Log in

View Full Version : �� Mengenal & Memperbaiki Mobil Sendiri �� - Part 2


pingpong
27th May 2012, 07:12 PM
http://digiartport.net/daarulnaeem/bism/bismilaB0.gif



http://1.bp.blogspot.com/-aMvoekE22OE/TxVPeGuVmjI/AAAAAAAAA_c/iU9b5XT3tI8/s1600/hau2qsom+%25281%2529.gif




Thread by Toxz2710



[/quote]












http://static.kaskus.co.id/images/smilies/sumbangan/05.gif MENGENAL DAN MEMPERBAIKI MOBIL SENDIRI http://static.kaskus.co.id/images/smilies/sumbangan/05.gif













GANGGUAN PENYEBAB DAN TINDAKAN













Mesin Tidak Berputar


http://t2.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcR6l72RruRArb6IU41uh7EEda5Ze7dMx JR11OyW-30pgQKO0dSACw







Penyebab : Sakelar pengapian rusak



Tindakan : Sambungkan aki dan terminal-terminal starter dengan kabel langsung, jika senoid (kumparan) berbunyi 'klik' maka kontaknya rusak. Ganti dengan yang baru menurut keperluan.












Penyebab : Sambungan aki putus atau longgar, aki kosong atau (pada mobil bertransmisi) sakelar pengaman netral rusak. Jika relay starter berbunyi 'klik' tetapi mesin tidak berputar, periksa starter sambungannya dengan kemungkinan kondisi rusak.



Tindakan : Perbaiki bagian-bagian penyebab menurut keperluan


















Mesin berputar tetapi tidak mau hidup


http://www.chem-is-try.org/wp-content/uploads/2009/07/mobil-mogok.jpg







Penyebab : Platina terbakar atau berlobang



Tindakan : Ganti dengan platina baru












Penyebab : Menara-menara distribusi atau terminal-terminalnya berkaitan



Tindakan : Bersihkan atau ganti dengan yang baru.












Penyebab : Kap pengapian (koil) atau kabel tegangan yang bertegangan tingii dalam kondisi basah



Tindakan : Bersihkan, keringkan atau ganti dengan yang baru bila diperlukan












Penyebab : Kebocoran berlebihan pada tekanan (resistor) kondensor output atau isolasi



Tindakan : Periksa dengan alat penguji (tester) distributor dan kondensator. Pastikan bahwa sambungan ke kondensator tidak rusak. Atau ganti dengan yang baru bila perlu.












Penyebab : Kumparan (koil) rusak



Tindakan : Cabut kabel pusat dari kap distributor dan dekatkan antara 1 sampai 1,5 cm pada blok mesin. Jika tidak ada lompatan api atau ada tapi dengan kondisi yang lemah, maka koilnya rusak atau ada kerusakan pada sirkuit primer.












Penyebab : Tahanan ( wesrstand, resistance ) primer tidak tepat



Tindakan : Periksa penurunan voltage pada kabel atau balast tahap primer dengan sebuah voltameter, atau ukur tahanan unit tersebut dengan menggunakan ohm meter untuk memastikan bahwa syarat-syarat pabrik terpenuhi. Pemeriksaan cepat untuk mengetahui rusak atau tidaknya tahanan primer, dilakukan dengan mem bypass (menyambung sirkuit primer tanpa melalui unit tahanan tersebut dengan kabel langsung).


















Mesin susah distart


http://4.bp.blogspot.com/_DgUuADq_q5M/SrEPh8hlSiI/AAAAAAAAAzY/A7fsZbTM62Y/s320/mobil+mogok.jpg







Penyebab : Api busi lemah



Tindakan : Periksa keadaan platina dan kawat sirkuit primer, kemungkinan salah sambung












Penyebab : Sambungan sirkuit koil terbuka atau korsleting dengan massa



Tindakan : Sambungkan sebuah lampu penguji 110 volt pada terminal-terminal primer koil. Jika lampu tidak menyala, maka sambungan sirkuit primer terbuka (terputus). Sambungkan lampu tersebut antara terminal tekanan tinggi dengan terminal-terminal primer koil. Sambungkan salah satu terminal lampu pada tabung koil dan terminal lainnya pada terminal tegangan tinggi dan primer. Jika lampunya menyala atau terjadi lompatan api pada titik kontak, maka kumparan koil korsleting dengan massa.












Penyebab : Busi kotor atau kurang tepat pemasangannya



Tindakan : Bersihkan busi dan pasang ulang dengan baik












Penyebab : Kabel busi pecah atau rusak



Tindakan : Perbaiki atau ganti dengan yang baru. Ukur tahanan pada kabel-kabel tekanan tinggi dengan ohmmeter untuk memastikan bahwa syarat-syarat pabrik terpenuhi.












