Log in

View Full Version : Alasan Sesungguhnya Kita Harus Matiin Mesin Kendaraan Saat Traffic Light Nyala Merah


kuningtelur
27th May 2012, 06:16 PM
Juragan udah gak asing dengan traffic light yang dilengkapi dengan timer bukan?



[/spoiler] for Bangjo:




http://iqmal.staff.ugm.ac.id/wp-content/uploads/timer-traffic.jpg











[/quote]





Di Jogja, beberapa timer traffic light menyarankan untuk mematikan mesin kendaraan saat lampu merah menyala melalui running textnya. Kurang lebih isi running textnya gini: "Matikan Mesin Hingga Detik Ke-20, Hemat BBM".












Menurut ane, alasan sesungguhnya knapa kita sebaiknya matiin mesin kendaraan saat lampu merah menyala bukan untuk menghemat BBM.







Ini nih penyebabnya:



for Bikin Bengek:




http://t3.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcQEgUUyaU4Mzqig3Ql0ot3DLtyswlmo6 KKqhJcbgSooU5KBv6kahlLkPic











for Bikin Bengek:




http://t1.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcSpJINi-Lrm3n8fZ736gkTn_gV9bTFfwgJBdMUqUrhTGBuPwUmJUgYUzT4











for Bikin Bengek:




http://t3.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcR2MVQyouYHjzcYGbHz_-DOMVmyUIi6qcNut1N88CSYHAinojMV3RI7Fw



















Tahukah agan2 kalau persimpangan jalan merupakan salah satu spot dimana terjadi akumulasi partikel polutan yang bersumber dari asap kendaraan bermotor. Polutan itu antara lain timbal,karbon monoksida, nitrogen dioksida dan sulfur dioksida. Namanya partikel tu kan kecil banged gan,jadi gak berasa aja tuh kalo kehirup waktu kita napas. Yang jelas bikin kita bengek n glagepan kaga bisa napas,,,



Nah,dari uraian tadi agan uda ngerti kan knapa sebaiknya kita mematikan mesin kendaraan bermotor kita. Yup, hal ini untuk meminimalisir akumulasi polutan di persimpangan jalan. Jadi, seyogyanya kita memang mematikan mesin kendaraan kita saat lampu traffic light masih menyala merah dan count down timernya masi lama sebelum lampu nyala ijo. Kasian buat sodara kita sesama pemakai jalan atau pengendara kendaraan bermotor yang kebetulan gak pake masker atau full face helmet. Ya gak??












Intinya, ane melalui thread ini ingin mengajak agan-agan semua untuk meminimalisir akumulasi polutan di persimpangan jalan. Paling gak bisa mulai diterapin di traffic light yang timer dari lampu merah ke lampu ijo-nya relatif lama, katakanlah lebih dari 60 detik. Trus jg buat agan-agan yang memiliki kendaraan pribadi yang gak rewel kalo mw diidupin lagi.Gimana, setuju kagak??Heheu,,












http://t3.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcQS7PY13NbCaeujRz2LlxQtGFYU_FZou Wf8tAjWlRTIQq1m9MXlfDaxFghttp://t0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcT8xp2s7EYdESG06fjgdnCQMTohohSEQ ke1lI0txEeVSz-73attAw6Astohttp://t3.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcRypfnaXOqbDBjgwOr0b09n1B23vnZwq Bq8Byi5zfuHHFYHLjp2FJy2pdAhttp://t0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcR0_eSVrelLKPFkJdn_mFY_tlJ6eCq0h I4J9geevKT0rj2HStJE28TThxprhttp://t1.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcTXaRpXzU7Sj0P-kX-d0QzFqOsP2Cs_HD8S9F5QSBBcYLP0rk4GCjSPyPwhttp://t2.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcQRor-1eWMf6bfbM7mJ5f0SBkP3bmCYHMBGU28vx0OtyVxcjJj0WTAw6 g













PERUBAHAN DIMULAI DARI HAL KECIL DAN DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI. BERI CONTOH DARI TINDAKAN BUKAN UCAPAN. SALAM SEMANGAT UNTUK MENJADI PRIBADI YANG LEBIH BAIK!!!













