Ane mau menyanggah tanggapan nya TS nie... apakah bener bahasa Inggris itu nggak berguna? Dalam kehidupan sehari-hari banyak banget kalimat yg berhubungan dengan bahasa Inggris. Di internet pun juga begitu. Gimana kalo kita mau berhubungan dengan orang luar? Make bahasa Indonesia? Apa orang lain bisa ngerti?
Memang bagi orang-orang tertentu, bahasa Inggris itu cuma harus dikuasai sebagian aja, tapi gimana dengan orang-orang tertentu? Contohnya seperti yg ane udah sebutin diatas tadi, ane pergi ke luar negeri, gak mungkin dong ane ngajak ngobrol orang luar make bahasa Indonesia.
Makanya menurut ane pendapat TS tentang bahasa Inggris yang merugikan kita, menyita waktu , dan memboroskan uang itu salah. Jujur, untuk menguasai bahasa Inggris ane gak perlu memboroskan uang dengan pergi bimbel/les bahasa Inggris. Tapi hanya dengan satu buku, dan melihat/mendengar percakapan orang di internet, ane udah tau dasar-dasarnya.
Jadi kesimpulannya, bahasa Inggris, untuk orang-orang dan kalangan tertentu, itu perlu untuk kehidupan mereka.
Mungkin emang ane jarang make bahasa Inggris disini, tapi ane aktif kok di forum-forum lain yg khusus dan/atau diwajibkan bahasa Inggris di post/thread nya.
Ayo yang pengen nambahin silahkan.