Ceriwis  

Go Back   Ceriwis > HOBI > Mobil & Motor > Mobil

Mobil Wadah berkumpulnya pecinta, hobby, pemilik Mobil.

Reply
 
Thread Tools
  #1  
Old 20th October 2012
Gorillaks's Avatar
Gorillaks Gorillaks is offline
Ceriwis Pro
 
Join Date: Oct 2012
Posts: 2,011
Rep Power: 15
Gorillaks mempunyai hidup yang Normal
Default LUXIO - GRAN MAX COMMUNITY - Kaskuser Pengguna LUXIO/GRANMAX masuk sini donk ^_^



REVIEW BY AUTOCAR

Memberi arti kemewahan baru di kelas MPV Ekonomis


Model Uji Daihatsu Luxio X ABS AT

* Harga Rp 165.000.000

* Tenaga 97 hp

* Torsi 134 Nm

* 0�100 kpj 16,8 detik

* Konsumsi BBM 9,0 kpl

* 80�0 kpj 28,9 m



Kami suka

* Kabinnya yang lapang

* Kepraktisan pintu geser



Kami tak suka

* Performa di putaran menengah

* Pengendaliannya yang limbung



Daihatsu cukup jeli mengamati kebutuhan keluarga Indonesia: menawarkan alat transportasi berdaya tampung besar, yakni Luxio. Meningkatnya harga mobil di akhir tahun 2008 telah membuat harga mobil keluarga berkapasitas angkut besar �yang telah lebih dulu muncul- merangkak naik hingga mendekati angka Rp 200 juta. Sedangkan Luxio hadir dengan kisaran harga Rp 150 juta.



Berkat platform yang serupa dengan Daihatsu Gran Max, Luxio diuntungkan dengan harga jual yang dapat ditekan. Meski begitu, untuk bisa memikat calon konsumennya, Luxio memberikan sentuhan kemewahan, kenyamanan, dan keselamatan yang lebih baik ketimbang Gran Max. Dari segi penampilan pun, Luxio menyuguhkan kesan pertama yang lebih istimewa dibandingkan kehadiran Gran Max. Tak heran, sejak Luxio diluncurkan, Suzuki APV Arena yang menjadi pesaing dekatnya, langsung berbenah diri.



Desain & Rekayasa

Beberapa hal penting yang menjadi perbedaan antara Gran Max dan Luxio adalah penampilannya. Bagian depan, meski memiliki �hidung� yang tampaknya sama, namun sebenarnya Luxio memiliki �hidung� yang lebih mancung. Dari dimensinya, Luxio lebih panjang 120 mm dan lebih tinggi 15 mm dibanding Gran Max. Penggunaan velg alloy berukuran 15 inci (velg Gran Max berukuran 13 inci) tampaknya memberikan andil juga pada penambahan ketinggian ini.



Untuk jantung mekanisnya, Luxio mendapatkan mesin 3SZ-VE 1,5 liter berteknologi VVT-i sebagai penyokong performanya. Sementara Gran Max masih menawarkan pilihan mesin 1,3 liter bagi entry level-nya. Selain itu, Luxio juga memiliki pilihan transmisi otomatis 4-speed dan rem dengan ABS sebagai opsional fitur keselamatan. Suspensi Luxio dilengkapi stabilizer di bagian belakang, selain untuk meningkatkan stabilitas, juga untuk memperbaiki kenyamanannya.



Interior

Kabin Luxio menyuguhkan ruang lapang yang sangat leluasa untuk mengangkut hingga delapan orang dewasa. Penggunaan pintu geser di kedua sisi menyuguhkan akses masuk yang luas, sekaligus akses tetap mudah meski parkir di ruang sempit. Untuk keselamatan, Luxio bahkan menyediakan sabuk keselamatan hingga baris ketiga.



Adanya AC double blower di plafon menghembuskan udara sejuk yang merata hingga ke baris paling belakang. Soal kenyamanan, leg room yang tersedia di bangku baris ketiga maupun kedua sangat memuaskan. Pengaturan kursi yang dapat direbahkan juga mendukung kenyamanan saat berkendara jauh. Sayangnya, ruang penyimpanan yang tersedia tak banyak dan cenderung kecil. Bahkan, bagasi yang tersedia di balik bangku paling belakang juga relatif terbatas.



Performa

Mesin 3SZ-VE yang digunakan Luxio serupa dengan yang diusung Daihatsu Terios dan Toyota Avanza S. Tenaga puncak mesin sebesar 97 hp yang berpadu dengan transmisi otomatis 4-speed, menjadikan mobil ini cukup ideal untuk menjelajah padatnya perkotaan. Gear satu yang singkat, menjadikan Luxio cukup responsif saat merayap di tengah kemacetan.



Menghadapi lintasan lurus di jalan bebas hambatan, Luxio juga mampu berlari mantap hingga kecepatan 160 kpj. Sayangnya, saat menghadapi medan tanjakan, Luxio terasa kedodoran. Transmisi tak sigap untuk menurunkan gear dari tiga ke dua, sehingga seringkali mobil terasa kewalahan saat menghadapi medan seperti ini. Untuk mengantisipasinya, Anda harus lebih cepat menginjak pedal akselerator lebih dalam (kickdown) agar transmisi berpindah ke gear dua untuk mengatisipasi medan menanjak seperti ini.



Pengendaraan dan Pengendalian

Meski mampu mencapai kecepatan tinggi, namun rasanya Anda tak perlu memaksa mobil ini berlari di kecepatan tersebut. Gejala melayang akibat tubuh tinggi mobil, ditambah kendali kemudi yang terasa ringan, menjadikan pengendalian mobil ini memerlukan kewaspadaan yang lebih baik di kecepatan tinggi. Beruntung, berkat penggunaan ban yang cukup lebar (195/65 R15), saat bermanuver di medan berliku, pengendalian mobil ini cukup terbantu. Kecepatan rata-rata paling ideal saat membawa mobil ini ke jalan luar kota adalah di kisaran 100 kpj.



