|
Go to Page... |
Post Reply |
Tweet | Thread Tools |
#1
|
||||
|
||||
![]() Juragan udah gak asing dengan traffic light yang dilengkapi dengan timer bukan? [/spoiler] Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for Bangjo:
![]() [/quote]
Quote:
Di Jogja, beberapa timer traffic light menyarankan untuk mematikan mesin kendaraan saat lampu merah menyala melalui running textnya. Kurang lebih isi running textnya gini: "Matikan Mesin Hingga Detik Ke-20, Hemat BBM".
Quote:
Menurut ane, alasan sesungguhnya knapa kita sebaiknya matiin mesin kendaraan saat lampu merah menyala bukan untuk menghemat BBM. Ini nih penyebabnya:
Quote:
Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for Bikin Bengek:
Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for Bikin Bengek:
Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for Bikin Bengek:
Spoiler for open this:
Quote:
Tahukah agan2 kalau persimpangan jalan merupakan salah satu spot dimana terjadi akumulasi partikel polutan yang bersumber dari asap kendaraan bermotor. Polutan itu antara lain timbal,karbon monoksida, nitrogen dioksida dan sulfur dioksida. Namanya partikel tu kan kecil banged gan,jadi gak berasa aja tuh kalo kehirup waktu kita napas. Yang jelas bikin kita bengek n glagepan kaga bisa napas,,, Nah,dari uraian tadi agan uda ngerti kan knapa sebaiknya kita mematikan mesin kendaraan bermotor kita. Yup, hal ini untuk meminimalisir akumulasi polutan di persimpangan jalan. Jadi, seyogyanya kita memang mematikan mesin kendaraan kita saat lampu traffic light masih menyala merah dan count down timernya masi lama sebelum lampu nyala ijo. Kasian buat sodara kita sesama pemakai jalan atau pengendara kendaraan bermotor yang kebetulan gak pake masker atau full face helmet. Ya gak??
Quote:
Intinya, ane melalui thread ini ingin mengajak agan-agan semua untuk meminimalisir akumulasi polutan di persimpangan jalan. Paling gak bisa mulai diterapin di traffic light yang timer dari lampu merah ke lampu ijo-nya relatif lama, katakanlah lebih dari 60 detik. Trus jg buat agan-agan yang memiliki kendaraan pribadi yang gak rewel kalo mw diidupin lagi.Gimana, setuju kagak??Heheu,,
Quote:
Quote:
PERUBAHAN DIMULAI DARI HAL KECIL DAN DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI. BERI CONTOH DARI TINDAKAN BUKAN UCAPAN. SALAM SEMANGAT UNTUK MENJADI PRIBADI YANG LEBIH BAIK!!!
Quote:
Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for Patut Dicontoh:
Spoiler for open this:
Quote:
Originally Posted by VirtualBox ![]() setuju gan, saya dukung banget soal matiin mesin ini. apalagi kalo misalnya agan di jakarta, dan kebetulan di perempatan besar ATRIUM SENEN yang GEDE, RAME, dan countdown nya sampe 5 MENIT!!! ![]() oyah ga cuma di perempatan, tapi juga di PARKIRAN BASEMENT! kalo misal lagi pada ngantri dapetin karcis mending matiin juga mesinnya ![]()
Quote:
Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for Komen Agan2:
Spoiler for open this:
Quote:
Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for Belajar dari Jepang:
Spoiler for open this:
Quote:
Originally Posted by IcarusTrident ![]() dulu pernah ke jepang ke tempat temen, trus ane nyobain tu motor matic jepang, pas lampu merah ane ga tau kan hrs matiin, en emg bener2 tu serentak mati mesin semua ane jg bingung apa mogok mesin massal ![]() temen ane ud cubit2 buruan matiinnn tar di samperinn polisiiii polisiiny ud melirik ane gan ![]() ane lgs buru2 matiin
Quote:
Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for Penjelasan Terkait Udara : Bahan Bakar:
