Ceriwis

Ceriwis (https://forum.ceriwis.com/forum.php)
-   News (https://forum.ceriwis.com/forumdisplay.php?f=12)
-   -   Ini 4 Alasan Pilih Studi di Jerman (https://forum.ceriwis.com/showthread.php?t=2594558)

BudakBandel 12th November 2012 10:08 AM

Ini 4 Alasan Pilih Studi di Jerman
 
http://assets.kompas.com/data/photo/...194620X310.JPG

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejak lama, Jerman selalu memiliki daya tarik tersendiri dan merupakan magnet bagi para mahasiswa yang ingin meneruskan masa belajarnya. Pasalnya, Jerman memang terdepan dalam bidang pendidikan dan pelatihan bahkan termasuk nomor enam terbaik di dunia.

Perwakilan dari DAAD, Svann Langguth, mengatakan bahwa hal tersebut kerap menjadi alasan dari mahasiswa asing untuk menuntut ilmu di Jerman. Selanjutnya, ia memaparkan bahwa ada beberapa alasan lain yang memang menjadi magnet bagi mahasiswa asing khususnya Indonesia.

"Ada banyak alasan mahasiswa Indonesia datang ke Jerman. Biaya pendidikan memang jadi salah satunya tapi sekarang sudah sedikit berbeda," kata Langguth, saat 4th European Higher Education Fair (EHEF) di Thamrin Nine Ballroom, Jakarta, Minggu (4/11/2012).

Berikut empat alasan yang diungkapkannya di depan para siswa dan mahasiswa Indonesia yang hadir saat EHEF 2012 :

1. Lebih dari 300 institusi pendidikan tinggi berkualitas tersedia di Jerman dan menyediakan program internasional untuk berbagai jenjang.

Dengan banyak institusi pendidikan, mahasiswa memiliki banyak pilihan untuk menentukan lokasi belajar dan program studi yang diminatinya. Hal ini membuat Jerman tetap diserbu oleh mahasiswa asing khususnya Indonesia.

2. Program pendidikan di Jerman banyak diajarkan dengan menggunakan bahasa Inggris.

Untuk pergi belajar ke Jerman, kemampuan bahasa Jerman sebenarnya dituntut untuk mencapai level tertentu. Namun bagi mahasiswa asing, biasanya disediakan program studi dalam bahasa Inggris khususnya pada tahun pertama. Kendati demikian, mahasiswa asing tersebut tetap harus mempelajari bahasa Jerman selama tinggal di sana melalui kursus bahasa yang disediakan.

3. Biaya hidup di Jerman cukup terjangkau.

Sebenarnya, biaya hidup di Jerman cukup tinggi tapi bagi yang menyandang status pelajar akan lain ceritanya. Di Jerman, pelajar dan mahasiswa menjadi anak emas dengan berbagai kemudahan dan potongan harga baik untuk akomodasi, makan, transportasi bahkan hiburan. Dengan keuntungan yang diberikan pemerintah ini, paling tidak biaya hidup yang harus ditanggung dalam sebulan berkisar sekitar 700 euro.

4. Biaya pendidikan lebih rendah dibandingkan negara Eropa lainnya.

Beberapa waktu lalu, pemerintah Jerman memang menanggung biaya pendidikan bagi mahasiswa Jerman dan mahasiswa asing secara penuh. Namun setelah muncul undang-undang baru, masing-masing universitas bahkan fakultas memiliki kebijakan sendiri terutama terkait biaya pendidikan.

Jadi, mahasiswa khususnya yang berasal dari luar Jerman diminta untuk aktif memperbarui informasi dari universitas yang dituju. Namun jumlah biaya pendidikan yang dikenakan oleh universitas juga biasanya tidak akan lebih dari 500 euro selama masa studi.

Sumber

KuC1nG 23rd November 2012 08:00 PM

biaya hidupnya bisa bikin gak bisa tidur

MbahMijan 27th November 2012 05:53 PM

Quote:

Originally Posted by KuC1nG (Post 4126092)
biaya hidupnya bisa bikin gak bisa tidur

setujuuu... :loveindonesia

hktoyshop 10th December 2012 11:14 AM

iya sich berkualitas, tpai mendingan di indonesia ndann...

NendoroidZ 5th February 2013 10:00 AM

iya denger2 se karena biaya pendidikan disana murah gan

kerenbanget123 18th February 2013 02:15 PM

Semurah-murahnya biaya hidup atau biaya pendidikan di jerman tetep mahal bila dibandingkan dengan biaya hidup dan biaya kuliah di Indonesia.
Mending kul di korea sambil jadi tkw kira2 bisa pa gak yaaa :melonndan:









_________ __________________________
Mesin Jahit-Toko Bunga Florist-Toko Bunga

tigerville 17th April 2013 03:58 PM

apakah siswa asing di jerman bisa kerja part time untuk tambahin uang saku?

whywhat 18th April 2013 02:46 PM

kecuali dapetin program beasiswa yang 100% sekalian tempat tinggal dan uang saku.
karena indonesia negara berkembang, banyak perusahaan negara maju yang punya dana untuk membantu siswa indonesia, tapi setelah itu ada ikatan kerja biasanya.
temanku dapet beasiswa s2 dari universitas sogang (korsel), termasuk tinggal di asrama.

nadiaananda 29th April 2013 11:25 AM

Germany Study
 
Wahh Keren tuh tapi ya asal beneran kuliah dan menempuh pendidikan disanan dengan penuh makna maka bagus sekali tuh. :melonndan:

Blackstone01 13th May 2013 06:25 AM

..................................
 
[QUOTE=kerenbanget123;4270782]Semurah-murahnya biaya hidup atau biaya pendidikan di jerman tetep mahal bila dibandingkan dengan biaya hidup dan biaya kuliah di Indonesia.
Mending kul di korea sambil jadi tkw kira2 bisa pa gak yaaa :melonndan:



emang ada kualitasnya? ga kalah jauh sama eropa????


All times are GMT +7. The time now is 10:26 PM.