Pemerintah Jepang menetapkan mata uang Yen sejak 27 Juni 1871 berdasarkan Shinka jōrei (peraturan pemerintahan tentang mata uang baru). Sebagai lambang digunakan tanda � dan menurut ISO 4217 dilambangkan sebagai JPY.
Adapun kelebihan mata uang Yen ini adalah:
Spoiler for 2. Mudah dikenali, tidak terkecuali untuk para tuna netra:
Blind code, dimiliki oleh seluruh mata uang di dunia, tak terkecuali rupiah. Namun, untuk uang yen, akan relatif mudah dikenali karena Jepang hanya memiliki 4pecahan uang kertas saja, sedangkan rupiah saat ini terdapat 7pecahan uang kertas. Adapun tanda tersebut adalah berupa tanda garis untuk uang 1000yen, tiga bulatan untuk 2000yen, satu tanda bulat untuk 5000yen dan garis siku untuk pecahan terbesar 10,000yen.
Sedangkan untuk uang logam atau koin tentu akan lebih mudah kagi dikenali karena masing-masing koin memiliki ukuran, berat, warna dan juga bentuk yang sangat berbeda. Koin terbesar dan paling terberat adalah pecahan 500 yen yang berwarna kuning berbahan nikel sedangakan koin paling kecil dan paling ringan berbahan alumunium adalah 1 yen nerwarna perak dan sisa lainnya adalah 100 yen. Bagaimana dengan pecahan 50 dan 5 yen? Dua pecahan ini memiliki lubang pada bagian tengahnya. Yang terasa lebih berat adalah 50 yen dan yang ringan adalah 5 yen. Bagaimana? tidak sulit bukan mengenalinya?
Sumber:
http://j-cul.com/7-kelebihan-mata-uang-jepang/