penuh jembatan selama 30 menit.
Pada saat bagian tengah jembatan diangkat, kapal dengan ukuran lebar 60 meter dan dengan tinggi maksimum 44,50 meter, bisa lewat mengarungi Sungai Musi. Bila bagian tengah jembatan ini tidak diangkat, tinggi kapal maksimum yang bisa lewat di bawah Jembatan Ampera hanya sembilan meter dari permukaan air sungai.
Sejak tahun 1970, aktivitas turun naik bagian tengah jembatan ini sudah tidak dilakukan lagi. Alasannya, waktu yang digunakan untuk mengangkat jembatan ini dianggap mengganggu arus lalu lintas di atasnya. Alasan lain karena sudah tidak ada kapal besar yang bisa berlayar di Sungai Musi. Pendangkalan yang semakin parah menjadi penyebab Sungai Musi tidak bisa dilayari kapal berukuran besar. Sampai saat ini, Sungai Musi memang terus mengalami pendangkalan dan
Pada tahun 1990, kedua bandul pemberat di menara jembatan ini diturunkan untuk menghindari jatuhnya kedua beban pemberat ini.
[/spoiler] for 1:
http://cdn-u.kaskus.co.id/72/sjgegjua.jpg
for 2:
http://cdn-u.kaskus.co.id/72/wy7rhxhc.jpg
for 3:
http://cdn-u.kaskus.co.id/72/ps5ssgge.gif
for 4:
http://cdn-u.kaskus.co.id/72/yfqhu47f.jpg
for 5:
maaf gan, gambarnya jadul semua... :sorry::sorry:
Jembatan Ampera saat ini
for 1:
http://cdn-u.kaskus.co.id/72/fztjqgph.jpg
for 2:
http://cdn-u.kaskus.co.id/72/ed48nuii.jpg
for 3:
http://cdn-u.kaskus.co.id/72/vam6vdxy.jpg
for 4:
http://cdn-u.kaskus.co.id/72/wf9znixm.jpg
[spoiler=open this] for 5:
http://cdn-u.kaskus.co.id/72/llrbjpf2.jpg
[quote]
dan bagi yang berminat tolong bagi :melonndan:-nya dong gan...
tapi kalo gak :rate5 juga gak papa.. asal jangan :cabendan:
</div>
nih gan.. setau ane cuma satu satunya jembatan yang bisa kayak gini di Indonesia
and kalo masih ade kita bisa share bareng disini... dan langsung aja cekidot gan
Jembatan Ampera adalah sebuah jembatan di kota Palembang, Provinsi Sumatera Selatan, Indonesia.
Jembatan Ampera, yang telah menjadi semacam lambang kota, terletak di tengah-tengah kota Palembang,
menghubungkan daerah Seberang Ulu dan Seberang Ilir yang dipisahkan oleh Sungai Musi. Jembatan ini bisa disebut �Golden Gate� nya Indonesia
Struktur Jembatan Ampera :
Panjang : 1.117 m (bagian tengah 71,90 m)
Lebar : 22 m
Tinggi : 11.5 m dari permukaan air
Tinggi Menara : 63 m dari permukaan tanah
Jarak antara menara : 75 m
Berat : 944 ton
nah, itu baru struktur bangunan jembatannya aja gan, sejarahnya Pembangunan jembatan ini dimulai pada bulan April 1962, setelah mendapat persetujuan dari Presiden Soekarno. Biaya pembangunannya diambil dari dana pampasan perang Jepang. Bukan hanya biaya, jembatan inipun menggunakan tenaga ahli dari negara tersebut. Dengan kata lain Semua di tanggung oleh pemerintah jepang dari kontraktor dan pekerja.
Pada awalnya, jembatan ini, dinamai Jembatan Bung Karno. Menurut sejarawan Djohan Hanafiah, pemberian nama tersebut sebagai bentuk penghargaan kepada Presiden RI pertama itu. Bung Karno secara sungguh-sungguh memperjuangkan keinginan warga Palembang, untuk memiliki sebuah jembatan di atas Sungai Musi.
