Ceriwis

Tips kesehatan Membantu sesama dengan berbagi tips-tips kesehatan. Bisa kamu baca dan kamu share disini

Mau Pasang Banner/Iklan? Klik disini Tips Mencegah dan Menghindari Sakit Punggung - Ceriwis - Komunitas dan Forum Jual Beli
  #1  
Old 5th March
SuperBlue's Avatar
SuperBlue SuperBlue is offline
Ceriwis Lover
 
Join Date: Feb 2011
Posts: 1,250
Rep Power: 33
SuperBlue is Ceriwis GuruSuperBlue is Ceriwis GuruSuperBlue is Ceriwis GuruSuperBlue is Ceriwis GuruSuperBlue is Ceriwis GuruSuperBlue is Ceriwis GuruSuperBlue is Ceriwis GuruSuperBlue is Ceriwis GuruSuperBlue is Ceriwis GuruSuperBlue is Ceriwis GuruSuperBlue is Ceriwis Guru
Default Tips Mencegah dan Menghindari Sakit Punggung

Tips Mencegah dan Menghindari Sakit Punggung. Sering mengalami sakit pada punggung atau pinggang yang mengganggu. Mungkin perlu tips dan cara mengatasi sakit pinggang / punggung. Nah, tips kesehatan kali ini membahas gimana caranya mencegah dan menghindari sakit pada punggung.


Tips Mencegah Sakit Punggung

Berikut beberapa tips Mencegah dan menghindari Sakit Punggung yang mengganggu :

1. Postur tubuh yang baik

Langkah pertama yang harus di lakukan adalah memperhatikan dan menyadari setiap posisi tubuh kamu. Jadi, saat kamu menahan tubuh dalam posisi yang kaku, kamu akan segera menyadari munculnya ketegangan di otot-otot yang digunakan untuk duduk atau berdiri, dengan menekan lengkungan alami tulang belakang. Dengan begitu, kamu bisa segera memperbaiki ke posisi tubuh yang benar.

2. Lakukan gerakan yang benar

Jika mengangkat barang, gunakan otot kaki, bukan otot lengan atau punggung. Jika hendak memungut barang yang berat, seperti tas belanjaan atau kotak barang, lengkungkan lutut kamu kemudian angkatlah, pertahankan agar punggung tetap lurus.
Jika hendak bepergian keluar, lebih baik menggunakan tas ransel dibandingkan tas yang disandang di satu sisi bahu saja. Tas ransel akan membantu membagi beban dengan berat yang seimbang di kedua sisi tubuh.

3. Tingkat ketinggian

Jika hendak mengerjakan sesuatu, makan, atau membaca, buatlah agar hal-hal tersebut tepat berada di posisi yang lurus dengan mata, dengan kepala tegak. Dan tidak memaksa kamu untuk menjulurkan leher ke depan.

4. Posisi tidur yang benar

Hindari tidur telungkup. Saat perut tertekan ke bawah, maka akan cenderung melengkungkan punggung kamu. Akibatnya, rasa sakit akan meningkat. Di sisi lain, tidur telentang juga tidak terlalu nyaman karena cenderung melengkungkan lumbar. Tidur pada satu sisi tubuh dengan menekuk kaki di lutut, cenderung bisa meminimalkan stres tulang punggung dengan cara meluruskan lengkungan lumbar.
Cobalah meletakkan 1 atau 2 bantal di bawah lutut untuk menarik pinggang ke atas, meratakan lengkungan lumbar dan mengurangi ketegangan di area tersebut.

5. Cobalah teknik-teknik relaksasi

Cobalah merelakskan otot-otot punggung saat kamu duduk di suatu tempat terlalu lama. Lakukan latihan peregangan untuk menarik punggung atas dan bawah. Tahan setiap peregangan selama 5-10 detik dan lepaskan secara perlahan.

6. Kenali dan bedakan rasa lelah karena bekerja dengan rasa sakit

Sangat penting membedakan kedua hal ini. Rasa sakit merupakan pertanda dari saraf kalau kamu melakukan hal yang salah. Saat mendapatkan sinyal tersebut, segeralah lakukan latihan ringan yang bisa membuat kamu merasa nyaman. Cobalah memutar badan ke kedua sisi tubuh, memeluk lutut serta memiringkan tulang panggul.

7. Turunkan berat badan

Jika kelebihan berat badan, cobalah mengurangi berat di punggung kamu. Mulailah dengan latihan kardiovaskular paling tidak selama 3-5 kali seminggu. Aerobik merupakan saah satu jenis olahraga yang paling baik untuk mencegah sakit punggung. Dengan membuat jantung dan paru-paru bekerja lebih keras dari biasanya, kamu bisa memulihkan kondisi fisik yang buruk dan menjadi penyebab sakit punggung.

8. Kuatkan otot-otot perut

Otot-otot perut adalah inti latihan fitnes kamu. Karena itu, pilihlah latihan-latihan yang bisa menguatkan otot perut.

9. Istirahatlah

Jangan duduk terlalu kencang dan hindari duduk di kursi lebih dari 30 menit dalam sekali waktu. Jadi, bangunlah dan berjalanlah ke sekeliling sebelum duduk kembali. Jangan duduk dengan memasukkan dompet datar di saku belakang kamu. Dompet ini bisa menambah tekanan pada saraf sciatic, yang bisa memicu sakit di punggung dan kaki.

10. Lakukan latihan untuk menguatkan punggung

Jika dilakukan secara teratur, latihan-latihan ini bisa menguatkan dan melenturkan otot-otot punggung. Jika masih pemula, ada baiknya menggunakan sabuk angkat beban untuk mencegah peregangan berlebih pada punggung bawah.

SUMBER

Sponsored Links.
Loading...
Sponsored Links.
-
  #2  
Old 17th January
indah75's Avatar
indah75 indah75 is offline
Senior Ceriwiser
 
Join Date: Apr 2016
Location: Klaten
Posts: 5,194
Rep Power: 11
indah75 mempunyai hidup yang Normal
Default

menurunkan berat badan ternyata semata mata bukan hanya untuk penampilan tetapi agar lebih sehat. Mantap.
Sponsored Links
Reply

Thread Tools

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off



All times are GMT +7. The time now is 09:35 PM.

 

About Us

"Ceriwis Forum is a place to find information in various categories. Be inspired, Be social, Join the Community!"

 

Pasang Iklan

Mau Pasang Iklan? Klik tombol di bawah ini.

Download on App store    Download on Google play
Copyright © 2018