View Single Post
  #1  
Old 8th June 2012
sulebieber's Avatar
sulebieber sulebieber is offline
Senior Ceriwiser
 
Join Date: Jun 2012
Posts: 5,308
Rep Power: 22
sulebieber mempunyai hidup yang Normal
Default Cabe Keriting (Must Read.... gan !!!)

Dalam seminar agro ekonomi yg diselenggarakan Direktorat Industri Pangan Departemen Perindustrian Nopember th 2011 yang lalu terjadi perdebatan seru dengan bahasan tunggal kenapa harga cabe keriting lebih mahal dibanding cabe biasa



Pakar IPB menyatakan bahwa rasio rasa pedas dengan faktor koreksi kandungan air nilainya selalu sama , jadi mestinya harga persatuan rasa pedas harusnya sama.



Sedang Konsumen utama yaitu Produsen Mie Instan minta harga cabe keriting hrs diturunkan , karena dari sisi kesegaran dan tampilan produk akhir malah lebih buruk.



Melihat serangan yg gencar tsb , maka tampilah perwakilan asosiasi petani cabe keriting dari Brastagi menyampaikan paparan proses mulai pembibitan , tanam , pengolahan di kebun , pengolahan akhir ,sampai kemasan , ternyata justru pada biaya pengolahan akhir yang sangat tinggi



Waktu semua peserta seminar bertanya uraian biaya akhir tersebut , dengan kalem dijawab : " Anda tahu semua kan ? Bahwa biaya SALON akhir akhir ini muahaaalll sekali..... , serius amat mbacanya he he he





</div>
Reply With Quote