Spoiler for open this:
Quote:
Originally Posted by kt.project.d ![]() Maap gan, ane ralat.. Perbandingan udara : bahan bakar Start dingin = 1 udara : 1 bahan bakar Idling (langsam) = 15 sampai 18 udara : 1 bahan bakar Akselerasi = 8 sampai 10 udara : 1 bahan bakar Berjalan = 10 sampai 13 udara : 1 bahan bakar Deselerasi = 6 sampai 8 udara : 1 bahan bakar Catatan, makin banyak jumlah udara, makin kurus campurannya (irit) ![]() Maap kalo postingan ane yg sbelumna kebalik antara udara dan bahan bkar, udah ngantuk2 nulisnya ![]() ![]() ![]()
Quote:
Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for Penjelasan Terkait ACCU:
Spoiler for open this:
Quote:
Originally Posted by kt.project.d ![]() Sesekali ngengkol starter, olahraga biar sehat gan ![]() Aki motor ataupun mobil hanya berperan besar saat start. Ya, benar, konsumsi arus listrik paling besar saat start, apalagi si dinamo starter tsb emang btuh arus yg besar. Tapi, setelah mesin hidup, tugas menyuplai arus listrik diambil alih sm sistem pengisian (alternator pd mobil, sepul pengisian pd motor) trus si aki gmana? Ya dia nyantai. Ga da guna dong? Enggak juga... Kalo mesin dah idup, si aki berfungsi jadi penyimpan arus listrik juga, dari sistem pengisian. Kalo ga ada aki, sistem pengisian bs jebol ![]() Jadi kalo mesin dah idup, si aki diisi ulang alias di-charge oleh sistim pengisian. Trus yg bikin aki cpet soak? Ya kalo aer aki (utk aki basah) ga pernah dicek n ditambah, tlalu bnyk aksesoris ga penting yg norak, pake bohlam lp depan yg watt-nya lbh besar terangnya kayak lampu stadion, beban2 kelistrikan yg berlebih kyk gtu bkin suplai arus dari sistem pengisian kesedot sehingga ga da yg buat ngisi ulang aki. Semoga penjelasan panjang lebar dan agak OOT ini bisa berguna n ga da lg yg salah kaprah. So, jgn ragu matiin mesin demi mengurangi polusi (skali lagi dgn catatan, RAWAT KENDARAAN DENGAN BAIK yak) ![]() ![]() ![]()
Quote:
Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for Pengalaman Yang Mungkin Pnah Agan Alamin Juga:
Spoiler for open this:
Quote:
Originally Posted by Rayyyy ![]() alhamdulillah ane kalo lampu merah (lama) slalu matiin mesin. motor ane ninja 2tak, kasian yg di belakang ane ngirup asep + kasian polusi udara juga. kalo timernya tinggal dikit lagi mah ga usah matiin, capek2in badan ![]() cuma masalahnya gan.... terkadang ane matiin mesin (kan masih lama critanya), eeeh motor2 pada nyelonong karena jalanan sepi bgt.. ane diklakson deh ![]() ![]() dan terkadang, arahan polantas juga bkin bingung ane. kalo ane matiin, eeh disuruh maju sedikit, dorong2 deh. eeh disuruh maju lagi.. dorong2 lagi deh... ![]() taro depan ye
Quote:
[spoiler=open this] for Peluang Penelitian:
Quote:
Originally Posted by radrock ![]() kalo ngomongin teknisnya sih sebenernya harus diriset lagi gan, pertimbangannya gini : - kalo dinyalain dalam keadaan stationer (gak bleyer2 gas ![]() ![]() - kalo dimatiin, suhu mesin turun dan saat mulai dari distarter sampe mesin kembali ke suhu ideal lagi adalah saat emisi yg terbuang terbesar jumlahnya (sekali lagi, "katanya" ![]() nah kuantitasnya kan musti diitung dengan teliti buat nentuin teori mana yg bener dan memang belum pernah ada yg ngeriset tentang hal ini, jadi sebenernya ane ga yakin juga dengan teori yg ane kemukakan ini ![]() sekian dari ane yg sok tahu ini ![]() Ga wajib rate or kasi melon.Kasi komen bermutu aja ane uda seneng banged. ![]() ![]() ![]() Terkait:
|
Sponsored Links | |
Space available |
Post Reply |
|