Peresmian pemakaian jembatan dilakukan pada tahun 1965, tepatnya pada tanggal 30 september 1965 oleh Letnan Jenderal Ahmad Yani (pada sore harinya beliau ditangkap dan menjadi korban G30S/PKI). Peresmian ini sekaligus mengukuhkan nama Bung Karno sebagai nama jembatan.
Pada masa itu, jembatan ini adalah jembatan terpanjang di Asia tenggara. Setelah terjadi pergolakan politik pada tahun 1966, ketika gerakan anti-Soekarno sangat kuat, nama jembatan itu pun diubah menjadi Jembatan Ampera (Amanat Penderitaan Rakyat). Tetapi masyarakat palembang lebih suka memanggil jembatan ini dengan sebutan �Proyek Musi�.
Sekitar tahun 2002, ada wacana untuk mengembalikan nama Bung Karno sebagai nama Jembatan Ampera ini. Tapi usulan ini tidak mendapat dukungan dari pemerintah dan sebagian masyarakat.
Keistimewaan Jembatan Ampera
Jembatan Ampera dibandingkan dengan jembatan-jembatan yang ada di Indonesia mempunyai keistimewaan, yaitu :
Pada awalnya, bagian tengah badan jembatan ini bisa diangkat ke atas agar tiang kapal yang lewat dibawahnya tidak tersangkut badan jembatan. Bagian tengah jembatan dapat diangkat dengan peralatan mekanis, dua bandul pemberat masing-masing sekitar 500 ton di dua menaranya. Kecepatan pengangkatannya sekitar 10 meter per menit dengan total waktu yang diperlukan untuk mengangkat penuh jembatan selama 30 menit.
Pada saat bagian tengah jembatan diangkat, kapal dengan ukuran lebar 60 meter dan dengan tinggi maksimum 44,50 meter, bisa lewat mengarungi Sungai Musi. Bila bagian tengah jembatan ini tidak diangkat, tinggi kapal maksimum yang bisa lewat di bawah Jembatan Ampera hanya sembilan meter dari permukaan air sungai.
Sejak tahun 1970, aktivitas turun naik bagian tengah jembatan ini sudah tidak dilakukan lagi. Alasannya, waktu yang digunakan untuk mengangkat jembatan ini dianggap mengganggu arus lalu lintas di atasnya. Alasan lain karena sudah tidak ada kapal besar yang bisa berlayar di Sungai Musi. Pendangkalan yang semakin parah menjadi penyebab Sungai Musi tidak bisa dilayari kapal berukuran besar. Sampai saat ini, Sungai Musi memang terus mengalami pendangkalan dan
Pada tahun 1990, kedua bandul pemberat di menara jembatan ini diturunkan untuk menghindari jatuhnya kedua beban pemberat ini.
[/spoiler] for 1:
http://cdn-u.kaskus.co.id/72/sjgegjua.jpg
for 2:
http://cdn-u.kaskus.co.id/72/wy7rhxhc.jpg
for 3:
http://cdn-u.kaskus.co.id/72/ps5ssgge.gif
for 4:
http://cdn-u.kaskus.co.id/72/yfqhu47f.jpg
for 5:
maaf gan, gambarnya jadul semua... :sorry::sorry:
Jembatan Ampera saat ini
for 1:
http://cdn-u.kaskus.co.id/72/fztjqgph.jpg
for 2:
http://cdn-u.kaskus.co.id/72/ed48nuii.jpg
for 3:
http://cdn-u.kaskus.co.id/72/vam6vdxy.jpg
for 4:
http://cdn-u.kaskus.co.id/72/wf9znixm.jpg
[spoiler=open this] for 5:
http://cdn-u.kaskus.co.id/72/llrbjpf2.jpg
[quote]
dan bagi yang berminat tolong bagi :melonndan:-nya dong gan...
tapi kalo gak :rate5 juga gak papa.. asal jangan :cabendan:
</div>