View Single Post
  #1  
Old 27th May 2012
golputaja's Avatar
golputaja golputaja is offline
Ceriwis Addicted
 
Join Date: May 2012
Posts: 3,992
Rep Power: 20
golputaja mempunyai hidup yang Normal
Default [share] persiapan buat merantau..

Buat Agan/Aganwati yang mau merantau yang jauh dari keluarga & orang tua, ane mau share nih ttg pengalaman ane yg ditugaskan kantor di tempat yg tidak terpikirkan sebelumnya (dlm hati, kok ane bisa di tempat ini ya�)

Ane tulis disini, sapa tau bisa menjadi info buat agan2 yang mau merantau juga�



1. Pertama

Persiapkan diri, untuk berpisah dari orangtua dan keluarga tercinta.

Jangan lupa bawa bekal yg cukup juga..

Minta doa orangtua & keluarga, penting gan..!



2. Kedua

Cari tau sebanyak-banyaknya ttg tempat yang akan menjadi tujuan kita.

Bisa dari internet, diutamakan dari temen2/kenalan yg lebih dulu tinggal di kota tujuan kita.



3. Ketiga

Kalo sudah smp di tempat tujuan,segera cari tempat tinggal kalo bisa sih yg strategis, aman dan nyaman.

misal: dekat dg tempat kerja/kuliah, tempat cari makan, tempat transportasi, dll...



4. Keempat

Segera Beradaptasi dg lingkungan sekitar, dan masyarakatnya. Dan diutamakan cari teman/kenalan sebanyak-banyaknya .

Penting� Soalnya kalo kita lagi sakit/kesusahan yg pertama kali menolong adalah teman dan kenalan2 kita, bukan orangtua/keluarga.



5. Kelima

Bersikap sopan, menghargai dan mengkormati terhadap penduduk asli.

kalo terjadi sesuatu lebih baik kita mengalah sewajarnya� Ingat kita hidup di daerah orang.



6. Keenam

Perbanyak kegiatan, misal : Olahraga, jalan2, kumpul sama temen2, dll..

Intinya jangan suka menganggur/melamun/menyendiri..

Itu akan menambah beban pikiran dan rasa kangen akan keluarga dan kampung halaman.



7. Ketujuh

Tiap akhir pekan telpon orangtua&keluarga, bertanya gimana kabar dirumah, gimana kabar bapak,ibu, kabar tetangga, dll�



Sekian info/share dari ane, Thread ini ane tulis berdasarkan kisah nyata TS yg bertugas di daerah jauh dari kampung halaman dan yg sangat tidak terpikirkan sebelumnya akan di tugaskan di tempat ini�



Kalo ada pengalaman agan2 yg sama, boleh ditambahkan disini�

</div>
Reply With Quote