| FAQ |
| Calendar |
|
#391
|
||||
|
||||
|
Australian Dollar menguat setelah laporan ketenagakerjaan Australia mencatatkan hasil yang lebih baik dibandingkan bulan sebelumnya. Tercatat Employment Change australia bulan ini sebesar 4.9K lebih tinggi dibanding bulan lalu yang minus 6.3K, meskipun lebih rendah dari forecast 20.3K namun pasar tetap merespon positif peningkatan employment change australia ini. Dari teknikal, time frame H1, terdapat pola Bullish Harami yang menunjukkan pergerakan AUDUSD masih berpeluang untuk naik. Stokastik & MACD juga menunjukkan kans AUDUSD untuk naik. Level resistant AUDUSD berada pada level 0.78072 (fibo 130.9 H1) apa bila resist tersebut ditembus maka AUDUSD mengincar level 0.78176 (fibo 161.8 H1). Support AUDUSD berada pada level 0.77904 (fibo 80.9 H1) |
|
#392
|
||||
|
||||
|
Seperti sudah di perkirakan sebelumnya bahwa disaat para pelaku pasar sudah bosan dengan faktor geopolitik yang membuat market berfluktuatif, maka mereka mulai kembali melirik kepada factor keuangan, ekonomi dan kebijakan moneter tentunya. Penguatan US Dollar terlihat kembali pulih dengan membaiknya index Philly Fed Manufacturing , Industry Production dan Retail sales tentunya. Kenaikan Retail Sales dari -0,1% menjadi 0,6% merupakan suatu perbaikan data ekonomi yang pada giliriannya mendorong laju tingkat inflasi saat ini yang telah naik dari 2,4% menjadi 2,2%. Penurunan data ekonomi memang masih terlihat dari data CPI dan sector tenaga kerja , tetapi pada dasarnya sector tenaga kerja ini masih masuk dalam target yang dimandatkan oleh kongres Amerika. Sedangkan ketegangan antara Amerika dan China sudah mereda, tetapi ancaman terhadap perang dagang masih tetap ada, walalupun kecil peluangnya. China menyadari bahwa perang dagang akan merugikan semua negara didunia, termasuk Amerika dan China, tentunya. Dalam pidatonya, Duta besar China untuk Amerika, Cui Tiankai mengatakan bahwa hubungan kerjasama antara China dan Amerika yang kuat dan stabil, telah memberikan hasil yang positif bagi perekonomian di kawasan Asia Pasifik dan dunia pada umumnya. Pada dasarnya pemerintah China menentang perang dagang, perang dingin atau sum-zero yang sedang terjadi, dan China mengatakan bahwa jalur diplomasi dan keterbukaan merupakan jalan yang tebaik bagi kedua negara dan atmosfir perekonomian dunia, kata Cui Tiankai di Universitas Harvard. Tetapi jika Amerika masih bersikeras dan tetap melakukan perang dagang, maka China pasti akan membalasnya. Disisi lain Managing Director IMF Christine Lagarde, mengatakan bahwa sebaiknya para kepala negara tidak melakukan proteksionisme perdagangan seperti yang dilakukan oleh Amerika, karena akan memberikan dampak negativ bagi pertumbuhan ekonomi global yang mulai membaik.Dari fenomena diatas maka kita bisa meliat bahwa ketegangan perang dangang mulai mereda dan semua peluang akan terlihat pada masing masing penguatan atau pelemahan mata uang yang ada.JapanNegara Sakura ini memang agak unik, karena negara yang ingin melemahkan mata uangnya ini mulai menuai hasil atas QE yang di gelontorkan sejak 2013. Perekonomian Japan yang mulai membaik karena kebijakan moneter yang sangat ultra longgar ini dan normalisasi dari The Fed membuat neraca perdagangan negara ini membaik.Ketegangan perang dagang dan ancaman perang dinging membuat mata uang ini menjadi salah satu safe haven yag diburu, sehingga penguatan yen sangat merugikan pengusaha Japan. Dilain sisi adanya skandal politik di kabinet Abe saat ini membuat