Perkenalkan agan semua... ane nubi mau coba bikin tred.
Dijamin gak repost, coz belum banyak yang tau kayakya
Pasti semua udah kenal dengan software seperti Squid atau I-Sehat...
yup!!! ..... dengan tool tersebut browsing bisa lebih cepet dan hemat karena penggunaan cache di harddisk.
Nih ada software lain lagi gan, fungsinya mirip dengan squid cuman menurut ane lebih nyaman pake yang ini (gak ribet settingnya

), namanya HANDYCACHE.
Ini website nya (bahasa Rusia)
Code:
HandyCache -
Website Perwakilan Handycache di Indonesia
Code:
HandyCache Indonesia
Download (RC3 1.0.0.377 release 25 Desember 2011)
[/quote][quote]
Untuk mengupdate tinggal extrak ke folder HC lama (setingan HC lama tidak akan hilang)
dan khusus untuk versi ini sebelum extrak hapus dulu folder Content Master di HC lama ( folderHC/Extensions/Content_Master )
Mirror
Code:
JumboFiles.com - Dedicated Hosting
Code:
HandyCacheRC3.1.0.0.377.zip
Untuk HC Versi Lama bisa di Download dari
sini
CARA PAKAINYA
[/spoiler]
Spoiler for open this:
for
Screenshot UInya:
Bahasanya dirubah dulu ke Bahasa Inggris biar enak bacanya
Sekarang Setting Cachenya
Spoiler for open this:
for
Setting Cache:
masuk ke Cache - Directori dan tentukan lokasi cache. Disarankan taroh cache di harddisk/partisi terpisah
di Bagian Cache - control aktifkan ram cache biar tambah ngacir
Sekarang tinggal setting di browser agans, proxy di http: 127.0.0.1 port 8080
Spoiler for open this:
for
Setting di Browser:
nah ...Udah siap browsing gan
FAQ
Bagaimana Manajemen Cache HC ?
Spoiler for open this:
for
manajemen Cachenya?:
HandyCache beda dengan squid cara handle cachenya, tidak ditentukan besaran space hdnya.
Jadi direktori tempat cache HandyCache akan diisi terus sampai melembung (HD penuh)
Tapi jangan khawatir gan, tersedia juga kok cara manajemen cachenya
Spoiler for open this:
for
manajemen cache:
Di bagian Option - Cache - Clearing !
tersedia pilihan untuk menghapus file yang sudah tidak digunakan dalam rentang waktu tertentu, atau berdasarkan ukuran file / folder.
Pilih salah satu, klik start (handycache) akan menampilkan file cache yang akan di delete) lalu klik delete.
Ada juga clearing otomatis lewat extension (General - Extension)
ekstensi ini akan secara otomatis mengklik start di bagian clearing cache setiap berapa jam yang kita tentukan (nilai 72 di skrinsut = jam, ganti sesuai keinginan)
Bagaimana cara menggabungkan HC dengan Proxy lain ?
Spoiler for open this:
for
Setting ParentProxy:
(Gb. diatas ada kesalahan (thanks agan Dh1art),
Unconditional Proxy harus dicentang Enable
Ada carakah untuk blok website atau iklan ?
Spoiler for open this:
for
blok website / url:
atau di bagian option - black : klik kanan, add rule
Ada juga extension untuk pake rule iklannya adblock dll namanya content master
tapi lagi2 pake bahasa rusia gan, bingung. Dan setelah ane coba kalau rule iklannya di pake semua browsing jadi berat. jadi coba dipilih beberapa aja
Kalau untuk blok flash tinggal aktipin rule default blacklist no. 108
pake cache memang hemat kuota, tapi adakah tip biar tambah hemat ?
Spoiler for open this:
for
tip biar tambah hemat:
Tentu aja gan.... biasanya kalau lagi berhemat kuota, ane pake setingan ini
Matikan Flash (aktifin rule 108)
Pada bagian parent proxy sambungkan ke proxy lain yang support compression
seperti Fastun, Toonel, atau pake Opera Turbo.
Khusus untuk opera Turbo harus mengaktifkan extension khusus untuk opera turbo.
dijamin hemat banget kuotanya
Kalau setingan biar tambah speed gimana ?
Spoiler for open this:
for
biar tambah speed:
- matikan flash (blacklist rule 108)
- Pastikan don't update sama don't update fresh files aktif (klik kanan icon HandyCache)
- Aktifkan DNSCache
- Masukkan Cache di RAMDISK

- Blacklist aja url-url yang dirasa gak perlu di load
Masalah dengan Handycache (website error / blank putih / gak ke load sempurna, dll)
Spoiler for open this:
for
masalah:
Defaultnya memang Handycache menyertakan banyak rule blacklist untuk url.
Fungsu Blacklist di sini adalah memblok suatu url sehingga tidak bisa diakses. Terkadang ada website yang bermasalah karena urlnya tersaring rule blacklist ini. Ada dua cara troubleshoot masalah yg berkenaan dengan blacklist ini :
- disable rule blacklist yang bermasalah dengan url website, url dan rule bisa dilihat jelas di monitor.
Spoiler for open this:
for
Monitor:
atau bisa disable total blacklist untuk website (bisa lewat option - list - black) atau klik kanan icon HC
- Tetep pakai blacklist, cuman url yang bermasalah ditaruh di whitelist. contoh penggunaan white list
Spoiler for open this:
for
Whitelist agar HC tidak mengcache video Youtube:
rule = youtube.com/videoplayback?
dan di monitor hasilnya kayak gini
Spoiler for open this:
for
white list agar Facebook tidak terkena blacklist, dan rule lain:
rule = facebook.com dan ak.fbcdn.net
[spoiler=open this] for
Offline Browsing:
HandyCache punya fitur yang disebut OfflineMode. Fitur ini bisa diakses lewat klik kanan icon HC (Switch to Offline Mode)
Option untuk fitur ini bisa diatur di Bagian Option - Cache - Control
Kalau fitur ini aktif, kita akan browsing hanya menggunakan Cache (tanpa inet) gan ....
Tentunya hal ini sangat berguna banget, contohnya pada kasus berikut :
- Untuk pembelajaran internet di sekolah sewaktu gak ada koneksi internet, Guru tinggal ambil (cache) website yang diperlukan untuk pembelajaran tsb. dan pakai cache tsb untuk pelajaran browsing siswa

- Atau kalau mau berhemat di warnet, daripada baca-baca ngabisin waktu (dan nambahin billing
), cukup load ke cache HC, trus cache dibawa untuk dibaca di rumah, de el el.
</div>