Login to Website

Login dengan Facebook

 

Post Reply
Thread Tools
  #1  
Old 25th May 2011
vcvc35's Avatar
vcvc35
Ceriwis Addicted
 
Join Date: Sep 2010
Location: ★★
Posts: 3,982
Rep Power: 31
vcvc35 is very very important personvcvc35 is very very important personvcvc35 is very very important personvcvc35 is very very important personvcvc35 is very very important personvcvc35 is very very important personvcvc35 is very very important personvcvc35 is very very important personvcvc35 is very very important personvcvc35 is very very important personvcvc35 is very very important person
Default Tiga Alasan DKI Ngotot Batasi Truk

mudah-mudahan ngga repost

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bersikeras melanjutkan uji coba kebijakan pembatasan jam operasional angkutan berat di jalan tol dalam kota. Saat ditanya mengenai alasannya, Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo kembali menolak berkomentar.

"Saya tidak ingin berkomentar. Apa yang dikatakan oleh Kepala Dinas Perhubungan Udar Pristono, itu alasan saya," ujar Fauzi Bowo di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu, 25 Mei 2011.

Sementara itu, ketika dikonfirmasi, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Udar Pristono mengatakan uji coba ini tetap diterapkan hingga 10 Juni 2011 mendatang. Ada tiga dasar hukum yang dijadikan institusinya mengeluarkan kebijakan tersebut.

Pertama, Undang-Undang (UU) 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, khususnya Pasal 162 yang berbunyi kendaraan bermotor yang mengangkut barang khusus wajib beroperasi pada waktu yang tak mengganggu keamanan, keselamatan, dan ketertiban lalu lintas di jalan raya.

Kedua, Keputusan Dirjen Perhubungan Darat AJ nomor 306/1/5 Tahun 1992 khususnya Pasal 17 tentang Lalu Lintas Angkutan Peti Kemas di Jalan. Ketiga, aturan lalu lintas tentang kecepatan lalu lintas minimal 60 kilometer per jam saat melaju di jalan tol. Pasalnya, pantauan di lapangan mayoritas kendaraan berat melaju di bawah batas aturan. Dengan fakta itu Dishub berhak menindak kendaraan tersebut, karena membuat kemacetan di jalan tol.

�Tiga aturan ini menjadi dasar kami membuat kebijakan,� ungkapnya.

Pristono menegaskan, kebijakan pembatasan jam operasional mulai pukul 05.00-22.00 tersebut bukan semata-mata untuk mengurai kemacetan. Ini dilakukan demi kepentingan lebih besar, agar pola pendistribusian barang dilakukan malam hari.

Menurut Pristono, pola pengangkutan bisa dilakukan di malam hari ketika jalan tol dalam kota dalam keadaan sepi. Jadi, bukan seperti selama ini yang dilakukan sepanjang hari dan membuat kapasitas jalan tol dalam kota maupun tol lingkar luar Jakarta atau Jakarta Outer Ring Road (JORR) padat akibat pola distribusi angkutan berat yang tak tertata.

�Kebijakan ini demi kebaikan bersama, tak ada yang dirugikan,� tuturnya.

Dikatakan Pristono, selama angkutan berat mengubah pola pengangkutan dan waktu distribusi barang maka tak ada masalah di jalanan. Karakteristik angkutan berat pun lebih lebih memilih melewati jalur pendek alias JTDK daripada melalui JORR. Padahal, sambung dia, jalur pendek itu tersedia di malam hari.

"Jika kendaraan berat beroperasi di pagi hari, kapasitas jalan tak cukup. Inti masalahnya perubahan waktu,� terangnya.

Ketika ditanya apakah kebijakan tersebut akan dipatenkan, Pristono mengaku belum bisa memastikannya, sebab pihaknya masih akan melakukan evaluasi secara bertahap lebih dulu.

�Belum tahu dipermanenkan atau tidak. Kita terus evaluasi,� katanya. (umi)







http://metro.vivanews.com/news/read/...angkutan-berat

mohon di komeng ato ngga :melongive:
thx ndan..