tingkat kepercayaan akan pemerintah menjadi turun. Dalam berita yang dirilis oleh reuters mengatakan bahwa Bank of Japan akan mempertahankan program stimulus mengingat laju tingkat inflasi Maret melambat dibandingkan dengan bulan Febuari 2018, yaitu turun dari 1,5% menjadi 1,1%.Target kenaikan usdjpy 109 dengan target awal 108, dan jangan pernah lupa bahwa selalu ada resiko dibalik peluang yang terjadi. Besarnya resiko tentunya akan sama dengan peluang profit yang akan terjadi, tentunya anda pasti lebih mengetahuinya dibandingkan dengan saya. |
|
#393
|
||||
|
||||
|
Rekomendasi: SELL 0.7715 SL 0.7770 TP1 0.7615 TP2 0.7570 TP2 0.7525 SELL 0.7650 SL 0.7705 TP1 0.7550 TP2 0.7525 Pada grafik harian AUD/USD, ketidakmampuan bulls untuk menjaga pasangan dalam channel uptrend jangka panjang dengan penurunan berikut dari pasangan di bawah area support penting 0.7745-0.776 menunjukkan bahwa pembeli menyerah. Tembusnya support di 0,7635-0.774 akan mengarah pada penurunan lebih lanjut ke target 161,8% dari AB=CD. Pada H1, setelah AUD/USD mencapai 88,6% dari pola "Shark", kemungkinan kemunduran hingga 38,2%, 50%, dan 61,8% meningkat. |
|
#394
|
||||
|
||||
|
Sudah selama 3 hari berturut-turut Euro melemah terhadap US Dollar, hal ini tidak lepas dari menguatnya mata uang US Dollar yang diakibatkan oleh meredanya isu perang dagang, bahkan managing director IMF Christine Legard juga menyatakan ketidak setujuannya dengan mengatakan pertumbuhan ekonomi dunia akan terhambat jika setiap negara melakukan proteksionisme. Penguatan US Dollar juga terjadi akibat meningkatnya nilai 10 year yield Amerika. ECB sendiri melalui pernyataan Mario Draghi tetap optimis terhadap peningkatan inflasi di zona eropa pada tahun ini, namun pada meeting IMF pekan lalu presiden ECB Mario Draghi mengakui adanya perlambatan ekonomi di eropa. Hari kamis ini ECB akan mengumumkan tingkat sukubunganya, namun menurut perkiraan kami ECB akan tetap mempertahankan tingkat sukubunganya di level 0.00%. Pada ECB Conference di hari yang sama juga ECB pastinya akan membahas program stimulus, program stimulus ECB sendiri akan berakhir pada september tahun ini, namun tidak menutup kemungkinan ECB akan tetap melanjutkan program stimulusnya. Dari sisi teknikal daily, terdapat pola bearish engulfing pada minggu lalu, stokastik 533 juga menunjukkan pola bearish divergent, meskipun stokastik telah masuk area oversold tapi indikator ADX menunjukkan trend turun masih kuat. Dari indikator Moving Average MA 10 telah menembus kebawah ma 30, dan histogram MACD telah berada dibawah signal line. Indikasi-indikasi tersebut menunjukkan pergerakan bearish pada mata pair EURUSD masih mendominasi. Setelah EURUSD kemarin berhasil menembus pertahanan dari 2 level fibonacci yakni level 80.9 & 100 di time frame daily, kini EURUSD berpeluang kembali turun ke level support selanjutnya di harga 1.21526 (fibo 130.9 daily). EURUSD memiliki resistant pada level 1.22524 (fibo 80.9 daily). |
|
#395
|
||||
|
||||
|
Technical levels: support – 1.2180, 1.2125; resistance – 1.2260. Rekomendasi perdagangan: Sell — 1.2260; SL — 1.2280; TP1 — 1.2180; TP2 — 1.2125; Alasan: memperluas Ichimoku Cloud yang bersifat bearish dengan menjatuhkan Senkou Span A dan B; salib mati Tenkan-sen dan Kijun-sen dengan menjatuhkan Tenkan-sen dan Kijun-sen; harga berada di posisi terendah lokal baru, tetapi pasar adalah ovesold. |
|
#396
|
||||
|
||||
|