Selain gejala melayang tersebut, di kecepatan tinggi, suara mesin yang berada di bawah tempat duduk pengemudi dan penumpang juga berteriak cukup keras. Saat berlari 120 kpj, jarum penunjuk putaran mesin menunjukkan angka 3.600 rpm. Satu hal lagi yang mengganggu dalam pengendaraan Luxio adalah tempat duduknya yang kurang mendukung tubuh saat bermanuver. Meski terikat seat belt, saat menghadapi bermanuver tikungan tajam, badan tetap bergeser.



Membeli dan Memiliki

Menggunakan Luxio bersama keluarga merupakan pilihan tepat. Mengingat kapasitas Luxio yang mampu menampung hingga delapan orang tampaknya bisa mengurangi gejala melayang saat berkendara di kecepatan tinggi. Namun, hal itu juga bisa berpengaruh terhadap performa. Bobot total Luxio yang dalam kondisi kosong saja mencapai 1.850 kg bisa semakin menghambat kemampuannya. Dan tampaknya hal ini berpengaruh banyak terhadap konsumsi bahan bakar.



Persaingan Luxio di kisaran harga antara Rp 136 juta hingga Rp 165 juta memang hanya melawan Suzuki APV Arena yang membandrol harganya di rentang Rp 130 juta hingga Rp 180 juta. Dengan sosok berbasis minibus, Luxio dan APV sama-sama menawarkan daya angkut maksimal hingga delapan orang dengan mesin 1,5 liter. Namun, satu keunggulan Luxio adalah soal kepraktisan dan kelapangan kabin yang diberikannya. Selain itu, jaminan jaringan bengkel Daihatsu yang tersebar di berbagai kota di Indonesia memberikan nilai lebih bagi Luxio.




[/spoiler]
Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for SPESIFIKASI LUXIO by AUTOCAR:

















[spoiler=open this] for MODIFIKASI LUXIO:








ESTIMASI BIAYA MODIFIKASI DASAR

(harga tidak mengikat)





Gorden/Curtain



[/quote]
Quote:






Originally Posted by Sarimin777



setelah ditambahin peredam aspalt & alumunium foil, suasana kabin jauh lebih nyaman mas bro. senyap. panas mesin tdk lagi bikin betis seperti dioles minyak angin.



gorden blom. ntar2 aja dulu.



fyi, di beres (bengkel resmi-red) Pd Indah gorden ori hrganya 1,7jt



di toko variasi bandung dgn kualitas yg sama hrg 1,25jt.







Peredam

Quote:






Originally Posted by Sarimin777



Update info yak..



Baru aja luxio gw tambahin peredam aspalt merk checkmat premium,



floor dari depan sampe blkng gw kasih yg 3 mm satu lapis, di atas area engine & gearbox transmisi gw ksh 2 lapis, spakbor 2 lapis, doortrim smua pintu 2mm satu lapis.



Hslnya kerasa bgt



Kabin lebih senyap, suara mesin jadi lbh halus , audio lebih bulat



peredamnya habis 20 lembar



total biaya 1,7jt







Kaca Film

Quote:





Pertanyaan utk BUNG MOMOD

MObil ane LUXIO bos



1. Tuh mobil sih dah ada kaca filmnya tapi masih kurang maknyuss kayaknya ga tau deh mereka kasih KF apaan, momod tau ?

2. Warna mobil gw SANDY GOLD cocoknya pake

a.KF Merek (tipenya juga) apa ?

b.KF Warna apa ?? (bawaan dari pabrik sih dah Hijau dan terlihat cocok)

3. Harga paket KF utk LUXIO berapa ?? (3M CR40 + Evolution's PS10)





Quote:





1. KF sparta, akan memudar dalam 1thn.

2. warna dasar KF secara umum adalah hitam atau silver (reflektif), ada banyak merk dan type bisa dilihat di page.1. Yg diapkai sekarang pd kaca smpg-blkg itu silver reflektif.. terlihat kehijauan krn warna dasar kaca adalah hijau makanya jadi kehijauan tampilannya, kecuali kaca dpn itu dapat KF CPF-1 yg warnanya emang clear kehijauan.

3.jenis kaca film 3M CR40 + Evo PS10 = Rp. 3.75jt (net) (utk 1 Body mobil-red)





Alprat Wanna be

Quote:






Originally Posted by Sarimin777



Si om variasinya nawarin bikin grill ala alprat kayak gini :



alprat asli





ntar jadinya kayak gini :



alprat wanna be





cuman yg kaga nahan tissiu yg kudu keluar dari dompet...



6,5 jt ! mamfuzz gw....

















dengan KOMPRESI MESIN 10 : 1 JENIS BBM yang disarankan adalah



atau atau



PERTAMAX PERTAMINA 92



SHELL SUPER 92



TOTAL PERFORMANCE 92










PARA PENDAHULU


Quote:






Originally Posted by dq1756



dari luxio ke espass ke zebra

sebelon espass, ada zebra astrea...

diliat2 ternyata handle2 nya jg masih sama sampe skrg, malah rel sliding nya jg gak ada perubahan

pernah ampir kebalik naik ini mobil, temen yg nyupir, orang gelo dikira naik sedan kali main banting stir disangka mbalap










[quote]






Originally Posted by redespass



iya gan.. soalnya ane dulu cuma bawa ini



yg disebut ekonomi pas-pasan (espass)












Reply With Quote
Reply


Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off


 


All times are GMT +7. The time now is 05:05 AM.


no new posts