  #2  
Old 29th May 2011
tereflo
Newbie
 
Join Date: Aug 2010
Posts: 6
Rep Power: 0
tereflo mempunyai hidup yang Normal
Default

wah ya kalo truk emang kagak sanggup min. 60 km/jam, mending kayak gini aja....

kalo jadi orang susah jangan maksain orang lain ikut susah dong ya...
  #3  
Old 29th May 2011
blu3vorlon
Newbie
 
Join Date: Jul 2010
Location: bdg
Posts: 18
Rep Power: 0
blu3vorlon mempunyai hidup yang Normal
Default

Yg bikin macet di jakarta bukan truk deh, tapi mobil yg terlalu banyak tp isinya cm 1 orang, tp tetep biang masalah terbesarnya sebenernya ANGKOT n BUS..
  #4  
Old 29th May 2011
catlolly
Newbie
 
Join Date: May 2011
Posts: 5
Rep Power: 0
catlolly mempunyai hidup yang Normal
Default Mangstabbb......

ane setuju bos, kurangi tru yang masuk JKT,
tapi jangan lupa lebarin jalan luar kotanya sebagai jalur khusus truck....



  #5  
Old 29th May 2011
vcvc35's Avatar
vcvc35
Ceriwis Addicted
 
Join Date: Sep 2010
Location: ★★
Posts: 3,982
Rep Power: 31
vcvc35 is very very important personvcvc35 is very very important personvcvc35 is very very important personvcvc35 is very very important personvcvc35 is very very important personvcvc35 is very very important personvcvc35 is very very important personvcvc35 is very very important personvcvc35 is very very important personvcvc35 is very very important personvcvc35 is very very important person
Default

Quote:
Originally Posted by blu3vorlon View Post
Yg bikin macet di jakarta bukan truk deh, tapi mobil yg terlalu banyak tp isinya cm 1 orang, tp tetep biang masalah terbesarnya sebenernya ANGKOT n BUS..
angkot kan ngga masuk tol ndan,dikit doang paling

Quote:
Originally Posted by catlolly View Post
ane setuju bos, kurangi tru yang masuk JKT,
tapi jangan lupa lebarin jalan luar kotanya sebagai jalur khusus truck....



bener juga ndan
  #6  
Old 29th May 2011
VladXXX
Newbie
 
Join Date: Jun 2010
Posts: 19
Rep Power: 0
VladXXX mempunyai hidup yang Normal
Default

Solusi terbaik mengatasi kemacetan adalan transportasi massal yang layak dan nyaman....., trans jakarta aja sekarang sudah mulai kurang perawatan dan jadwal yang tidak bisa dipegang...
  #7  
Old 29th May 2011
vcvc35's Avatar
vcvc35
Ceriwis Addicted
 
Join Date: Sep 2010
Location: ★★
Posts: 3,982
Rep Power: 31
vcvc35 is very very important personvcvc35 is very very important personvcvc35 is very very important personvcvc35 is very very important personvcvc35 is very very important personvcvc35 is very very important personvcvc35 is very very important personvcvc35 is very very important personvcvc35 is very very important personvcvc35 is very very important personvcvc35 is very very important person
Default

Quote:
Originally Posted by VladXXX View Post
Solusi terbaik mengatasi kemacetan adalan transportasi massal yang layak dan nyaman....., trans jakarta aja sekarang sudah mulai kurang perawatan dan jadwal yang tidak bisa dipegang...
bener ndan,apa lagi kalo jam-jam rame,beeh di tempat nunggu bis nya(di stasiunnya)rrammeee banget ndan,ga bisa napas ane,mbok yo di benahi gitu ya
  #8  
Old 4th June 2011
synchro's Avatar
synchro
Member Aktif
 
Join Date: Sep 2010
Location: PIC#086
Posts: 286
Rep Power: 18
synchro tau seluk beluk forumsynchro tau seluk beluk forumsynchro tau seluk beluk forumsynchro tau seluk beluk forumsynchro tau seluk beluk forumsynchro tau seluk beluk forumsynchro tau seluk beluk forumsynchro tau seluk beluk forum
Default

Quote:
Originally Posted by blu3vorlon View Post
Yg bikin macet di jakarta bukan truk deh, tapi mobil yg terlalu banyak tp isinya cm 1 orang, tp tetep biang masalah terbesarnya sebenernya ANGKOT n BUS..
nanhh setuju sama abang ini
Sponsored Links
Space available
Post Reply

« Previous Thread | Next Thread »



Switch to Mobile Mode

no new posts