
23rd October 2011
|
 |
Moderator
|
|
Join Date: May 2010
Posts: 886
Rep Power: 20
|
|
Quote:
Originally Posted by ariandiajah
sorry nih gan kalo salah room,,,new bie mao tanya???
ngeblock internet pada client di jam" tertentu via MikroTik gimana ya???
please bantuannya...
|
maaf baru sempat jawab:
Quote:
- masuk ke mikrotik dan masuk ke konsole/ip firewall filter add chain=forward src-address=0.0.0.0/0 protocol=tcp content="*.facebook.com" action=drop comment="Blokir Akses Facebook"; di sana kita sudah membuat rule untuk memblok semua domain facebook.com. jadi setiap client yang membuka facebook akan di blok. sekarang kita akan mengatur waktu akses nya
- sekarang kita akan membuat script agar facebook itu di buka/system script add name="fb-allow" policy=write,read,policy,test,reboot, source={/ip firewall filter set [/ip firewall filter find content="facebook"] disabled="yes"} disini kita membuat script agar rule facebook agar tidak di jalankan sehingga apabila script ini di jalankan maka client bisa membuka facebook.
- sekarang kita membuat script agar rule blok facebook di jalankan/system script add name="fb-deny" policy=write,read,policy,test,sniff source={/ip firewall filter set [/ip firewall filter find content="facebook"] disabled="no"} disana kita telah membuat script agar rule facebook di blok di aktifkan kembali sehingga facebook tidak bisa di buka.
- sekarang kita buat penjadwalan. misal kita ingin blok facebook di blok dari jam 08.00 sampai dengan 17.00 maka pertama kita buat rule untuk memblok facebook dari jam 08.00/system scheduler add name="fb-08:00" start-date=Oct/08/2009 start-time=08:00:00 interval=1d on-event="fb-deny" disana kita memblok facebook pada jam 08.00 mulai dari tanggap 8 oktober 2009. mohon di perhatikan settingan tanggal pada os mikrotik anda karena kadang � kadang tidak sesuai.
- sekarang kita tinggal membuat jadwal untuk membuka akses facebook dari jam 17.00/system scheduler add name="fb-17:00" start-date=Oct/08/2009 start-time=17:00:00 interval=1d on-event="fb-allow" disana kita sudah membuat jadwal agar facebook dapat di akses setelah jam 17.00
ok sekarang kita sudah membuat rule agar facebook hanya dapat di akses pada jam � jam tertentu. tetapi ini tidak bisa memblok apabila client sudah menggunakan web proxy. bila demikian maka kita masih bisa memblock di layer aplikasi di mikrotik. tunggu saja tutorial berikutnya
|
|