Awal mula Taekwon-Do
Taekwon-Do diciptakan pada tanggal 11 April 1955 di Korea Selatan oleh seorang Jendral yg bernama Choi Hong Hi.
Choi kecil lahir di Hwa Dae pada tanggal 9 November 1918, dimana ketika beliau kecil beliau diajarkan seni kaligrafi sekaligus master Taekyon yg bernama Han Il Dong.
Kemudian pada tahun 1937 Choi remaja dikirim ke Jepang utk study lebih lanjut dimana disana Choi belajar Shotokan Karate langsung dari bapak Karate modern, Gichin Funakoshi dan mendapatkan tingkat sabuk hitam DAN 2.
Setelah study di Jepang Choi kembali ke Korea dan berniat utk mengembangkan beladiri yang aseli Korea dimana harus unggul dari Karate Jepang, begitu tekadnya.
Mulai saat itulah beliau mengumpulkan master2 bela diri Korea yang saat itu memang terpecah2 (Banyak Kwan2), dan mulai merumuskan suatu bela diri baru yang dimasa datang menjadi ciri khas bangsa Korea, Taekwon-Do
Taekwon-Do kemudian lahir pada tanggal 11 April 1955 di Korea selatan, dan pada tanggal 22 Maret 1966 di dirikanlah organisasi yg mewadahi Taekwon-Do yg bertujuan utk menyebarkan Taekwon-Do keseluruh dunia, yakni International Taekwon-Do Federation (ITF).
Dan pada tahun 1973 ITF pindah dari Korea Selatan ke Canada (alasan masih samar sampai sekarang

).
Sepeninggal ITF, pemerintah Korea Selatan mendiri organisasi baru yg bernama World Taekwondo Federation (WTF), ejaan "Taekwon-Do" dirubah menjadi "Taekwondo" (digabung).
Teknik, jurus, dobok, etc juga berubah.
Maka itulah saat ini dikenal ada 2 macam Taekwon-Do yakni : Taekwon-Do dibawah ITF dan Taekwondo di bawah WTF
Dalam perkembangannya Taekwon-Do ITF tetap mengikuti pakem2 yg sudah di gariskan oleh Jendral Choi, baik secara teknik, filosofi, dst.
STUDENT OATH
I shall observe the tenets of Taekwon-Do
I shall respect the instructor and seniors
I shall never misuse Taekwon-Do
I shall be a champion of freedom and justice
I shall build a more peaceful world
TAEKWON-DO TENETS
COURTESY (Ye Ui)
INTEGRITY (Yom Chi)
PERSEVERANCE (In Nae)
SELF CONTROL (Guk Gi)
INDOMITABLE SPIRIT (Baekjool Boolgool)
foto Jendral Choi
Taekwon-Do dalam gambar
Silvio Simac (DAN IV Taekwon-Do)
Silvio Simac (http://www.silviosimac.co.uk/profile/)
Silvio Simac berperan sebagai karakter LEON dalam Dead or Alive
http://www.tgbus.com/xbox/news/20050...21024002.shtml
http://en.wikipedia.org/wiki/DOA:_Dead_or_Alive
http://en.wikipedia.org/wiki/Silvio_Simac
http://capturescinema.blogspot.com/2...-doa-2006.html

di film Danny the Dog
Taekwon-Do dalam Video
Taekwon-Do dan Tekken
Agan2 taukan karakter Hwoarang dalam game Tekken?
Gw mau kasih tau ke agan2, dia itu bukan hanya ada di dalam game loh, tapi memang ada orang nyatanya.
Namanya Hwang Su Il
ini penampakannya
Loh, apa hubungannya Hwoarang & Hwang Su Il?
disini ane coba jelasin yah
coba buka link video ini : http://www.facebook.com/video/video.php?v=380322054606
di link di atas memberitahu kita gambaran cara pembuatan gerakan Hwoarang yg memang semua gerakan, teknik, jurus di ambil dari praktisi Taekwon-Do ITF yg bernama Hwang Su Il.
Setau ane terakhir doi sudah DAN 6.
Teman2 tau kan kalau setiap nyelesaiin/ngalahin musuhnya si Hwoarang selalu peragain jurus2,
nah kalau dalam Taekwon-Do ITF jurus2 itu di sebut TUL.
Di dalam Taekwon-Do ITF ada 24 jurus, salah satunya adalah jurus yg namanya Hwarang.
Jurus / TUL Hwarang tsb adalah jurus utk sabuk merah
ini penampakan jurus Hwarangnya yg di perankan oleh Hwoarang Tekken & Praktisi ITF juga
Trus agan2 juga pasti tau kan dg yg namanya Baek Doo San yg kalau dalam storylinenya (ceritanya) Tekken di gambar sbg gurunya dari Hwoarang?
Baek Doo San ini stylenya adalah Mook Do Kwan, yg dimana Mook Do Kwan adalah salah satu elemen pembentuk Taekwon-Do yg di gagas oleh Choi Hong Hi.
Melihat apa yg di tuliskan Namco (pembuat Tekken) di dalam storylinenya sebenernya kita juga dapat mempelajari sejarah Taekwon-Do.
Dimana Taekwon-Do di mulai dari Kwan2 besar (salah satunya Mook Do Kwan) kemudian di gabung menjadi Taekwon-Do atas prakasa Jendral Choi ditambah dengan pengalaman Jendral dengan Karate Shotokan jepang.
Maka tidak heran jika dalam Taekwon-Do ITF banyak juga unsur2 Karatenya.
Salah satunya adalah jurus Kwang Gae yg persis sama gerakannya dg salah satu Kata dari Karate.
Yg beda cuma detail tekniknya saja.
ini penampakannya
source :
http://koreantaekwondo.tripod.com/articles/trivia.htm
http://www.facebook.com/hwangsuil?sk=app_2373072738#!/hwangsuil?sk=wall
http://www.kaskus.us/showthread.php?t=5210644
http://www.kaskus.us/showthread.php?t=6224653
http://es-es.facebook.com/topic.php?...23&topic=12060
http://hannythinkabout.blogspot.com/...o+indonesia%29
http://tekken.wikia.com/wiki/Hwoarang
http://daeng-taekwondo.blogspot.com/
Hwang Su Il (pemeran Hwoarang dalam game Tekken)
Quote:
Originally Posted by genchoi
|
Setelah exile dari Korea Selatan pada tahun 1973, kini Taekwon-Do ITF kembali lagi ke tanah kelahirannya
ane quote dari kaskus
Quote:
Originally Posted by genchoi
|
Jendral Choi adalah bapak Taekwon-Do & Taekwondo
Karena tanpa beliau kita tidak mungkin bisa menikmati Bela diri dan Olahraga bela diri yg kita cintai ini
Gambar di bawah adalah eksperesi bahwa betapa kita harus berterima kasih kepada Jendral Choi.
source :
http://www.itftkd.org/
http://en.wikipedia.org/wiki/Choi_Hong_Hi
http://en.wikipedia.org/wiki/Interna...-Do_Federation
http://en.wikipedia.org/wiki/Oh_Do_Kwan
http://www.itf-information.com/information15.htm
http://www.kaskus.us/showthread.php?t=868957