7 Hal Kecil Yang Dapat Anda Lakukan Untuk Bumi
(http://ceriwis.us/showthread.php?t=7930990)






for Patut Dicontoh:












Originally Posted by stopwatch
http://static.kaskus.co.id/images/buttons/viewpost.gif (http://www.ceriwis.us/showthread.php?p=420191319#post420191319)


Ane udah nglakuin sejak lama, secara feeling aja, pasti kita bisa ngira-ngira emisinya kaya apa.

Bukan hanya di lampu merah, pas ada kereta lewat juga ane matiin mesin gan.














Originally Posted by VirtualBox
http://static.kaskus.co.id/images/buttons/viewpost.gif (http://www.ceriwis.us/showthread.php?p=419238747#post419238747)


setuju gan, saya dukung banget soal matiin mesin ini. apalagi kalo misalnya agan di jakarta, dan kebetulan di perempatan besar ATRIUM SENEN yang GEDE, RAME, dan countdown nya sampe 5 MENIT!!! http://static.kaskus.co.id/images/smilies/sumbangan/crazy.gif

oyah ga cuma di perempatan, tapi juga di PARKIRAN BASEMENT! kalo misal lagi pada ngantri dapetin karcis mending matiin juga mesinnya http://static.kaskus.co.id/images/smilies/sumbangan/47.gif















for Komen Agan2:












Originally Posted by arya.hendra
http://static.kaskus.co.id/images/buttons/viewpost.gif (http://www.ceriwis.us/showthread.php?p=402646355#post402646355)


walah..bener2 gan kata agan..kebetulan ane dari teknik lingkungan, ane juga pernah dapet kuliah itu, ternyata emisi yang dikeluarkan di lampu merah itu lebih besar daripada di jalan..maka dari itu harus dimatikan mesinnya pas di lampu merah














Originally Posted by akutenaniki
http://static.kaskus.co.id/images/buttons/viewpost.gif (http://www.ceriwis.us/showthread.php?p=402687355#post402687355)


setau ane dari baca2 emang emisi kendaraan bermotor pada saat berhenti lebih besar daripada kendaraan yang sedang bergerak, sori kalo salah :)















for Belajar dari Jepang:












Originally Posted by lindy85
http://static.kaskus.co.id/images/buttons/viewpost.gif (http://www.ceriwis.us/showthread.php?p=402620551#post402620551)


Kalo di Jepang pada tertib gan. Saat lampu merah semua mesin mati serentak karena kalo nggak mati, langsung disamperin polisi kena tilang -_-














Originally Posted by DonLoder
http://static.kaskus.co.id/images/buttons/viewpost.gif (http://www.ceriwis.us/showthread.php?p=402635150#post402635150)


Ane juga pernah interview ama relawan lingkungan dari Jepang gan, ternyata mereka bener matiin kendaraan pas lampu merah, salut deh















Originally Posted by IcarusTrident
http://static.kaskus.co.id/images/buttons/viewpost.gif (http://www.ceriwis.us/showthread.php?p=402650147#post402650147)


dulu pernah ke jepang ke tempat temen, trus ane nyobain tu motor matic jepang, pas lampu merah ane ga tau kan hrs matiin, en emg bener2 tu serentak mati mesin semua ane jg bingung apa mogok mesin massal :p..

temen ane ud cubit2 buruan matiinnn tar di samperinn polisiiii

polisiiny ud melirik ane gan -_-

ane lgs buru2 matiin

















for Penjelasan Terkait Udara : Bahan Bakar:












Originally Posted by kt.project.d
http://static.kaskus.co.id/images/buttons/viewpost.gif (http://www.ceriwis.us/showthread.php?p=402799588#post402799588)


Maap gan, ane ralat..

Perbandingan udara : bahan bakar

Start dingin = 1 udara : 1 bahan bakar

Idling (langsam) = 15 sampai 18 udara : 1 bahan bakar

Akselerasi = 8 sampai 10 udara : 1 bahan bakar

Berjalan = 10 sampai 13 udara : 1 bahan bakar

Deselerasi = 6 sampai 8 udara : 1 bahan bakar

Catatan, makin banyak jumlah udara, makin kurus campurannya (irit)

:naikkuda:

Maap kalo postingan ane yg sbelumna kebalik antara udara dan bahan bkar, udah ngantuk2 nulisnya :p

:naikkuda:http://img.kaskus.co.id/images/kaskusmobile_hp.gif
















for Penjelasan Terkait ACCU:












Originally Posted by kt.project.d
http://static.kaskus.co.id/images/buttons/viewpost.gif (http://www.ceriwis.us/showthread.php?p=402666004#post402666004)


Sesekali ngengkol starter, olahraga biar sehat gan :p

Aki motor ataupun mobil hanya berperan besar saat start. Ya, benar, konsumsi arus listrik paling besar saat start, apalagi si dinamo starter tsb emang btuh arus yg besar. Tapi, setelah mesin hidup, tugas menyuplai arus listrik diambil alih sm sistem pengisian (alternator pd mobil, sepul pengisian pd motor) trus si aki gmana?

