Ceriwis  

Go Back   Ceriwis > DISKUSI > Lounge

Lounge Berita atau artikel yang unik, aneh, dan menambah wawasan semuanya ada disini dan bisa dishare disini.

Reply
 
Thread Tools
  #1  
Old 27th May 2012
belanjayuk's Avatar
belanjayuk belanjayuk is offline
Ceriwis Lover
 
Join Date: May 2012
Posts: 1,958
Rep Power: 16
belanjayuk mempunyai hidup yang Normal
Default [Diskusi] Pengenalan Sistem Cospas-Sarsat, Pendeteksian Dini Suatu Musibah

[/quote]
Quote:





COSPAS-SARSAT






Quote:





Pendahuluan





Quote:





Quote:





Penjelasan Singkat

Cospas-Sarsat merupakan sistem search and Rescue (SAR) berbasis satelit internasional yang pertama kali digagas oleh empat negara yaitu Perancis, Kanada, Amerika Serikat dan Rusia (dahulu Uni Soviet) pada tahun 1979. Misi program Cospas-Sarsat adalah untuk memberikan bantuan pelaksanaan SAR dengan menyediakan distress alert dan data lokasi secara akurat, terukur serta dapat dipercaya kepada seluruh komonitas internasional. Tujuannya agar dikuranginya sebanyak mungkin keterlambatan dalam melokasi suatu distress alert sehingga operasi akan berdampak besar dalam peningkangkatan probabilitas keselamatan korban. Keempat negara tersebut mengemabangkan suatu sistem satelit yang mampu mendeteksi beacon pada frekuensi 121,5/243 MHz dan 406 MHz. Emergency Position-Indicating Radio Beacon (EPIRB)adalah beacon 406 Mhz untuk pelayaran merupakan elemen dari Global Maritime Distress Safety System (GMDSS) yang didesain beroperasi dengan sistem the Cospas-Sarsat. EPIRB sekerang menjadi persyaratan dalam konvensi internasioal bagi kapal Safety of Life at Sea (SOLAS). Mulai 1 Februari 2009, sistem Cospas-Sarsat hanya akan memproses beacon pada frekuensi 406 MHz. Cospas merupakan akronim dari Cosmicheskaya Sistyema Poiska Avariynich Sudov sedangkan Sarsat merupakan akronim dari Search And Rescue Satellite-Aided Tracking

Prinsip Kerja

Ketika beacon aktif, sinyal akan diterima oleh satelit selanjutnya diteruskan ke Local User Terminal (LUT) untuk diproses seperti penentuan posisi, encoded data dan lain-lainnya. Selanjutnya data ini diteruskan ke Mission Control Cetre (MCC) di manage. Bila posisi tersebut diluar wilayahnya akan dikirim ke MCC yang bersangkutan, bila di dalam wilayahnya makan akan diteruskan ke instansi yang bertanggung jawab











Quote:





Sistem Cospas-Sarsat





Quote:





A. Space Segmen

Quote:





Space Segmen merupakan salah satu dari 3 segmen sistem cospas-sarsat, Space Segment pada sistem ini adalah SATELITE. saat ini terdapat 2 jenis space segmen.
  1. Satelite berorbit rendah (Low Earth Orbit)
    Low Earth Orbit atau yang biasa disingkat LEOSAT, berorbit pada ketinggian 600KM s/d 1000 Km, LEOSAT saat ini terdiri dari 6 Satelite yang terdiri dari :
    • Sarsat 7
    • Sarsat 8
    • Sarsat 9
    • Sarsat 10
    • Sarsat 11
    • Sarsat 12
    Adapun secara simulasi bisa digambarkan sebagai berikut.
  1. Quote:











  2. Satelite berorbit pada Geostasionary (Geostasionary Orbit)
    Geostasionary Orbit biasa disebut dengan istilah GEOSAT, GEOSAT berada pada ketinggian 36.000Km diatas permukaan bumi, adapun yang dipakai oleh COSPAS-SARSAT saat ini hanya ada 4 yaitu :
    • Goes East
    • Goes West
    • MSG-2
    • Elektro L*

      *) Masih dalam tahap uji coba
    Adapun secara simulasi bisa digambarkan sebagai berikut.
  3. Quote:










Quote:










Quote:





B. Ground Segmen

Quote:





Ground Segmen adalah tempat untuk memproses data-data yang diterima dari kedua jenis satelit diatas, yang terdiri dari :
  1. LUT (Local User Terminal)

    Yang dimaksud dengan Local User Teriminal adalah suatu stasiun bumi kecil yang bertugas untuk menerima data dari satelite baik yang direlaykan secara langsung maupun data yang tersimpan pada memory satelite.

