
20th October 2012
|
 |
Ceriwis Pro
|
|
Join Date: Oct 2012
Posts: 2,014
Rep Power: 15
|
|
Taklukkan Tikungan dengan Suspensi Andal
gampang ni gan, suspensi adalah komponen yang menghubungkan sasis dengan roda. Komponen suspensi biasanya bermacam-macam. Ada batang besi, ada per, ada pula peredam kejut. Setiap komponen tersebut memegang peran penting dalam menentukan tingkat pengendalian mobil.
suspensi yang baik, pengendalian mobil memang menjadi jauh lebih baik, terutama saat menikung dengan kecepatan tinggi. tetapi mang ga murah gan buat upgrade suspensi,,
[/spoiler]
Spoiler for open this:
for Peredam Kejut dan Per:
Salah satu komponen utama dari suspensi adalah peredam kejut. Komponen tersebut berfungsi untuk menyerap getaran saat per bekerja menjaga stabilitas mobil. Per menjalankan tugas itu dengan menjamin bahwa peredam kejut bisa bergerak naik-turun secara benar.
Dari sini seni memilih peredam kejut dan per dimulai. Ada tiga kombinasi per dan peredam kejut yang dapat dimanfaatkan pengendara, yaitu per kaku dengan peredam kejut kaku, per kaku dengan peredam kejut lembut, dan per lembut dengan peredam kejut lembut.
Spoiler for open this:
for Ride Height:
Jika Anda akrab dengan game balap seperti Need for Speed, Anda tentu sudah paham dengan istilah ride height. Bagi yang belum paham, berikut penjelasan sederhananya.
Teori sains kelas dasar mengatakan, ketika pusat gravitasi sebuah benda berada semakin dekat dengan pusat gravitasi bumi, maka benda itu menjadi semakin susah terguling. Teori yang sama berlaku juga untuk mobil Anda.
Semakin tinggi mobil Anda dari permukaan tanah, maka semakin tinggi pula ride height mobil Anda. Akibatnya, mobil Anda semakin jauh dari pusat gravitasi bumi. Karena itu, mobil Anda menjadi lebih mudah terguling ketika menikung tajam dengan kecepatan tinggi.
Karena itu, Anda harus memangkas ketinggian mobil. Ini bisa dilakukan dengan mengganti per atau peredam kejut ,atau keduanya, dengan yang lebih pendek. Atau, Anda bisa juga memotong per dan mengepres peredam kejut standar di bengkel-bengkel suspensi.
Dengan mobil yang rendah, Anda bisa menikung lebih cepat karena mobil tidak gampang miring. Akan tetapi, mobil-mobil yang ceper juga punya risiko tersendiri. Kolong mobil rawan rusak karena terbentur benda-benda keras di jalan atau polisi tidur.
Spoiler for open this:
for Sudut Camber:
Tidak kalah penting, kita bicara tentang sudut camber. Penjelasannya, sudut camber adalah sudut kemiringan vertikal roda mobil. Sudut camber ini perlu kita ulas karena sangat menentukan kinerja mobil Anda dalam menaklukkan tikungan.
Apabila sebuah mobil memiliki roda bersudut camber negatif, maka ketika mobil dilihat dari depan, tampak bahwa bagian bawah roda mobil miring ke luar sedangkan bagian atas miring ke dalam. Dengan sudut camber negatif, mobil lebih tangguh melibas tikungan.
Penjelasannya, ketika mobil menikung, tekanan bertumpu pada sisi luar ban. Alhasil, bagian bawah ban melipat ke luar sehingga tapakan ban ke permukaan jalan menjadi lebih lebar. Dengan demikian, mobil memiliki traksi lebih baik sehingga tidak gampang selip ketika menikung tajam dalam kecepatan tinggi.
Sebaliknya, apabila mobil memiliki roda bersudut camber positif, seperti kebanyakan SUV, maka ketika mobil dilihat dari depan, tampak bahwa bagian bawah roda miring ke dalam sedangkan bagian atas miring ke luar.
Jika mobil Anda memiliki roda bersudut camber positif, maka Anda jangan coba-coba bermain dengan menikung tajam pada kecepatan tinggi. Sebab, mobil bisa kehilangan traksi dan melintir tidak terkendali. Jika mobil Anda tinggi, ada pula kemungkinan mobil terbalik saat melakukan manuver itu.
[spoiler=open this] for Ban dan Velg:
Ketika suspensi sudah di-upgrade, Anda sebaiknya membelanjakan pula dana tambahan untuk mengganti ban dan velg agar kinerja suspensi Anda maksimal. Sebab, ban dan velg standar tidak memiliki traksi cukup baik untuk melakukan manuver-manuver ekstrem di tikungan.
Agar jago menikung, mobil sebaiknya dilengkapi ban berprofil rendah dengan dinding luar keras. Sedangkan untuk velg, Anda sebaiknya memilih velg berdiameter lebar yang berbahan ringan tetapi kuat. Misalnya velg alloy yang terbuat dari aluminium atau magnesium. Tapi perlu diingat, velg aluminium dan magnesium tidak murah.
source : CarMall http://id.carmall.com/id/articles/ar...fo.php?AID=706
|