Ya dia nyantai.

Ga da guna dong?

Enggak juga... Kalo mesin dah idup, si aki berfungsi jadi penyimpan arus listrik juga, dari sistem pengisian. Kalo ga ada aki, sistem pengisian bs jebol http://static.kaskus.co.id/images/smilies/sumbangan/8.gif

Jadi kalo mesin dah idup, si aki diisi ulang alias di-charge oleh sistim pengisian.

Trus yg bikin aki cpet soak?

Ya kalo aer aki (utk aki basah) ga pernah dicek n ditambah, tlalu bnyk aksesoris ga penting yg norak, pake bohlam lp depan yg watt-nya lbh besar terangnya kayak lampu stadion, beban2 kelistrikan yg berlebih kyk gtu bkin suplai arus dari sistem pengisian kesedot sehingga ga da yg buat ngisi ulang aki.



Semoga penjelasan panjang lebar dan agak OOT ini bisa berguna n ga da lg yg salah kaprah. So, jgn ragu matiin mesin demi mengurangi polusi (skali lagi dgn catatan, RAWAT KENDARAAN DENGAN BAIK yak)

:D :naikkuda:http://img.kaskus.co.id/images/kaskusmobile_hp.gif
















for Pengalaman Yang Mungkin Pnah Agan Alamin Juga:












Originally Posted by Rayyyy
http://static.kaskus.co.id/images/buttons/viewpost.gif (http://www.ceriwis.us/showthread.php?p=402679092#post402679092)


alhamdulillah ane kalo lampu merah (lama) slalu matiin mesin. motor ane ninja 2tak, kasian yg di belakang ane ngirup asep + kasian polusi udara juga.

kalo timernya tinggal dikit lagi mah ga usah matiin, capek2in badan :D



cuma masalahnya gan.... terkadang ane matiin mesin (kan masih lama critanya), eeeh motor2 pada nyelonong karena jalanan sepi bgt.. ane diklakson deh http://static.kaskus.co.id/images/smilies/sumbangan/8.gif gara2 klamaan starter motor http://static.kaskus.co.id/images/smilies/sumbangan/8.gif



dan terkadang, arahan polantas juga bkin bingung ane. kalo ane matiin, eeh disuruh maju sedikit, dorong2 deh. eeh disuruh maju lagi.. dorong2 lagi deh...

http://static.kaskus.co.id/images/smilies/sumbangan/8.gif



taro depan ye



















[spoiler=open this] for Peluang Penelitian:












Originally Posted by radrock
http://static.kaskus.co.id/images/buttons/viewpost.gif (http://www.ceriwis.us/showthread.php?p=402771271#post402771271)


kalo ngomongin teknisnya sih sebenernya harus diriset lagi gan, pertimbangannya gini :

- kalo dinyalain dalam keadaan stationer (gak bleyer2 gas :hammer2:) suhu mesin dalam keadaan stabil dan pembakaran stabil juga, katanya sih (katanya loh ya, ane kan belum pernah riset juga :naikkuda:) kalo suhu mesin ideal pembakaran lebih sempurna, emisi yg dihasilkan juga lebih sedikit CMIIW

- kalo dimatiin, suhu mesin turun dan saat mulai dari distarter sampe mesin kembali ke suhu ideal lagi adalah saat emisi yg terbuang terbesar jumlahnya (sekali lagi, "katanya" http://ceri.ws/smilies/small_ngakak.gif)

nah kuantitasnya kan musti diitung dengan teliti buat nentuin teori mana yg bener dan memang belum pernah ada yg ngeriset tentang hal ini, jadi sebenernya ane ga yakin juga dengan teori yg ane kemukakan ini :hammer2:



sekian dari ane yg sok tahu ini :p

















[quote]





Ga wajib rate or kasi melon.Kasi komen bermutu aja ane uda seneng banged.
:2good: :2good: :2good:








</div>