Login to Website

Login dengan Facebook

 

Post Reply
Thread Tools
  #1  
Old 20th October 2012
KabelBusi's Avatar
KabelBusi
Ceriwiser
 
Join Date: Oct 2012
Posts: 956
Rep Power: 14
KabelBusi mempunyai hidup yang Normal
Default Pembahasan Ninja 150 RR VS Mito 125

To all my brother:

Daripada ngebahas Mito sama Ninja di lapak orang mendingan ngebahas di thread ini.



Gue punya Mito & Ninja (Tapi ninjanya dah dijual)

Masing masing motor memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan.



Dilihat dulu dari spek motornya sendiri pastilah beda.

Salah satu perbedaan adalah dari kapasitas mesin. Cagiva Mito 125cc Sedangkan Ninja 150cc.



Cagiva memakai sistem CTS elektrik.

Ninja memakai sistem Super KIPS mekanisme.



Karakter motor masing2 pasti beda.

Jangankan pabrikan italy sama jepang, sama2 dari jepang aja beda karakter.



Dari segi penampilan Mito seperti Moge sedangkan Ninja lebih kecil dari Mito.

Mito masih bisa parki bersanding dengan Moge lainnya (Parkir di Lobby Mall).

Sedangkan Ninja bersanding dengan motor berbadan kecil pada umumnya.



Dari segi handling Mito susah karena riding position jangkauan stang terlalu jauh, tetapi handlingnya untuk melibas tikungan amat enak, aman karena Mito memakai Upside Down merk Marzzocci dan memakai Steering Dumper (Stabilizer stang) .

Sedangkan Ninja handling lebih mudah karena riding positionnya masih pendek seperti motor touring yg agak lebih membungkuk tapi untuk melibas tikungan masih goyang karena Ninja hanya memakai shok pabrikan tanpa steering dumper.



Dari segi pengereman Mito mengusung Brembo depan 4 kaliper, belakang 2 kaliper. Merk Brembo di GP motorpun dipakai umumnya. Bukannya promosi.. tapi rem yg satu ini amatlah mantaffff. "Seng ada lawan..."

Sedangkan Ninja hanya mengusung Nissin 2 kaliper depan dan 1 kaliper belakang.

Mengapa Mito mengusung Brembo depan 4 kaliper, belakang 2 kaliper sedangkan Ninja hanya mengusung Nissin 2 kaliper depan dan 1 kaliper belakang? Padahal dari bobot nya Mito lebih berat daripada ninja.

Anda silahkan jawab sendiri...





Selama ini penilaian orang gak adil karena jika membandingkan Mito yg dah berusia dari tahun 2000 - 2005 dengan Ninja yg rata2 dari tahun 2004 - 2008.

Untuk lebih adilnya lebih baik mencoba sama2 standart pabrikan.

Jangan membandingkan motor si A pake karbu gede, si B pake knalpot bobokan/racing, si C korekan habis, si D pake CDI unlimiter, Si E pake BT sekian.. Jika kita membandingkan motor yg sama2 baru tanpa dirubah apapun barulah kita bisa tarik kesimpulan.



Saya pun tidak bisa tarik kesimpulan karena saya membandingkan Ninja yg baru dengan Mito yg sudah berkali kali pindah pemilik yg beda cara bawa motornya dan beda cara merawatnya. Juga keberanian joki menunggangi motor akan mempengaruhi kemampuan motor itu sendiri.

Salah satu bukti kemampuan joki itu penting, silahkan melirik ke thread Cagiva mito& aprillia. Senior saya di Cagiva melibas beberapa moge di Sirkuit Sentul karena pengalaman beliau melibas tikungan. Jarak 100m baru down shift (Late Brake) sedangkan moge dah down shift dari jarak 200m.



Memang benar ada ito yg masuk kelas FFA.

Keceng abiez karena mengusung mesin Cagiva Racing.

Memang benar ada Ninja yg kenceng ngelewatin mito.

Kenceng abiez karena pake mesin korek, karbu gede, CDI Unlimiter, Knalpot Racing, Ban Balap, dll.



Jadi semua penilaian kita itu berdasarkan yg kita lihat & kita tahu.

Tetapi penilaian kita hanya faktor kencengnya aja, tidak melihan faktor penunjang lainnya.



Saya harap pembahasan ini berguna buat brother sekalian.

Kalo mo nambahin silahkan..

Kalo mo ngebahas kencengan mana, silahkan ngebahas disini.

Jangan kita ganggu lapak orang yg lain yg lagi jualan motor.



Mari kita ngebahas di sini.....



Cheers bro....



Sponsored Links
Space available
Post Reply

« Previous Thread | Next Thread »



Switch to Mobile Mode

no new posts