Ceriwis

Ceriwis (https://forum.ceriwis.com/forum.php)
-   Lounge (https://forum.ceriwis.com/forumdisplay.php?f=9)
-   -   gan, ane ternyata pengidap OCD :( (https://forum.ceriwis.com/showthread.php?t=1013307)

pingpong 27th May 2012 07:03 PM

gan, ane ternyata pengidap OCD :(
 
Adakah yang tahu apa itu Obsessive Compulsive Disorder (OCD) ? Baiklah ane beritahu. OCD merupakan salah satu bentuk kelainan kecemasan klinis yang ditandai dengan adalanya perilaku obsesif (harus � tidak ada toleransi), yang berkaitan dengan perilaku kompulsif (melakukan sesuatu dengan berulang-ulang). Perilaku kompulsif ini bertujuan untuk menenangkan perilaku obsesifnya. :ngakak: Perilaku ini juga membawa penderita menuju sikap perfectionis yang berlebihan



Hampir setiap hari, ketika ane mau pergi, ane melakukan cek ulang hingga 4-5 kali untuk memastikan pintu rumah sudah terkunci.:hammer:

Meski dalam hati terdalam ane ada rasa yakin kalau pintu sudah terkunci, tapi nggak tahu kenapa ane selalu ngikutin perintah diri untuk kembali ngecek pintu rumah :hammer:

ane juga sering ngecekin ulang liat jam dinding cuma buat memastikan jam berapa sekarang http://static.kaskus.co.id/images/sm...umbangan/8.gif



di sini ada gak yang sama seperti ane pengidap OCD? :D



sekedar info, Daniel Radcliffe (pemeran Harry Potter) juga pengidap OCD gan bukti


[/spoiler]
Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for kaitan dgn gol darah:





[/quote]
Quote:







Originally Posted by Woody.Allen
http://static.kaskus.co.id/images/buttons/viewpost.gif


hmmm...

TS bergolongan darah A atau O ya!!!

setau ane. orang yang punya kekhawatiran berlebih itu memiliki golongan darah A atau O... :D







iya, agan bener, ane O gan










Quote:







Originally Posted by adityanuril
http://static.kaskus.co.id/images/buttons/viewpost.gif


sering2 berdzikir gan...

inget bahwa kita slalu dijaga sama Allah



La haula wala quwata illa billah

Tiada daya dan kekuatan selain dari ijin Allah...



kita hanya berusaha semampu kita...

seterusnya pasrahkan saja sama Yang di atas







do the best, God the rest, makasih sarannya gan :handshake:




Quote:







Originally Posted by ThegreatOnee
http://static.kaskus.co.id/images/buttons/viewpost.gif


kebanyakan orang libra penderita OCD gan :)

ane libra dan ane juga menderita OCD gan :((

ngecek pintu kamar ane sampe 10 x:ngakak:







kata psikiater, zodiak ga berpengaruh gan, buktinya ane aquarius :ganteng:




Quote:







Originally Posted by bigfishonly
http://static.kaskus.co.id/images/buttons/viewpost.gif


Ane agak lain gan...



Ane sering mengulang kejadian yang sama...



Misalnya...saat mau menghidupkan lcd monitor komputer...

Ane sering memencet terus mengelap terus memencet lagi...ampe 3-4 kali.



Atau saat selesai makan ane sering misalnya gak sengaja menyentuh piring ane bakal sentuh tuh piring ampe 3 -4 kali jg..baru ane tenang...:mewek:







itu juga termasuk OCD om :O




Quote:







Originally Posted by Fettercairn
http://static.kaskus.co.id/images/buttons/viewpost.gif


ente cocok jadi hansip gan :D

komplek dijamin aman



:ngakak:







:hammer2:




Quote:







Originally Posted by TerlahirJelek
http://static.kaskus.co.id/images/buttons/viewpost.gif


kalau kebalikkan dari OCD paan gan? ane kebalikan dari agan kayaknya :ngakak:



Jasa FJB Yang Pasti Bikin Agan Ngakak







kebalikannya SEMOBRONO//TELEDOR/CEROBOH gan http://ceri.ws/smilies/small_ngakak.gif




Quote:







Originally Posted by vemmau
http://static.kaskus.co.id/images/buttons/viewpost.gif


ane banget itu gaan..



cerita ane :

waktu itu ane liat jadwal praktikum dikampus, naah pas liat tuh udah diinget banget ane masuk praktikum jam sekian.. tapi pas sampe dirumah ane bimbang, sampe besokannya ane pagi pagi banget dateng kekampus cuma buat liat jadwal praktikum, ini hampir 3 kali kejadian http://static.kaskus.co.id/images/smilies/malus.gif








Quote:







Originally Posted by CrossRyder
http://static.kaskus.co.id/images/buttons/viewpost.gif


kalo ngecek pintu 1-2x apakah termasuk jga gan :hammer2: kyknya kaga ya.. :naikkuda:






kalo itu mah masih wajar gan http://ceri.ws/smilies/small_ngakak.gif




Quote:







Originally Posted by FullEclipse
http://static.kaskus.co.id/images/buttons/viewpost.gif


posted by: 3227041


gak apa2 lah gan kalau dampaknya gak merugikan.

malah lebih bagus drpd mau pergi tapi lupa pake celana.

