Log in

View Full Version : [Diskusi] Pengenalan Sistem Cospas-Sarsat, Pendeteksian Dini Suatu Musibah


belanjayuk
27th May 2012, 06:22 PM
[/quote]





COSPAS-SARSAT













Pendahuluan



















Penjelasan Singkat

Cospas-Sarsat merupakan sistem search and Rescue (SAR) berbasis satelit internasional yang pertama kali digagas oleh empat negara yaitu Perancis, Kanada, Amerika Serikat dan Rusia (dahulu Uni Soviet) pada tahun 1979. Misi program Cospas-Sarsat adalah untuk memberikan bantuan pelaksanaan SAR dengan menyediakan distress alert dan data lokasi secara akurat, terukur serta dapat dipercaya kepada seluruh komonitas internasional. Tujuannya agar dikuranginya sebanyak mungkin keterlambatan dalam melokasi suatu distress alert sehingga operasi akan berdampak besar dalam peningkangkatan probabilitas keselamatan korban. Keempat negara tersebut mengemabangkan suatu sistem satelit yang mampu mendeteksi beacon pada frekuensi 121,5/243 MHz dan 406 MHz. Emergency Position-Indicating Radio Beacon (EPIRB)adalah beacon 406 Mhz untuk pelayaran merupakan elemen dari Global Maritime Distress Safety System (GMDSS) yang didesain beroperasi dengan sistem the Cospas-Sarsat. EPIRB sekerang menjadi persyaratan dalam konvensi internasioal bagi kapal Safety of Life at Sea (SOLAS). Mulai 1 Februari 2009, sistem Cospas-Sarsat hanya akan memproses beacon pada frekuensi 406 MHz. Cospas merupakan akronim dari Cosmicheskaya Sistyema Poiska Avariynich Sudov sedangkan Sarsat merupakan akronim dari Search And Rescue Satellite-Aided Tracking

Prinsip Kerja

Ketika beacon aktif, sinyal akan diterima oleh satelit selanjutnya diteruskan ke Local User Terminal (LUT) untuk diproses seperti penentuan posisi, encoded data dan lain-lainnya. Selanjutnya data ini diteruskan ke Mission Control Cetre (MCC) di manage. Bila posisi tersebut diluar wilayahnya akan dikirim ke MCC yang bersangkutan, bila di dalam wilayahnya makan akan diteruskan ke instansi yang bertanggung jawab


















Sistem Cospas-Sarsat












A. Space Segmen








Space Segmen merupakan salah satu dari 3 segmen sistem cospas-sarsat, Space Segment pada sistem ini adalah SATELITE. saat ini terdapat 2 jenis space segmen.
Satelite berorbit rendah (Low Earth Orbit)Low Earth Orbit atau yang biasa disingkat LEOSAT, berorbit pada ketinggian 600KM s/d 1000 Km, LEOSAT saat ini terdiri dari 6 Satelite yang terdiri dari :

Sarsat 7
Sarsat 8
Sarsat 9
Sarsat 10
Sarsat 11
Sarsat 12
Adapun secara simulasi bisa digambarkan sebagai berikut.






http://i1271.photobucket.com/albums/jj626/ForexDailly/ELT/contohsatelitependeteksibeaconleo.jpg







Satelite berorbit pada Geostasionary (Geostasionary Orbit)Geostasionary Orbit biasa disebut dengan istilah GEOSAT, GEOSAT berada pada ketinggian 36.000Km diatas permukaan bumi, adapun yang dipakai oleh COSPAS-SARSAT saat ini hanya ada 4 yaitu :

Goes East
Goes West
MSG-2
Elektro L*

*) Masih dalam tahap uji coba
Adapun secara simulasi bisa digambarkan sebagai berikut.






http://i1271.photobucket.com/albums/jj626/ForexDailly/ELT/geo.jpg


























B. Ground Segmen








Ground Segmen adalah tempat untuk memproses data-data yang diterima dari kedua jenis satelit diatas, yang terdiri dari :
LUT (Local User Terminal)

Yang dimaksud dengan Local User Teriminal adalah suatu stasiun bumi kecil yang bertugas untuk menerima data dari satelite baik yang direlaykan secara langsung maupun data yang tersimpan pada memory satelite.

LUT bertindak sebagai penerima data yang dikirimkan oleh satelite, seperti yang kita ketahui diatas bahwa satelite terdiri dari 2 jenis satelite yang pertama adalah LEOSAT yang akan ditrack oleh LEOLUT dan yang kedua adalah GEOSAT yang akan ditrack oleh GEOLUT.
OCC (Operation Control Center)

Yang dimaksud dengan OCC adalah tempat pemprosesan data dari LUT, untuk mendapatkan lokasi dari beacon yang terdeteksi oleh satelite.

