Ceriwis

Ceriwis (https://forum.ceriwis.com/forum.php)
-   News (https://forum.ceriwis.com/forumdisplay.php?f=12)
-   -   Gunung Es Sebesar Jakarta Di Antartika (https://forum.ceriwis.com/showthread.php?t=531311)

IceKing 8th November 2011 05:05 PM

Gunung Es Sebesar Jakarta Di Antartika
 

WASHINGTON -- Gunung es berukuran lebih besar daripada Provinsi DKI Jakarta segera terbentuk di Antartika. Bongkahan es raksasa itu diperkirakan mengambang di lautan setidaknya tahun depan.

Awalnya gunung es ini adalah bagian barat dari bentang es Antartika Gletser Pulau Pinus (PIG). Namun, sejak Oktober lalu, kawasan ini retak sepanjang 32 kilometer sedalam 60 meter.

Setiap hari retakan semakin lebar. Jika pecahan es ini terpisah dari bentangan es tersebut, terbentuklah gunung es baru.

Secara rutin, para ahli melakukan proyeksi pertumbuhan retakan. Pengukuran dilakukan menggunakan satelit dan pesawat pengindraan jauh. Hasilnya, kepingan es akan terpisah sekitar akhir 2011 atau paling lambat awal 2012.

Menurut peneliti dari proyek IceBridge dari Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA), Michael Studinger, pembentukan gunung es baru itu adalah bagian dari siklus 10 tahunan yang terjadi di kawasan gletser.

"Pembentukan bongkahan terakhir terjadi pada 2001, jadi kami sudah menunggu momen kelahiran ini", ujar Studinger.

Meski demikian, kawasan PIG sebagai lokasi lahirnya gunung es mendapat perhatian serius ilmuwan. Citra satelit yang didapatkan dalam beberapa tahun terakhir menunjukkan bahwa es di kawasan ini mengalami penipisan. Diduga hal itu disebabkan oleh perubahan iklim.

Pembentukan gunung es menjadi perhatian utama peneliti karena berdampak pada lingkungan. Gunung es itu juga berpotensi menghalangi jalur transportasi kapal laut.
TELEGRAPH | ANTON WILLIAM

eell92 8th November 2011 09:11 PM

wow gila ini gan

Meooww 8th November 2011 09:24 PM

wow gunung es gedenya segede gaban..

asalikut 8th November 2011 09:52 PM

Kalo dibuat es shanghai muat berapa mangkok tuh :ngakak:

kantungberas 8th November 2011 10:00 PM

siap siap buat naik air laut ne

aacdd01002 8th November 2011 10:16 PM

wow.. keren ......

rusvi2002 8th November 2011 10:20 PM

di film titanicnya leonardo di caprio & kate winslet kapalnya nabrak gunung es segede ini ga ya ?

rhanman 8th November 2011 10:30 PM

wwwoooooowwww.,.,.,
klo tuh gunung mencair, jakarta dah jadi lautan kalie yeee....?!?!?!?!?!xixixixi

liangmaster 8th November 2011 10:52 PM

gile keren tuh ndan

nugnug 8th November 2011 10:55 PM

kalo itu sich harusnya bukan kebentuk...soalnya dia ada karna pecah dari yg raksasa...penelitinya ada2 aja...harusnya miris tuch, karna brarti lapisan daratan es-nya banyak yg bakal mencair..:mewek:


All times are GMT +7. The time now is 03:54 AM.