Ceriwis

Ceriwis (https://forum.ceriwis.com/forum.php)
-   Motor (https://forum.ceriwis.com/forumdisplay.php?f=104)
-   -   Scoopy Dan Beat: Pakai Piston Vario (https://forum.ceriwis.com/showthread.php?t=309410)

atheis 7th June 2011 04:00 PM

Scoopy Dan Beat: Pakai Piston Vario
 
http://www.otomotifnet.com/spaw/uplo...7scoopy_FN.jpg
Vario jenong bikin kompresi tinggi

Quote:

MOTOR Plus saksikan sendiri dua bengkel umum memilih piston Honda Vario untuk Scoopy. Penggunaan piston Vario di Scoopy punya hasil plus-minus. Sisi bagusnya bisa langsung terasa kompresinya naik.

Dari perbandingan harga seher Scoopy yang lebih mahal sekitar Rp 10.000 daripada piston Vario. Harga yang lebih murah juga lebih sip buat akselerasi dibanding pakai piston standar Scoopy. kata Johny Holle, pemilik dan mekanik Johny Holle Motor dari bilangan Jl. Daan Mogot, Jakarta Barat.

Ok, sepakat juga tuh kalau kemungkinan kompresi Scoopy dengan mencaplok seher Vario jadi naik. Perbedaannya jelas banget dari profil kepala piston Vario yang jenong, sedang seher Scoopy cekung.

�Diameter dan squish areanya sama. Artinya, pemasangannya enggak ada yang mesti disesuaikan,� ujar Endro Sutarno dari Technical Service Training Astra Honda Training Center (AHTC), Jakarta Utara.

Perubahan profil kepala piston Vario yang tinggi dipastikan juga mengubah spesifikasi kompresi ruang bakar Scoopy. Kata Endro lagi, kemungkinan akan jadi mendekati kompresinya Vario. Perbandingan kompresi Scoopy 9,2:1, sedang Vario mencapai 10,7:1.

�Seandainya naik jadi 10,5:1, ada risikonya, meski akselerasi jauh lebih baik,� pasti Endro yang berkantor di kawasan Sunter, Jakarta Utara.

Dengan kompresi yang lebih tinggi dibanding standar, Scoopy pakai piston Vario otomatis akan menimbulkan panas yang tinggi juga.

Nah, seandainya lebih panas suhu mesin setelah menggunakan seher Vario di Scoopy kudu pendinginan tambahan. �Makanya kenapa Vario dikasih pendingin radiator, tapi Scoopy tanpa radiator? Salah satu alasannya kompresi Vario terbilang tinggi dengan cc yang kecil. Belum lagi desain skubek cenderung menutup jalur angin ke mesin,� ulas Endro.

Mesin yang lebih panas, apalagi dipakai harian dengan jarak tempuh yang jauh, berarti akan berisiko biin tenaga turun. Seandainya power turun berarti malah jadi rugi. �Kompresi jadi lebih tinggi juga akan bikin komponen lainnya pendek. Minimal bearing di kruk-as,� ulas Endro.

Tapi, tidak perlu khawatir. Kompresi yang hanya 9,7 : 1 masih cukup rendah. Masih bisa meggunakan bahan bakar Premium. Kalau mau lebih bagus lagi dibarengi dengan bensin yang punya angka oktan lebih tinggi. Misalnya menggunakan Pertamax atau Pertamax Plus.

Honda BeAT juga sudah dilengkapi kipas pendingin untuk menyeprotkan udara pada blok silinder.(motorplus-online.com)


atheis 7th June 2011 04:02 PM

Quote:

Spoiler for pesan:

trit repost, mohon maaf n silahkan diclosed
salah kamar, silahkan di moderasi
informatif dan atau menghibur, silahkan dibaca
dan dicoment
mohon partisipasinya untuk menambahkan TAG

memberi cabe sbg apresiasi utk TS
:cabe::cabe::cabe:

:gomen: :shakehand: :gomen:

DreamWorld 20th August 2011 11:35 AM

hmm harga seher nya murah

ane kirain mahal :D

maspi 2nd September 2011 06:17 AM

harga lebih murah,, tenaga lebih tinggi..
boleh tuh nanti di coba..

poetryhavefun 3rd September 2011 11:38 PM

wah ini tentang daleman mesin ya?ane ga ngerti nih....tapi kayaknya menarik nih

DreamWorld 4th September 2011 07:37 AM

Quote:

Originally Posted by poetryhavefun (Post 1444274)
wah ini tentang daleman mesin ya?ane ga ngerti nih....tapi kayaknya menarik nih

ente cewek?:D

wembby 7th September 2011 07:54 PM

wah beda to.. ane pikir sama, kalo gitu asik juga yaaa..

kutilank 5th November 2011 10:20 AM

Bukannya mesin vario/beat/scoopy itu sama? cuma beda di cooling system aja ?

Kalo vario pake model cair, kalo yg lainnya pake angin.... :D


All times are GMT +7. The time now is 06:43 AM.