    LUT bertindak sebagai penerima data yang dikirimkan oleh satelite, seperti yang kita ketahui diatas bahwa satelite terdiri dari 2 jenis satelite yang pertama adalah LEOSAT yang akan ditrack oleh LEOLUT dan yang kedua adalah GEOSAT yang akan ditrack oleh GEOLUT.
  2. OCC (Operation Control Center)

    Yang dimaksud dengan OCC adalah tempat pemprosesan data dari LUT, untuk mendapatkan lokasi dari beacon yang terdeteksi oleh satelite.

    Tidak semua semua negara memiliki OCC dan LUT. Hanya negara-negara yang bergabung dalam organisasi COSPAS-SARSAT.
Berikut ini adalah negara yang aktif dalam organisasi COSPAS-SARSAT.

Quote:











Yang teridiri dari : -= Indonesia termasuk didalamnya loh.. =-
  • Algeria: Ministry of Defence
  • Argentina: Satellite Emergency Alert Service
  • Australia: Australian Maritime Safety Authority (AMSA)
  • Brazil: Air Space Control Department (DECEA)
  • Canada: National Search and Rescue Secretariat (NSS)
  • Chile: Search and Rescue Service of the Chilean Air Force
  • China (P.R. of): Maritime Safety Administration
  • Cyprus: Lanarca Joint Rescue Co-ordination Centre (JRCC)
  • Denmark: Civil Aviation Administration (Statens Luftfartsvaesen)
  • Finland: Ministry of the Interior / Finnish Border Guard
  • France: National Space Centre (CNES)
  • Germany: Ministry of Transport, Aeronautical Department
  • Greece: Ministry of Merchant Marine
  • India: Indian Space Research Organisation (ISRO)
  • Indonesia: National SAR Agency (BASARNAS)
  • Italy: Department of Civil Protection
  • Japan: Japan Coast Guard
  • Korea (Rep. of): Korea National Maritime Police Agency
  • Madagascar: Search and Rescue Coordination Centre
  • Netherlands (The): Netherland Coastguard
  • New Zealand: National Search and Rescue Centre
  • Nigeria: National Emergency Management Agency
  • Norway: Ministry of Justice
  • Pakistan: Space and Upper Atmosphere Research Commission (SUPARCO)
  • Peru: Direction-General of Captaincy and Coastguard
  • Poland: Civil Aviation Office
  • Russian Federation: State Enterprise Morsviazsputnik
  • Saudi Arabia: Presidency of Civil Aviation
  • Serbia: Civil Aviation Directorate of the Republic of Serbia
  • Singapore: Civil Aviation Authority of Singapore
  • South Africa: South African Maritime Safety Agency (SAMSA)
  • Spain: National Institute of Aerospace Engineering (INTA)
  • Sweden: Swedish Civil Contingencies Agency
  • Switzerland: Federal Office for Civil Aviation
  • Thailand: Department of Aviation
  • Tunisia: Ministry of Transport (DGAC)
  • Turkey: General Directorate of Maritime Transportation
  • UAE: Telecommunications Regulatory Authority (TRA)
  • UK: Maritime and Coastguard Agency, Department of Transport
  • USA: National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA)
  • Vietnam: Vietnam Maritime Administration (VINAMARINE), Ministry of Transport











Quote:





C. Beacon Segmen

Quote:





Beacon Segmen atau yang biasa disingkat beacon, ada tiga jenis beacon yang dikenal oleh COSPAS-SARSAT.
  1. ELT : Emergency Locator Transmitter, yang digunakan oleh sektor Penerbangan
  2. EPIRB : Emergency Position Indicator Radio beacon yang digunakan oleh sektor Pelayaran
  3. PLB : Personal Locator Beacon. digunakan untuk sektor perorangan.
Adapun Bentuk dari Beacon adalah sebagai berikut :




[/spoiler][spoiler=open this] for bentuk beacon:
























Beacon yang ada sekarang ini memiliki kelebihan dibandingkan yang terdahulu.
  1. Support dengan GPS.
  2. Ringan dan memiliki variasi bentuk.











Quote:





Referensi.

1. Wikipedia : http://id.wikipedia.org/wiki/Cospas-Sarsat

2. COSPAS-SARSAT: www.cospas-sarsat.org





Quote:





JIKA ADA PERTANYAAN SILAHKAN TANYA, TS AKAN BERUSAHA UNTUK MENJAWABNYA.

Thread TS Yang berkaitan juga dengan COSPAS-SARSAT

[diskusi] tanya jawab mengenai PLB dan sistem COSPAS-SARSAT






[quote]





:::: Biasakan Comment dan Rate Yah Gan. ::::










Reply With Quote
Reply


Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off


 


All times are GMT +7. The time now is 05:53 AM.


no new posts