Tidak semua semua negara memiliki OCC dan LUT. Hanya negara-negara yang bergabung dalam organisasi COSPAS-SARSAT.
Berikut ini adalah negara yang aktif dalam organisasi COSPAS-SARSAT.








http://www.cospas-sarsat.org/images/stories/participants_map.jpg






Yang teridiri dari : -= Indonesia termasuk didalamnya loh.. :) =-

Algeria: Ministry of Defence
Argentina: Satellite Emergency Alert Service
Australia: Australian Maritime Safety Authority (AMSA)
Brazil: Air Space Control Department (DECEA)
Canada: National Search and Rescue Secretariat (NSS)
Chile: Search and Rescue Service of the Chilean Air Force
China (P.R. of): Maritime Safety Administration
Cyprus: Lanarca Joint Rescue Co-ordination Centre (JRCC)
Denmark: Civil Aviation Administration (Statens Luftfartsvaesen)
Finland: Ministry of the Interior / Finnish Border Guard
France: National Space Centre (CNES)
Germany: Ministry of Transport, Aeronautical Department
Greece: Ministry of Merchant Marine
India: Indian Space Research Organisation (ISRO)
Indonesia: National SAR Agency (BASARNAS)
Italy: Department of Civil Protection
Japan: Japan Coast Guard
Korea (Rep. of): Korea National Maritime Police Agency
Madagascar: Search and Rescue Coordination Centre
Netherlands (The): Netherland Coastguard
New Zealand: National Search and Rescue Centre
Nigeria: National Emergency Management Agency
Norway: Ministry of Justice
Pakistan: Space and Upper Atmosphere Research Commission (SUPARCO)
Peru: Direction-General of Captaincy and Coastguard
Poland: Civil Aviation Office
Russian Federation: State Enterprise Morsviazsputnik
Saudi Arabia: Presidency of Civil Aviation
Serbia: Civil Aviation Directorate of the Republic of Serbia
Singapore: Civil Aviation Authority of Singapore
South Africa: South African Maritime Safety Agency (SAMSA)
Spain: National Institute of Aerospace Engineering (INTA)
Sweden: Swedish Civil Contingencies Agency
Switzerland: Federal Office for Civil Aviation
Thailand: Department of Aviation
Tunisia: Ministry of Transport (DGAC)
Turkey: General Directorate of Maritime Transportation
UAE: Telecommunications Regulatory Authority (TRA)
UK: Maritime and Coastguard Agency, Department of Transport
USA: National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA)
Vietnam: Vietnam Maritime Administration (VINAMARINE), Ministry of Transport



















C. Beacon Segmen








Beacon Segmen atau yang biasa disingkat beacon, ada tiga jenis beacon yang dikenal oleh COSPAS-SARSAT.


ELT : Emergency Locator Transmitter, yang digunakan oleh sektor Penerbangan
EPIRB : Emergency Position Indicator Radio beacon yang digunakan oleh sektor Pelayaran
PLB : Personal Locator Beacon. digunakan untuk sektor perorangan.
Adapun Bentuk dari Beacon adalah sebagai berikut :




[/spoiler][spoiler=open this] for bentuk beacon:






http://w14.itrademarket.com/pdimage/00/1521500_maxg.jpg



http://coloradomountainjournal.com/wp-content/uploads/2010/01/PLB.jpg



http://www.boaterbarn.com/images_products/revere_fastfind_210_plb_w_31147big.gif









Beacon yang ada sekarang ini memiliki kelebihan dibandingkan yang terdahulu.
Support dengan GPS.
Ringan dan memiliki variasi bentuk.



















Referensi.

1. Wikipedia : http://id.wikipedia.org/wiki/Cospas-Sarsat

2. COSPAS-SARSAT: www.cospas-sarsat.org (http://www.cospas-sarsat.org)












JIKA ADA PERTANYAAN SILAHKAN TANYA, TS AKAN BERUSAHA UNTUK MENJAWABNYA.

Thread TS Yang berkaitan juga dengan COSPAS-SARSAT

[diskusi] tanya jawab mengenai PLB dan sistem COSPAS-SARSAT (http://ceriwis.us/showthread.php?t=5630945)







[quote]





:::: Biasakan Comment dan Rate Yah Gan. ::::








</div>