Rekomendasi: BELI 133.35 SL 132.8 TP1 134.35 TP2 135.8 TP3 136.7 JUAL 132.9 SL 133.45 TP1 132.1 TP2 131.9 TP3 131 Pada grafik harian, EUR/JPY terus naik menuju target 88,6% pola "Hiu". Pembentukan batang dalam di level penting 50% titik gelombang XC pada ketidakpastian. Bulls meragukan kekuatan mereka. Pada H1, EUR/JPY setelah membentuk "Perluasan wedge" sebagai pola kelanjutan yang dikonsolidasikan di kisaran 132.90-133.35 dalam pola "Spike and ledge" berdasarkan 1-2-3. |
|
#397
|
||||
|
||||
|
Technical levels: support – 1.3900, 1.3830; resistance – 1.3930. Rekomendasi perdagangan: Buy — 1.3930; SL — 1.3910; TP1 — 1.4035; TP2 — 1.4070. Sell — 1.3940; SL — 1.3960; TP1 — 1.3830; TP2 — 1.3800. Alasan: memperluas Ichimoku Cloud yang bearish dengan menjatuhkan Senkou Span A; salib mati yang dibatalkan Tenkan-sen dan Kijun-sen dengan menjatuhkan Kijun-sen; pasar tetap berada di dukungan Cloud pada jangka waktu harian. |
|
#398
|
||||
|
||||
|
Technical levels: support – 0.7530, 0.7490; resistance – 0.7580 Rekomendasi perdagangan: Sell — 0.7570/80; SL — 0.7600; TP1 — 0.7530; TP2 — 0.7490. Alasan: Ichimoku Cloud yang bearish dengan horizontal Senkou Span A dan B; salib mati Tenkan-sen dan Kijun-sen, tetapi garisnya horisontal; pasar telah membuat terendah lokal baru dan pergi ke koreksi. |
|
#399
|
||||
|
||||
|
Hari ini 1 Mei bertepatan dengan hari buruh internasional, dan juga 1 Mei telah menjadi hari libur nasional bagi negara Indonesia. Para buruh memperingatinya dengan kata Mayday, hal ini tidak lain karena May berarti bulan Mei sedangkan Day berarti hari. Namun ada yang unik mengenai kata mayday ini, awalnya kata ini digunakan untuk memberi kode bahaya dari pesawat yang sedang mengalami masalah serius kepada menara pengawas atau otoritas setempat, alasan mengapa dipilih kata mayday tersebut ternyata hanya karena pelafalannya yang mudah didengar meski dalam kondisi suara atau sinyal yang kurang baik. Mayday untuk emas kami rasa cukup untuk menggambarkan kondisi pergerakan emas sampai hari ini, emas bergerak turun seperti pesawat yang sedang mau jatuh ke tanah. Ada beberapa faktor melemahnya emas terhadap US Dollar sampai hari ini
Dengan beberapa faktor tersebut maka emas masih berpeluang untuk turun dan menguji support level di 1302.65 (Low 1 Maret 2018) Dari teknikal pada timeframe daily terlihat harga emas telah menembus pertahanan garis uptrend, meskipun stokastik 533 daily menunjukkan pergerakan emas telah masuk area over sold, tetapi dari indikator ADX, Parabolic SAR dan MACD masih menunjukkan trend turun masih kuat. Pada timeframe H4, indikator Parabolic SAR, Stokastik, ADX dan MACD masih menunjukkan indikasi turun yang cukup kuat. Dengan beberapa indikasi bearish diatas, pada timeframe H1 emas berpeluang mengincar turun ke level 1303.45 (fibo 161.8). Resistance emas berada pada level 1320.45 (fibo 23.6) |
|
#400
|
||||
|
||||
|
Technical levels: support – 1.1975, 1.1900; resistance – 1.2020. Rekomendasi perdagangan: Sell — 1.2020; SL — 1.2040; TP1 — 1.1975; TP2 — 1.1900; Alasan: memperluas Ichimoku Cloud yang bearish dengan menjatuhkan Senkou Span A; salib mati Tenkan-sen dan Kijun-sen dengan menjatuhkan Tenkan-sen; pasar membuat terendah lokal baru mendekati nilai minimum tahunan. |
![]() |
|
|
Terkait
|
||||
| Thread | Forum | |||
| Analisa Teknikal Harian lnstaForex | Broker Forex | |||
| [SHARE] Analisa Teknikal Forex Harian | Forex | |||
| [FBS TASIKMALAYA] Analisa Teknikal Harian | Forex | |||
| [Forex4you] Analisa Teknikal Forex Harian | Forex | |||
| Analisa Teknikal GBP/USD | Forex | |||