Penyebab : Aki lemah atau rusak



Tindakan : Isi ulang aki atau ganti dengan yang baru.


















Mesin susah distart dalam kondisi panas


http://1.bp.blogspot.com/_lzgaprIqcsY/TOC_l6rPwRI/AAAAAAAABA4/xv5KxCn5rcQ/s320/mobil%2Bmogok.jpeg







Penyebab : Api bocor antara kabel dan busi



Tindakan : Jika api tidak mampu menjembatani jarak antara 1/4 sampai 3/8 inci secara teratur, periksa keadaan platina, kondensator dan koil.












Penyebab : Cuk macet tertutup



Tindakan : Lepaskan menurut keperluan












Penyebab : Motor starter atau kabelnya rusak



Tindakan : Perbaikan atau ganti dengan yang baru












Penyebab : Mesin terlalu panas



Tindakan : Periksa bagian pendingin mesin seperti radiator. Servis jika diperlukan.


















Mesin susah distart dalam kondisi dingin




http://oketips.com/wp-content/uploads/2011/05/Tips-Otomotif-Tips-Menghindari-Penyebab-Mobil-Mogok.jpg







Penyebab : Satu komponen atau lebih dari bagian pengapian bekerja kurang sempurna



Tindakan : Periksa seluruh bagian pengapian dengan alat atau pengujian yang cocok












Penyebab : Aki lemah atau rusak



Tindakan : Isi aki atau ganti dengan yang baru.












Penyebab : Oli terlalu kental



Tindakan : Buang dan ganti dengan oli yang cocok untuk kondisi mesin.


















Mesin berjalan tetapi pengapian tidak rata pada kecepatan tinggi


http://rezkybatari.files.wordpress.com/2011/04/mobil-mogok.jpg?w=300&h=225







Penyebab : Busi kotor atau stelan gap nya kurang tepat



Tindakan : Bersihkan busi, dan stel ulang pemasangannya.


















Mesin berjalan kurang sempurna pada kecepatan tinggi


http://cybermed.cbn.net.id/UserFiles/Image/cyberman/Automotive%20Tips/6371.jpg









Penyebab : Stelan saat (timing) pengapian terlalu "na"(terlambat)



Tindakan : Stel menurut ketentuan.












Penyebab : Ujung pemutusan distributor rusak



Tindakan : Ganti !












Penyebab : Busi kotor, stelan gap nya kurang tepat atau jangkauan panasnya tidak cocok untuk mesin tertentu



Tindakan : Bersihkan, stel atau ganti.












Penyebab : Koil atau kondensator tidak bekerja semestinya



Tindakan : Periksa dengan alat pengapian yang tepat. Ganti jika perlu.


















Boros Bensin


http://minangkabaunews.com/foto_berita/medium_6bensin-boros.jpg







Penyebab : Ujung-ujung pemutusan distributor kotor atau stelannya kurang tepat



Tindakan : Bersihkan, stel lagi atau ganti












Penyebab : Timing pengapian, stelannya kurang tepat.



Tindakan : Stel menurut ketentuan












Penyebab : Setelan maju distributor kurang tepat



Tindakan : Periksa dengan tester dan perbaiki menurut ketentuan.


















Akselerasi Kurang


http://t2.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcTJgGZm2fIibGKQtGJ0HUJD4yhz_slpI qiCkAOiDgbxSY0O3kQh







Penyebab : Timing pengapian terlalu terbelakang



Tindakan : Periksa dengan tester dan perbaiki menurut ketentuan












Penyebab : Busi kotor atau setelan gapnya kurang tepat



Tindakan : Bersihkan, stel ulang atau ganti.












Penyebab : Platina kotor



Tindakan : Periksa dan bersihkan setelan maju distributor


















Ban mencicit ketika berbelok


http://www.dapurpacu.com/wp-content/uploads/2011/02/ban_aus_031-460x306.jpg







Penyebab : Tekanan ban kurang atau tidak sama



Tindakan : Pompa menurut ketentuan












Penyebab : Poros atau spidlenya bengkok



Tindakan : Ganti bagian-bagian yang rusak












Penyebab : Sambungan peluru (ball joint) suspensi depan atau sambungan kemudi kurang longgar



Tindakan : Setel ulang dan longgarkan


















Putaran kemudi sukar kembali


http://2.bp.blogspot.com/_-BGvCNcOv5A/S_5BIDkVQII/AAAAAAAAABw/u-c2eQx7a9I/s1600/64457.jpg







Penyebab : Sambungan kemudi dan sambungan peluru (ball joint) terlalu seret



Tindakan : Lumasi dan longgarkan






[quote]





Penyebab : Tekanan pompa hidrolis kurang tinggi (khusus untuk kemudi hidrolis)



Tindakan : Pompa diperbaiki atau saluran-saluran yang tersumbat dibersihkan



















</div>