View Single Post
  #4  
Old 6th July 2010
DonCorleone's Avatar
DonCorleone DonCorleone is offline
Ceriwiser
 
Join Date: Jul 2010
Location: ۩ GodFather ۩
Posts: 328
Rep Power: 18
DonCorleone ceriwis bangetDonCorleone ceriwis bangetDonCorleone ceriwis bangetDonCorleone ceriwis bangetDonCorleone ceriwis bangetDonCorleone ceriwis banget
Default

Frequently Asked Questions PART 2


Spoiler for FAQ's 2:

TV
Spoiler for :
1. bisa ga maenin ps3 di tv biasa?
bisa banget. emang paketan standar nya lo dapet colokan av yg sama seperti colokan video di ps2

2. apa bedanya maen di tv biasa sama lcd tv?
di tv biasa lo cuma mentok di resolusi 480p. sedangkan lcd tv di resolusi 720p, 1080i, dan 1080p yg artinya gambarnya lebih bagus

3. klo pengen maen ps3 di kualitas high def tp ga punya dan kemahalan klo harus beli lcd tv gimana caranya?
pake atau beli aja aja lcd monitor, tinggal beli converter dvi-hdmi (baca "dvi to hdmi") yg ada di toko elektronik spt jec, electronic city, best denki, dsb

4. apa semua lcd monitor bisa dipake buat ps3?
engga semua. monitor2 keluaran terbaru biasanya sudah dilengkapi HDCP dan bisa langsung dipake buat maenin ps3, atau monitor yang memiliki slot DVI dan support HDCP tinggal gunakan DVI-HDMI converter. misalkan lo cuma punya monitor lama beli aja "VGA BOX" seharga sekitar 500rb, dan konsultasi ama penjualnya

5. Ouggh, gambar dah ada ni pakai LCD kompie yang ada DVI nya dan sudah support HDCP ,tp kok suara ga ada?? colok kmana niih??
A: nah,kabel RCA dipake buat ngeluarin suara..klo kata bro OptPrime "Pake kabel AV bawaan PS3 aja.
Terus beli converternya untuk ke speaker computer
Gambarnya kaya gini:
Spoiler for Converter:




6. beli VGA BOX dimana sih?
vga box hampir ga ada di toko2 elektronik. biasanya di jual di toko2 game yg besar. klo di jakarta cari aja di mangga dua. di STC juga ada 1 toko yg jual

7. kok ga muncul gambar di tv saya?
mungkin saat itu lo sedang pake kael hdmi yg berbeda dengan settingan awal yaitu av multi, dan sebaliknya. caranya pas ps3 dalam keadaan mati, tahan tombol on/off di ps3 selama 5 detik atau sampai berbunyi dua kali beep. ps3 akan secara otomatis mencari settingan video mana yg benar


FIRMWARE, PSN, DAN ONLINE
Spoiler for :
1. bagaimana cara supaya ps3 saya konek ke internet?
liat disini
Spoiler for Speedy:
Ini Menggunakan Wired [KABEL]
Pertama U buka Setting modemnya. Contoh Kalau Gue Sih 192.168.1.1 untuk Masuk Control Panel Modemnya..

Udah Gitu Pilih Advance Setup, Pilih NAT, pilih Virtual Server.

Kalau udah Selesai.. Reboot Modemnya. atau mattin modem dan nyalain lagi..

Setting Untuk Modem Udah Selesai. Sekarang LARI ke PS3.

Pilih NETWORK SETTINGs.
Pilih WIRED.
di PS3nya ntar setting networknya ,
set IP addressnya 192.168.1.3
subnet mask 255.255.255.0
default router 192.168.1.1
primary DNS 202.134.1.10
secondary DNS 202.134.1.155

trus. ada Option Yang Lain Enable semuaa..Upnp enable.. Terus Test Conection. pastikan NAT yang Muncul NAT 2.

Dijamin dah bakalan bisa main MGO online atau Game yang lain...

UPS. Kelupaan. jangan Lupa..waktu main MGO. atau Game Online yang lain. kalau di GAME-nya. inget di Gamenya lho. bukan di setting PS3nya. ada pilihan Open PORT. Masukin 5223

NOTE:
1. Setingan Ini bisa Digunakan untuk Modem ADSL router merk2 lain. Pokoknya Cari Setting NAT. pasti ada menu2 untuk membuka PORT.
2. 192.168.1.3 Bisa u ganti dengan segala macam. asal 192.168.1.[2-253(kalau gak salah)] contohnya 192.168.1.200
3. untuk tiap modem atau merek. gak selalu alamat setting control panelnya 192.168.1.1 bisa jadi macem2 tergantung vendornya. cuman rata2 192.168.1.1


2. apa gunanya update firmware?
update fw sangat berguna untuk memperbaiki bug pada fw sebelomnya serta penambahan fitur2 baru yg bermanfaat. selain itu pastiin lo punya fw terbaru supaya bisa maen online

3. gimana caranya update firmware?
ada 2 cara. cara pertama update dari pc yg sudah dijelaskan diatas. cara ke 2 update langsung dari ps3 yg biasanya otomatis muncul tentang info fw baru pada saat ps3 dinyalakan

4. apakah bahaya pada saat instalasi fw tiba2 instalasi terganggu krn mati lampu dsb?
tidak, ada videonya di youtube dimana orang itu mematikan ps3 secara paksa pada saat instalasi fw dan dicoba berkali2 tapi tidak ada kerusakan pada ps3 nya... tp supaya meminimalisir resiko kerusakan usahakan tunggu sampai instalasi selesai

5. apa itu psn?
psn adalah playstation network

6. bagaimana saya bisa online dengan orang laen?
pertama2 pastiin lo sudah daftar di psn yg ada di menu ps3 untuk bikin user id