:ngakak:








Quote:







Originally Posted by frhigg
http://static.kaskus.co.id/images/buttons/viewpost.gif


berarti saya mengidap penyakit itu klo saya selalu pengen priksa pintu kulkas udh ketutup ap blom thx info ny bang






sama sama gan :shakehand:




Quote:







Originally Posted by wijji
http://static.kaskus.co.id/images/buttons/viewpost.gif


wah ternyata nama ilmiah nya gitu, klo dalam Islam (no sara) disebut Waswas ..... penyakit hati gan, biasanya berasal dari setan, harus dibasmi, hehehehe







[quote]






Originally Posted by CrossRyder
http://static.kaskus.co.id/images/buttons/viewpost.gif


kalo ngecek pintu 1-2x apakah termasuk jga gan :hammer2: kyknya kaga ya.. :naikkuda:






engga termasuk gan, itu masih wajar kok kalo cuma 1-2x :betty




[spoiler=open this] for [color=blue:




update TREATMENT/PENANGANAN[/color]]

Treatment psikoterapi untuk gangguan obsesif-kompulsif umumnya diberikan hampir sama dengan gangguan kecemasan lainnya. Ada beberapa faktor OCD sangat sulit untuk disembuhkan, penderita OCD kesulitan mengidentifikasi kesalahan (penyimpangan perilaku) dalam mempersepsi tindakannya sebagai bentuk penyimpangan perilaku yang tidak normal. Individu beranggapan bahwa ia normal-normal saja walaupun perilakunya itu diketahui pasti sangat menganggunya. Baginya, perilaku kompulsif tidak salah dengan perilakunya tapi bertujuan untuk memastikan segala sesuatunya berjalan dengan baik-baik saja. Faktor lain adalah kesalahan dalam penyampaian informasi mengenai kondisi yang dialami oleh individu oleh praktisi secara tidak tepat dapat membuat individu merasa enggan untuk mengikuti terapi.

Cognitive-behavioural therapy (CBT) adalah terapi yang sering digunakan dalam pemberian treatment pelbagai gangguan kecemasan termasuk OCD. Dalam CBT penderita OCD pada perilaku mencuci tangan diatur waktu kapan ia mesti mencuci tangannya secara bertahap. Bila terjadi peningkatan kecemasan barulah terapis memberikan izin untuk individu OCD mencuci tangannya. Terapi ini efektif menurunkan rasa cemas dan hilang secara perlahan kebiasaan-kebiasaannya itu.

Dalam CBT terapis juga melatih pernafasan, latihan relaksasi dan manajemen stres pada individu ketika menghadapi situasi konflik yang memberikan kecemasan, rasa takut atau stres muncul dalam diri individu. Pemberian terapi selama 3 bulan atau lebih.

Farmakologi

Pemberian obat-obatan medis berserta psikoterapi sering dilakukan secara bersamaan dalam masa perawatan penderita OCD. Pemberian obat medis hanya bisa dilakukan oleh dokter atau psikiater atau social worker yang terjun dalam psikoterapi. Pemberian obat-obatan haruslah melalui kontrol yang ketat karena beberapa dari obat tersebut mempunyai efek samping yang merugikan.

Obat medis yang digunakan dalam pengobatan OCD seperti; Selective serotonin reuptake inhibitors (SSRIs) yang dapat mengubah level serotonin dalam otak, jenis obat SSRIs ini adalah Fluoxetine (Prozac), sertraline (Zoloft), escitalopram (Lexapro),

paroxetine (Paxil), dan citalopram (Celexa)

Trisiklik (Tricyclics)

Obat jenis trisiklik berupa clomipramine (Anafranil). Trisiklik merupakan obat-obatan lama dibandingkan SSRIs dan bekerja sama baiknya dengan SSRIs. Pemberian obat ini dimulai dengan dosis rendah. Beberapa efek pemberian jenis obat ini adalah peningkatan berat badan, mulut kering, pusing dan perasaan mengantuk.

Monoamine oxidase inhibitors (MAOIs). Jenis obat ini adalah phenelzine (Nardil), tranylcypromine (Parnate) dan isocarboxazid (Marplan). Pemberian MAOIs harus diikuti pantangan makanan yang berkeju atau anggur merah, penggunaan pil KB, obat penghilang rasa sakit (seperti Advil, Motrin, Tylenol), obat alergi dan jenis suplemen. Kontradiksi dengan MOAIs dapat mengakibatkan tekanan darah tinggi.







tolong di :rate5 ya gan

ane jangan ditimpuk:cabendan: ya gan, ane maunya ditimpukin:melonndan: :loveindonesia:ceriwislove:

</div>


All times are GMT +7. The time now is 08:14 AM.