Dalam mitologi Yunani, Nike (yang berarti kemenangan) adalah dewi yang dihubungkan dengan kemenangan dan keberhasilan. Bangsa Romawi menyamakan Dewi Nike dengan Dewi Victoria. Menurut berbagai dongeng, Dewi Nike disebutkan sebagai putri dari Pallas (Titan) dan Styx (Dewi Air), saudari dari Cratos, Bia dan Zelus. Dewi Nike dan dan saudara saudari kandungnya menyertai Zeus pada saat perang melawan Titan.
Nike sering digambarkan bersayap dalam lukisan maupun patung. Sebagian besar dewa-dewi Yunani kuno dapat melepaskan sayapnya. Nike adalah dewi kekuatan, kecepatan dan kemenangan baik dalam peperangan maupun dalam kompetisi. Nike berteman dekat dengan Athena (dewi kebijaksanaan).
Nike merupakan salah satu dewi yang figurnya digunakan pada koin. Selain itu figur Nike juga digunakan untuk piala FIFA pertama yang dikenal sebagai piala Jules Rimet. Sejak tahun 1928, figur nike digunakan untuk medali Olimpiade musim panas, yang digambarkan sedang memegang daun palem ditangan kiri dan mahkota kemenangan ditangan kanan.
Perusahaan sport terkemuka, Nike Inc. mengambil nama dewi Nike tersebut...
Nike Inc. adalah salah satu perusahaan sepatu, pakaian dan alat-alat olahraga Amerika Serikat yang merupakan salah satu yang terbesar di dunia. Mereka terkenal karena mensponsori beberapa olahragawan terkenal di dunia seperti Tiger Woods, Ronaldo, Maria Sharapova dan Michael Jordan. Selain itu mereka juga memiliki perjanjian dengan berbagai tim sepak bola dunia seperti Manchester United, Arsenal, Inter Milan, Barcelona, Atl�tico de Madrid, Borussia Dortmund, PSV Eindhoven, FC Porto dan Paris Saint-Germain.
Logo NIKE ini bernama Swoosh. Nike "Swoosh" adalah sebuah desain yang diciptakan pada tahun 1971 oleh Carolyn Davidson, seorang mahasiswi desain grafis di Portland State University. Dan digunakan sebagai motif pada sepatu olahraga sejak tahun 1970-an. Sedangkan tanda centang pada desain logo perusahaan terdaftar sebagai merek dagang pada tahun 1995.
Ternyata desain logo Nike adalah sayap abstrak dari dewi Nike, sesuai dan bermakna simbol bagi perusahaan yang memasarkan sepatu lari. Slogan "JUST DO IT" dan kampanye desain logo yang kuat seperti itu dikomunikasikan menjadi sudut pandang target pasar mereka bahwa makna untuk desain logo simbol berkembang menjadi teriakan perang dan cara hidup bagi seluruh generasi. Bukankah menakjubkan bagaimana simbol kecil yang kita sebut desain logo dapat membuat perusahaan menjadi sukses besar.
Sekedar tambahan gan...Founder Nike adalah Track athlete Philip Knight dan pelatihnya Bill Bowerman dari University of Oregon pada January 1964. baru logo Swoosh diciptakan dan didesign oleh Carolyn Davidson pada tahun 1966. Mungkin agan2 pernah ada yang nonton film "Without Limit"..True story tentang pelari atletik tercepat di amerika dan di film itu ada selipan bagaimana terciptanya sepatu nike yang awalnya untuk olahraga atletik ditengah2 maraknya sepatu adidas pada saat itu.
jawaban dari wiki : For her services, she billed the company $35. The swoosh became an instantly-recognizable insignia for Nike around the world, and Davidson continued working for what is now Nike, Inc. Eventually, the design demands of the company grew beyond one person's capacity, and she turned over her duties to Nike's new advertising agency.
<div style="margin:20px; margin-top:5px; ">
[quote]
<div style="margin:20px; margin-top:5px">
[spoiler=open this] for nike, ati-ati gan... serem :hammer: :