7. apa kita harus bayar klo pengen maen online?
engga!, online ps3 gratis 1x24 jam setiap hari

8. bisa ga bikin user id lebih dari 1?
bisa, caranya : pilih user id yg sudah dibuat pertama kali - dibawah menu "users" pilih "create new user"... dan pastiin masukin alamat email yg berbeda waktu daftar di psn

9. Apa itu PSStore?
PsStore adalah layanan dari playstation untuk mendownload content, wallpaper, demo game, full game, baik secara gratis atau bayar via online dr playstation 3 itu sendiri

10. Bagaimana caranya masuk ke PSStore us, uk, jepang, dsb?
waktu bikin / daftar user id ke PSN, pilih lokasi yg sesuai dengan yg anda inginkan (jika ingin memperoleh content2 psn US, pilih lokasi US). setelah id jadi anda tidak bisa berganti2 lokasi, untuk itu buatlah id baru

11. apa semua content di psStore bayar?
tidak semua. content seperti video preview, game demo, theme, wallpaper, add-on yg bertuliskan free dap
et di donlot secara gratis. sisanya yaitu download full game, aktivasi demo ke full, dan download add-on bayar melalui credit card (dibikin pada saat pembuatan user id atau lewat setting account management)

12. apa semua credit card bisa dipake buat beli2 content di psStore
tidak semua. setiap region psn (liat nomer 10) menggunakan credit card yg valid atau dapat digunakan di negara itu. jika anda memiliki cc berlogo visa, mastercard dan american express, ada baiknya ditanyakan ke bagian kartu kredit apa kartu anda sudah bisa dipakai di negara region psn anda atau belum

13. transaksi di psStore aman ga ya?
transaksi di psStore aman!!!!, gw dah sering belanja dan ga pernah overpaid kok

14. Macam2 sistem ban SONY dan penyebabnya
- ban id : ini yg paling ringan. klo kena ban ini kita masih bisa pake id / bikin id baru buat online
- ban mesin : nah ini yg paling berat, ps3 kita ga bisa online. sampe saat ini blom ada yg berhasil buka ban ini, kecuali beli baru ~.~
<=> penyebab utama kena BAN adalah penggunaan fraud credit card, cuma sampe skarang gw ga tau apa aja yg masuk ke kategori2 diatas. mungkin "ban id" itu sesuatu yg masih bisa ditolerir :

15. Website buat create PSN ID, add wallet PSN, atau edit PSN account via PC
https://store.playstation.com/login.gvm

16. Game saya region 3, apa klo download add-on nya dari psn US bisa dimaenin?
game ps3 emang region free, tp buat DLC (downloadable content) pake region lock. artinya kamu harus download / beli content dari psn region 3 juga (asia spt sing, hk, dsb)


SAVE GAME, DATA dan MEDIA SHARING
Spoiler for :
1. apa bedanya GAME DATA UTILITY dengan SAVED DATA UJTILITY?
kebanyakan game ps3 memerlukan instalasi terlebih dahulu saat pertama kali dimainkan guna mengurangi beban lensa dalam membaca BD disc, data ini bisa dilihat di "GAME DATA UTILITY"... sedangkan "SAVED DATA UJTILITY" berisi savegame2 kita

2. bisa ga kita backup game ps3 di hardisk supaya bisa maen tanpa cd?
ga bisa, dan sampe saat ini belom ada berita yg mengarah kesana. yg ada hanya backup beberapa data dari bluray disc game untuk mengurangi waktu loading dan mengurangi beban lensa

3. gimana cara masukin mp3, foto, dan video ke ps3?
pertama-tama masukin mp3 ke flashdisk/memory card. setelah itu di xmb pilih menu music/photo/video dan highlight di tulisan "USB device" (bukan di pencet) lalu tekan "segitiga" dan pilih "display all"

4. gimana supaya save game saya tidak tertimpa oleh save game orang laen yg maenin ps3 saya?
itulah gunanya bikin user id lebih dari satu (minimal 2), khusus buat orang laen gunakan id yg berbeda (pilihnya pada saat pertama kali ps3 dinyalain / bisa jg dipilih manual)... 2 id berarti sama seperti 2 memory card yg berbeda

5. transfer lagu, foto dan video dari kompi ke PS3 tanpa flashdisk (media sharing) ?
install saja TVersity, WMP11 atau winamp (khusus winamp install app tambahan). di TVersity ada petunjuk pada saat program dijalanin. di WMP11 klik "liblary" dan pilih "media sharing" dan ikuti petunjuknya. di Winamp harus pake add-on tambahan, biasanya pas pertama kali install winamp ada pilihannya dan kompi harus tersambung ke inet buat download otomatis

6. media sharing melalui windows vista (dengan LAN)
LANGKAH 1
klik START menu > Network = akan muncul "network and sharing center"
ganti settingan nya jd sbb:
Network Discovery : ON
File Sharing : ON
Public Folder Sharing : ON
Printer Sharing : ON
Password Protected Sharing : OFF
Media Sharing : ON

setelah itu, klik menu (manage network connections)

LANGKAH 2
- karena kita pake kabel maka Pilih Local Area Network (LAN)* yg menurut anda jalur LAN itu yg terkoneksi ke PS3
- pada icon LAN diatas, Klik kanan >properties
- pilih Internet Protool Version 4 (TCP/IPv4) > klik 2x (double klik)
- pada menu berikut nya, klo anda tau smua settingan IP, Default gateway, DNS, ya masukin aja secara manual,lalu klik OK.
klo gk tau ya pilih aja "obtain ana IP address automatically".

*klo dengan wireless pada langkah ke 2 pilih wireless network connection




Reply With Quote